Sulawesi

Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Pantai Indah Pasir Putih di Sulawesi

Tanjung Bira Bulukumba Beach

Sulawesi memang merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyimpan keindahan eksotis. Pesonanya bahkan mampu menghipnotis orang yang memandang meski dari gambar sekalipun. Salah satu tempat dengan daya tarik luar biasa di Sulawesi adalah Pantai Tanjung Bira Bulukumba yang terletak di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan. Pantai Bira Bulukumba ini menjadi salah satu tempat unggulan di Pulau Sulawesi yang keindahannya mampu menyamai pantai-pantai di pulau Bali. Jadi, jangan cuma ke Pantai Losari saja jika datang ke Sulawesi.

Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Pantai Tanjung Bira Bulukumba terletak di Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari. Bulukumba, Sulawesi selatan yang bisa ditempuh dengan 6 jam perjalanan dari Makassar. Sudah bisa diperkirakan jaraknya dari kota Makassar, yaitu sekitar 200 kilometer. Dari Kabupaten Bulukumba, pantai ini hanya berjarak 40 km atau sekitar 1 – 2 jam perjalanan.

Tanjung Bira Bulukumba Beach

Ada beberapa rute yang bisa Anda tempuh untuk mencapai tempat ini. Namun, dari semua rute perjalanan akan selalu diawali dari kota Makassar. Oleh sebab itu, lebih mudahnya sebaiknya memang mengambil rute dari ibu kota Sulawesi Selatan ini.

Dari kota Makassar, Anda akan melewati kabupaten Gowa, Kabupaten Takalar, Kabupaten Janeponto dan Kabupaten Bantaeng. Dari sini, Anda sudah dekat dengan pantai yang jaraknya beberapa kilometer.

Meskipun perjalanan dari kota Makassar cukup panjang, dipastikan Anda tidak akan bosan selama di perjalanan. Di sepanjang jalan, Anda akan disuguhi berbagai macam pemandangan dan panorama indah Sulawesi Selatan. Bahkan waktu 5 – 6 jam akan terlewati dengan sekejap saja.

Tiket Masuk

Untuk bisa memasuki Pantai Tanjung Bira Bulukumba, Anda akan dikenai biaya Rp 10.000 untuk wisatawan domestik dan Rp 20.000 untuk wisatawan asing. Tiket ini terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan tiket pantai di pulau Jawa atau Bali. Anda sudah bisa menikmati semua pemandangan dan fasilitas yang ada di pantai ini.

Tiket di atas berlaku untuk hari biasa, namun pada hari libur dan hari minggu harganya akan berbeda. Tiket masuk hari libur bisa naik sekitar Rp 15.000 hingga Rp 20.000. Selain itu, Anda juga diharuskan membayar parkir untuk kendaraan roda dua seharga Rp 5.000 dan roda empat seharga Rp 10.000.

Fasilitas Pantai Tanjung Bira Bulukumba

Fasilitas merupakan hal yang sangat penting keberadaannya bagi sebuah lokasi wisata. Sebagus apapun tempat wisatanya, namun jika fasilitasnya kurang memadai, tempat tersebut akan sepi pengunjung.

pantai tanjung bira bulukumba

Berikut ini adalah beberapa fasilitas yang sudah melengkapi Pantai Tanjung Bira Bulukumba, diantaranya adalah:

1. Penginapan

Semakin meningkatnya jumlah pengunjung ke pantai ini membuat banyak pengembang dan pebisnis mulai meliriknya. Tidak heran jika di sekitar Pantai Tanjung Bira Bulukumba sudah banyak berdiri hotel, penginapan, homestay bahkan resort.

Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Ada yang murah dan ada yang cukup mahal. Semua tergantung dari kelebihan dan keunggulan apa yang didapatkan.

Salah satu contohnya adalah sebuah penginapan keluarga yang menghadap ke laut pasti akan lebih mahal dibandingkan yang tidak menghadap laut. Oleh sebab itu, pastikan Anda menyesuaikan dengan bugdet keuangan sebelum memutuskan memilih sebuah penginapan.

Sebagai referensi, menginap di kawasan pantai ini tidak semahal yang dibayangkan. Tinggal bagaimana Anda pandai-pandai memilih penginapan mana yang akan ditempati. Dengan uang Rp 300.000 saja, Anda sudah bisa menempati kamar tidur yang nyaman, bersih dan tenang.

2. Tempat Makan

Sama halnya dengan tempat penginapan, di sekitar Pantai Tanjung Bira Bulukumba juga sudah berdiri banyak tempat makan. Karena lokasinya merupakan pantai, pastinya makanan yang disajikan didominasi oleh makanan-makanan hasil laut dan ikan. Namun, Anda juga bisa menikmati makanan khas Makassar seperti Coto Makassar dan Konro di rumah-rumah makan di sekitar pantai.

Keindahan dan Kelebihan di Pantai Tanjung Bira Bulukumba

tanjung bira beach

Setiap lokasi wisata pasti memiliki spot unggulan yang akan meningkatkan daya tarik dan pesonanya. Seperti juga di pantai Tanjung Bira ini. Berikut ini adalah beberapa keindahan yang menjadi daya tarik pantai ini. Diantaranya adalah :

1. Lembut dan Putihnya Pasir Pantai

Tidak dipungkiri lagi jika Pantai Tanjung Bira Bulukumba memiliki pantai yang sangat bersih, putih dan halus. Lembutnya pasir pantai disini bahkan menjadi ciri khas tersendiri yang mengunggulkan nama Pantai Tanjung Bira. Anda pasti akan berlama-lama bermain di pasir pantai dan tak kenal waktu.

2. Air Laut yang Jernih

Air laut di pantai ini sangat jernih hingga ketika Anda memandang ke dasarnya, akan nampak dengan jelas. Dengan kondisi air sejernih ini, sepertinya sulit untuk menahan keinginan untuk berenang, snorkeling dan menyelam di dalamnya. Kejernihan air laut di pantai ini memang menjadi daya tarik yang akan membuat pengunjung ingin kembali lagi ke tempat ini.

3. Melihat Dekat Pembuatan Kapal Phinisi

Salah satu hal yang membuat pantai ini terkenal adalah karena adanya rumah pembuatan kapal tradisional Phinisi. Kapal ini merupakan kapal tradisional dan khas rakyat Sulawesi terutama suku Bugis. Nenek moyang bangsa Indonesia memang terkenal sebagai seorang pelaut. Hal ini sangat tepat sekali karena nenek moyang suku Bugis merupakan pelaut yang tangguh.

Hingga kini, suku Bugis masih mempertahankan kemampuan membuat kapal phinisi. Bahkan, tempat ini menjadi pusat pembuatan kapal phinisi di Indonesia. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, pastikan untuk tidak lupa mengunjungi pusat pembuatan kapal layar phinisi ya!

Itulah sekilas info mengenai Pantai Tanjung Bira Bulukumba yang kini sudah mulai terkenal dan mendunia. Pantai ini mulai ramai oleh kunjungan wisatawan lokal dan asing. Kini, giliran Anda untuk menikmatinya!

Baca juga:

Admin Gotravela | Pantai Tanjung Bira Bulukumba