Kuliner Nusantara

10 Jajanan Di Makassar Yang Recommend & Wajib Dibawa Pulang

Jajanan-Di-Makassar

Ini dia beragam jajanan di Makassar yang recommended sebagai oleh-oleh.

Jajanan di Makassar

Makassar tidak hanya terkenal akan soto makassar dan pantai Losarinya saja ya. Di Sulawesi Selatan, Anda bisa menikmati berbagai macam sajian mulai dari destinasi wisata, wisata belanja, wisata budaya hingga wisata kulinernya.

Mungkin kota ini memang tidak seterkenal kota wisata lainnya, namun jangan salah. Pengunjung atau wisatawan yang mampir di sini cukup banyak.

Jika Anda berkesempatan liburan di kota ini, berikut ini beberapa jajanan di Makassar yang tidak boleh terlewatkan dan wajib dibawa pulang untuk oleh-oleh.

Aneka Jajanan Kuliner Makassar yang Terkenal

Bagi Anda yang belum pernah berkunjung ke kota ini, mungkin menemukan oleh-oleh akan menjadi hal yang agak sulit.

Untuk itu, berikut ini kami sampaikan beberapa jajanan di Makassar yang umumnya dijadikan buah tangan oleh wisatawan yang datang berkunjung.

Jajanan ini cukup mudah ditemukan di toko-toko oleh-oleh di sekitar kota Makassar. Diantaranya adalah :

1. Otak-otak Ikan Tenggiri

otak otak makassar

Makanan pertama yang harus Anda beli adalah Otak-otak Ikan Tenggiri. Makanan ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang diberi bumbu tradisional kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dibakar.

Sekilas, nampak seperti pepes ikan di pulau jawa. Hanya saja, otak-otak tidak menggunakan tomat sehingga warnanya tetap putih.

Makanan ini biasanya dipergunakan sebagai lauk makanan atau sarapan pagi karena rasanya yang gurih dan membangkitkan selera.

Namun jika Anda berniat untuk membawa pulang ke tempat asal, pastikan untuk memesan otak-otak yang fresh supaya tidak cepat basi selama di perjalanan.

2. Bannang-bannang

Bannang bannang jajanan di makassar

Kue bannang-bannang merupakan salah satu jajanan di Makassar yang sangat terkenal untuk dijadikan oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari tepung beras dan gula merah yang dibentuk menyerupai benang kusut.

Istilah bannang-bannang memiliki arti benang kusut. Meskipun demikian bentuknya, makanan ini sangat enak, manis dan lumer di mulut. Kue ini sering ditemui dalam berbagai upacara adat dan menjadi perlambang ikatan erat.

3. Kue Kurma Makassar

Jangan salah ya Sobat, makanan ini sama sekali tidak menggunakan bahan kurma. Telur, tepung terigu, mentega dan tepung maizena diaduk hingga merata dan dibentuk lonjong-lonjong.

Adonan lonjong ini kemudian dibaluri dengan caramel hingga berbentuk seperti buah kurma. Kue ini lalu ditaburi potongan kacang sehingga terasa semakin gurih. Kue kurma ini menjadi sasaran para wisatawan yang berlibur ke Makassar.

4. Baruasa

Baruasa merupakan jajanan di Makassar yang bisa dibilang cukup murah meriah. Bahan-bahannya adalah tepung beras, kelapa, gula, kelapa parut, telur dan minyak goreng.

Makanan ini sangat mudah didapatkan karena banyak sekali penjaja makanan yang membuatnya. Pastikan untuk membawa pulang makanan ini ke kotamu ya!

5. Kacang Sembunyi

Mungkin makanan ini sering ditemukan dalam toples yang tersaji di hari raya. Ya, kacang sembunyi asalnya memang dari kota Makassar. Makanan ini menjadi oleh-oleh makanan di Makassar yang cukup populer dan banyak diminati.

Tidak hanya sebagai oleh-oleh liburan saja, masyarakat sekitarpun selalu sedia kacang sembunyi di meja-meja mereka. Maka, tidak heran jika makanan yang satu ini cukup populer hingga ke seluruh tanah air.

6. Sirup DHT

Sirup DHT sudah diproduksi sejak jaman dahulu. Minuman ini termasuk sebagai salah satu jajanan di Makassar yang cukup melegenda.

Sirup dengan wujud yang sangat kental dan aroma pisang ambon ini memiliki kemasan yang tidak pernah berubah. Sirup ini sangat cocok untuk dijadikan pemanis dalam sajian minuman hangat atau minuman dingin.

7. Sirup Markisa

Sirup markisa juga merupakan salah satu oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang. Sirup markisa dari kota Makassar rasanya sangat berbeda dengan sirup dari tempat lain.

Ada keunikan tersendiri dari rasa markisa yang dihasikan di kota ini. Jadi, pastikan untuk membawa satu atau dua sirup ini pulang ya!

8. Abon Raos

Tidak salah jika jajanan di Makassar ini harganya cukup mahal. Abon Raos memang tidak bisa dibandingkan dengan baon sapi lainnya. Rasa daging sapinya benar-benar terasa dengan perpaduan bumbu yang sangat sempurna.

Abon raos akan terasa lebih nikmat jika dimakan bersama sepiring nasi hangat. Anda bahkan tidak akan terasa telah menghabiskan sebungkus abon raos karena kelezatan rasanya.

9. Krupuk Jintan

Krupuk jintan adalah salah satu makanan khas Makassar yang cukup khas dan tak bisa ditemui di tempat lain. Krupuk ini sekilas terlihat mirip dengan kue sus kering.

Namun ketika sudah mencobanya, Anda akan merasakan gurih dan nikmat tersendiri dari krupuk yang satu ini.

Adonan kerupuk dicampur dengan jintan hitam yang menambah rasa khas dan keunikannya. Makanan ini sangat cocok disantap sore hari dengan ditemani secangkir teh manis.

10. Kacang Disco

Sama halnya dengan kacang sembunyi, kacang disco juga merupakan jajanan di Makassar yang wajib dihidangkan di meja tamu.

Jika pada kacang sembunyi Anda hanya disuguhi rasa manis, maka akan berbeda dengan kacang disco.

Kacang disco memiliki banyak varian rasa seperti rasa original, pedas, asin, rempah dan lain sebagainya. Kacang ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh bagi teman dan keluarga di rumah.

Kesimpulan

Itulah 10 jajanan di Makassar yang tidak boleh terlewat untuk dibawa pulang. Selain jajanan, masih banyak lagi oleh-oleh yang bisa Anda beli untuk keluarga dan teman di rumah.

Salah satunya adalah kain tenun dan handycraft khas Makassar. Jadi, Anda sudah tidak bingung lagi bukan ketika berkunjung ke kota ini?

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

 Admin Gotravela | Jajanan di Makassar