Indonesia infoRaja Ampat

Wisata Raja Ampat

Raja Ampat

Menelusuri Indahnya Wisata Raja Ampat

Sudah bukan rahasia lagi jika wilayah timur Indonesia memiliki kekayaan dan keindahan alam yang luar biasa. Tidak salah jika salah satu tujuan wisata utama di Indonesia berada di sini. Di antara berbagai wisata di wilayah timur Indonesia, salah satu yang wajib dikunjungi ialah Raja Ampat. Objek wisata yang berlokasi di Papua Barat ini menawarkan beragam keindahan yang tidak boleh dilewatkan.

Raja Ampat

Berwisata di Raja Ampat menjadi impian bagi banyak orang. Selain menikmati keindahan alamnya, wisatawan juga dapat melakukan aktivitas lainnya seperti menyelam, berkeliling menggunakan kapal, maupun sekedar bersantai dan berfoto.

Menjelajahi Keindahan Alam Raja Ampat

Berbicara mengenai Raja Ampat tidak dapat lepas dari salah satu ikon dari tempat ini, yakni Wayag. Wayag merupakan jejeran batu karang yang berbalut warna kehijauan yang menyebar di birunya lautan. Panorama yang luar biasa inilah yang menjadikan Raja Ampat mendunia. Berfoto dengan latar belakang gugusan batu karang tentu menjadi hal yang wajib dilakukan.

Selain Wayag, panorama gugusan batu karang yang hijau juga dapat dinikmati di Pianemo. Tempat ini berada di ketinggian sehingga wisatawan dapat menikmati perpaduan luar biasa dari gugusan batu karang, birunya laut, dan langit biru cerah. Pianemo ini sering disebut sebagai Wayag versi mini.

Selesai dengan gugusan batu karang, saatnya menjelajahi indahnya pasir putih Raja Ampat. Ada satu tempat yang memiliki pasir putih yang menawan, yakni Pasir Timbul. Pulau Pasir ini berdekatan dengan Pulau Mansuar.

Seperti halnya pulau pasir lainnya, Pasir Timbul akan menunjukkan pasir putihnya ketika air laut tengah surut. Hamparan pasir putih berkilauan akan menjadi momen yang indah dan pas untuk berswafoto.

Beralih dari laut, wisatawan dapat mengunjungi Air Terjun Batanta dengan pemandangannya yang aduhai. Nuansa segar dari air terjun juga akan menjadi penyejuk setelah seharian menjelajah air asin.

Selain Air Terjun Batanta, wisatawan juga dapat melihat langsung burung yang menjadi ikon Papua, Cendrawasih. Burung asli dari Papua ini dapat ditemui di Desa Sawinggrai. Memang perlu usaha yang cukup keras agar dapat melihat burung ini mengingat keberadaannya yang langka.

Berbagai keindahan alam Raja Ampat membuktikan kalau tempat ini bukan hanya soal laut saja. Masih ada air terjun maupun habitat asli Cendrawasih yang dapat menjadi alternatif bagi wisatawan. Hal ini menunjukkan bahwa Raja Ampat memiliki wisata alam yang sangat lengkap.

Menikmati Panorama Bawah Laut Raja Ampat

Raja Ampat menyimpan keindahan bawah laut yang memikat. Setidaknya terdapat sekitar 1500 spesies ikan, 500an spesies koral, dan lebih dari 600 hewan tak bertulang belakang di bawah laut di seluruh wilayah Raja Ampat. Hal ini terbilang wajar mengingat 75% spesies ikan di dunia dapat ditemukan di Raja Ampat. Ini termasuk ikan pari manta yang lebar tubuhnya dapat mencapai 2 meter.

Aktivitas menyelam pun menjadi pilihan utama untuk menikmati keindahan bawah laut Raja Ampat. Wisatawan dapat melihat sendiri bagaimana indahnya bawah laut raja ampat, atau bila beruntung, bisa berenang bersama ikan pari manta yang ikonik itu. Berbagai spot menyelam telah tersedia di Raja Ampat sehingga wisatawan tidak perlu risau.

Wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Misool. Pulau ini merupakan salah satu dari empat pulau besar yang berada di Raja Ampat. Pulau Misool sendiri terdiri atas empat bagian, yakni Misool Barat, Misool Utara, Misool Timur, dan Misool Selatan.

Pulau Misool merupakan salah satu destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan, khususnya bagi pecinta keindahan bawah laut. Wisatawan dapat melihat sendiri beragam ikan yang cantik. Selain itu, terdapat laut lepas di Misool bagian selatan, yang mana menyimpan fauna besar seperti pari manta dan lumba-lumba.

Selain Pulau Misool, wisatawan juga dapat memilih Pulau Kri untuk aktivitas menyelam. Ini adalah tempat penyelaman paling sempurna di Raja Ampat. Bagaimana tidak, hanya dengan sekali penyelaman, wisatawan dapat menemukan hingga 300 lebih spesies ikan. Dipadu dengan karang kecil yang indah, menyelam di Pulau Kri akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Selain dua lokasi tersebut, masih banyak spot wisata di Raja Ampat yang menawarkan keindahan bawah laut yang indah. Sebut saja Star Lagoon, Magic Mountain, Blue Magic, Selat Dampier, dan lain-lain. Tentu beragam spot diving ini akan membuat wisatawan memiliki banyak opsi untuk menikmati indahnya bawah laut Raja Ampat.

Pastikan untuk Memesan Penginapan Terlebih Dahulu

Raja Ampat merupakan salah satu objek wisata yang paling banyak diburu wisatawan. Keindahan alamnya sudah tidak dapat diragukan lagi. Sebelum mengunjungi Raja Ampat, pastikan untuk memesan kamar untuk tempat tinggal selama berwisata. Wisatawan dapat memilih resort maupun homestay yang terletak di pinggir pantai untuk tempat menginap.

Untuk menghemat budget, akan lebih baik jika memilih homestay daripada resort. Akan tetapi, tentu saja fasilitas yang diberikan tidak akan semewah resort. Homestay biasanya berbentuk rumah sederhana dan menyatu dengan pemukiman warga. Banyak homestay yang memiliki atap dedaunan dan dinding kayu saja.

Bila ingin mendapatkan fasilitas berlebih, tentu saja disarankan untuk memilih resort. Resort dibuat dengan gaya yang lebih modern dengan fasilitas lengkap. Bahkan, bisa jadi resort akan menyediakan fasilitas water sport. (M)

 

Tag      : Raja Ampat, Wayag, batu karang, gugusan pulau, penginapan raja ampat, diving raja ampat, pari manta raja ampat, menyelam raja ampat, pulau pasir, air terjun batanta, Pulau Misool, Pulau Kri, cendrawasih, pianemo