Taman Wisata Mangrove Sorong

Taman Wisata Mangrove Sorong

Salah satu tempat wisata di Papua yaitu Taman Wisata Mangrove Sorong  diresmikan pada Mei 2019 lalu. Banyak orang menyebutkan dan menyampaikan bahwa hutan mangrove merupakan ekosistem hutan daerah pantai. Ekosistem ini terdiri dari beberapa kelompok pepohonan yang dapat hidup di dalam lingkungan yang berkadar garam tinggi.

Taman Mangrove Sorong
Photo by Indozone

Penampakan dari taman mangrove ini seperti hamparan semak belukar yang nantinya memisahkan daratan dengan laut. Meskipun demikian? Tentu saja taman mangrove pertama di Papua ini memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi selain Raja Ampat.

Selain itu, sedikit informasi tentang objek wisata tersebut yaitu Taman Wisata Mangrove Sorong ini berada di kawasan pantai. Tentunya berbatasan langsung dengan Kabupaten Sorong Selatan dan juga Kota Sorong.

Untuk saat ini, banyak warga pesisir pantai mulai memanfaatkan kesempatan ini terutama dari aspek pariwisata, meskipun memang belum optimal. Tak hanya itu saja, Hutan Mangrove Sorong tersebut juga pengelolaannya secara tradisional oleh sekelompok masyarakat nelayan yang juga mengandalkan taman mangrove tersebut.

Taman Mangrove Sorong Resmi Dibuka

Hutan Taman mangrove ini resmi buka pada pada Mei 2019. Destinasi wisata Papua ini pembangunannya dengan menggunakan DAK (Dana Alokasi Khusus).

Taman Mangrove ini tentunya bisa menjadi primadona harapan baru di Kota Sorong. Terlebih lagi Taman Wisata Hutan Mangrove ini memang menjadi yang pertama di tanah Papua.

Tak hanya itu saja, pembukaan objek wisata terbaru di Sorong ini juga sekaligus untuk mengkampanyekan pelestarian lingkungan. Baik itu menjaga ekosistem dan habitatnya dari berbagai kerusakan hingga menjaga pohon mangrove.

Selain itu, menurut informasi dari seorang warga pesisir Kab. Sorong mengatakan bahwa ia akan memastikan bahwa para wisatawan yang nantinya akan berkunjung ke Taman Wisata Mangrove Sorong  tidak akan kecewa dan pastinya akan terkesan dengan tempat wisata yang satu ini.

Kemudian para wisatawan juga bisa menggunakan perahu mesin tempel untuk menjelajahi pesisir pantai. Berbagai pepohonan di taman mangrove tersebut juga akan menambah keindahan perjalanan Anda.

Mengenai Objek Wisata Hutan Mangrove Papua

Sedikit informasi tentang objek wisata taman mangrove Sorong yaitu sepanjang perjalanan pantai yang ada di Kabupaten ini para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan pohon mangrove.

Mulai dari spesies bruguiera, rhizophora hingga xylocarpus. Terlepas dari itu semua, di taman mangrove ini juga tumbuh beragam jenis palem dan juga pandan.

Berbagai aktivitas nelayan penangkap ketam dengan bubu yang ada di sini juga akan menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa melihatnya secara langsung loh.

Selain itu, jika Anda beruntung, Anda juga dapat menyaksikan secara langsung kawanan burung-burung yang bergelantungan di pohon. Lalu ada pula berang-berang, biawak hingga sampai beberapa jenis burung lainnya.

Oleh karena itu, pariwisata di Kabupaten Sorong ini akan berupaya terus tumbuh sehingga destinasi-destinasi wisata bisa terus berkembang dengan baik dan mendatangkan banyak wisatawan ke Sorong, Papua.

Jadi, dengan hadirnya banyak tempat wisata tentu membuat para wisatawan akan bisa memilih berbagai tempat wisata terutama pada saat berada di Sorong, sebelum mereka menyebrang ke Kepulauan Raja Ampat.

Tak hanya itu saja, dengan hadirnya Taman Wisata Mangrove Sorong  tersebut tentu saja hal ini menjadi poin penting bagi Kota Sorong sehingga banyak warga Sorong mengharapkan para wisatawan tidak hanya sekedar lewat dan menyebrang langsung ke Raja Ampat, paling tidak para wisatawan bisa menikmati tempat wisata yang satu ini yaitu hutan mangrove Sorong.

Baca juga :