Papua

Keindahan Taman Nasional Lorentz Papua

Taman Nasional Lorentz Papua

Pernahkah Anda berlibur ke Taman Nasional Lorentz Papua? Taman nasional yang satu ini hadir dengan pemandangan alam yang luar biasa Indah. Bukan hanya bertemu dengan beragam jenis hewan langka, di tempat tersebut Anda juga akan menemukan pegunungan dan rimbunnya hutan.

Taman Nasional Lorentz
Photo by Viva

Keindahan Alami Taman Nasional Lorentz

Berada di kawasan Papua Barat menjadikan taman nasional yang satu ini terlihat unik dan menarik. Apalagi dengan lahannya yang luas, menjadikan ia sebagai taman yang relatif belum terjamah. Tidak heran jika kemudian keberadaannya pun masih terlindungi dengan baik.

Pada tahun 1999, UNESCO menetapkan taman nasional ini sebagai salah satu situs warisan dunia. Selain itu, Taman Nasioanl Lorentz Papua merupakan taman nasional terbesar yang ada di kawasan Asia Tenggara. Dengan luas mencapai 2,3 juta hektare belum ada pemetaan lanskap secara resmi dari taman nasional yang satu ini.

Keanekaragaman hayati dari taman nasional ini terbilang luar biasa. Apalagi ia terbentang pada 10 wilayah kabupaten berbeda. Karena itulah ekosistem yang ada di Taman Nasional Lorentz ini mencakup seluruh ekosistem utama yang ada di Papua loh.

Mulai dari ekosistem perairan laut, ekosistem peisisr, ekosistem hutan pantai, ekosistem hutan rawa air payau, ekosistem hutan rawa air tawar, ekosistem hutan dataran rendah, ekosistem pegunungan rendah, ekosistem pegunungan tinggi, ekosistem ekosistem sub alpin (Tree Line), dan ekosistem pegunungan salju abadi.

Berbicara mengenai liburan di taman nasional ini. Ada beberapa spot untuk melakukan aktivitas menarik dari taman ini. Ingin tahu spot menarik apa saja yang ada di Taman Nasional Lorentz Papua tersebut? Berikut penjelasannya :

Lembah Baliem dengan pesona eksotisnya 

Lembah Bailem
Photo by GenPi

Lembah Baliem yang masih terletak di kawasan kota Wamena menjadi salah satu lokasi favorit dari taman nasional yang satu ini. Selain hadir dengan pemandangan latar belakang dari puncak pegunungan Jayawijaya. Lokasi ini juga hadir dengan beberapa pesona alam lainnya, seperti :

  • Danau Habema, merupakan danau berselimut awan
  • Pasir Putih Aikima
  • Gua Kontilola yang dikenal dengan pilar dari batu alamnya
  • Telaga Biru Maima yang hadir dengan warna biru tosca. Namun patut untuk Anda perhatikan bahwa danau ini tidak dapat Anda gunakan untuk berenang karena warga sekitar menganggap danau ini adalah danau suci.

Habitat satwa langka 

Taman Nasional Lorentz merupakan habitat dari berbagai macam jenis satwa langka. Hal ini dibuktikan dengan jumlah habitat sebanyak 630 untuk spesies dari jenis burung dan juga sekitar 123 spesies untuk hewan mamalia. Salah satu habitat unik dari hewan tersebut muncul dari binatang kanguru pohon hias yang merupakan endemik Papua.

Cek juga nanti guys :

Salju abadi dari puncak Gunung Jaya 

Bukan hanya di luar negeri, Indonesia juga memiliki salju abadi yang muncul melalui Puncak Jaya. Puncak tersebut termasuk dalam tujuh puncak tertinggi yang ada di dunia. Selain itu, lokasi tersebut juga menjadi tempat dari gletser Carstenz yang merupakani satu-satunya gletser tropika di Indonesia.

Suku asli Papua 

Selain beberapa hal di bagian atas tadi. Berlibur ke taman nasional ini juga dapat membantu Anda dalam mengenal suku asli Papua. Hingga saat ini teridentifikasi bahwa terdapat sekitar 9 suku asli Papua di kawasan tersebut. Seperti halnya suku Dani, Amungme, Nduga, Sempan, Komoro, Somahe, hingga suku Asmat.

Suku Dani Papua
Photo by Tamasya

Untuk mengenali berbagai macam suku-suku tersebut. Ada baiknya jika Anda mengikuti kegiatan Festival Lembah Baliem. Kegiatan tersebut biasanya berlangsung pada bulan Agustus. Dalam festival tersebut umumnya diadakan simulasi tradisi perang antar suku.

Namun Anda tidak perlu khawatir. Perang ini hanya simulasi untuk pertunjukkan. Sehingga tetap aman bagi Anda dan siapa pun yang ingin melihatnya.

Baca juga :

Itulah penjelasan singkat mengenai beberapa spot menarik yang di Taman Nasional Lorentz Papua. Karena itulah ketika mengunjunginya, pastikan untuk tidak melewatkan beberapa spot menarik tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.