Sulawesi

Tempat Wisata Unik di Makassar | Yang Nitizen Harus Kunjungi Tahun ini

tempat wisata unik di makassar

5 Tempat Wisata Unik di Makassar

Hai Traveler, dalam kesempatan ini kami coba mengulas 5 Tempat wisata unik di makassar yang harus Anda kunjungi di Provinsi Sulawesi Selatan yang dahulu disebut Ujung Pandang.

Makassar ini merupakan salah satu destinasi dan kota besar urutan ke-enam menurut (Kompasiana, Jun 2015), juga merupakan Kota Pantai, kota metropolitan, pusat bisnis, pendidikan dan pintu gerbang Indonesia Timur yang nitizen harus kunjungi tahun ini.

Semoga informasi tempat wisata unik di makassar ini dapat menambah informasi bagi pengiat jalan-jalan mengeksplor Indonesia Timur.

Kota Makassar sebenarnya mirip dengan Kota Surabaya, jalanannya besar dan ramai serta banyak terdapat pusat perbelanjaan seperti mall, super market dan pusat perbelanjaan. 

Makassar selain terkenal dengan Pantai Losari-nya, juga memiliki spot wisata pegunungan.

Malino highland celebes

Malino terletak di Kabupaten Gowa atau sekitar 4 jam perjalanan jika menggunakan kendaraan roda empat dari Kota Makassar.

Memiliki banyak spot wisata rekreasi mulai dari hutan pinus, taman bunga, kebun strawberry, kebun teh, air terjun dan lainnya.

Keunikan lain Kota Makassar ini adalah banyaknya warung-warung kopi untuk nongkrong kaula muda kota ini, terutama di daerah panakkukang. 

Kota Makassar ini juga memiliki banyak pulau indah yang belum terjamah oleh tangan manusia alias masih sangat alami.

Tak hanya itu di Makassar juga terdapat beragam landscape bangunan bersejarah yang menjadi saksi akan sejarah bangsa ini.

Yuk, simak lebih jauh tempat wisata unik di makassar…

5 Destinasi Wisata Unik di Makassar

1. BENTENG ROTTERDAM (Fort Rotterdam)

Letaknya tidak jauh dari Pantai Losari dan benteng ini merupakan salah satu icon sejarah Kota Makassar.
Di bagian pojok benteng ini terdapat sebuah ruangan penjara yang dahulu kala pernah ditempati Pangeran Diponegoro (Diponegoro; salah satu pahlawan nasional indonesia).

Tempat Wisata Unik di Makassar
Fort Rotterdam

Sejarahnya Benteng Rotterdam Makassar yang sebelumnya didirikan oleh Kesultanan Raja Gowa-Tallo dan kemudian jatuh ke tangan Belanda.

Karena Perjanjian Bungayya yang merupakan sebuah perjanjian genjatan senjata antara Raja Gowa dan VOC Belanda namun setelah jatuh ke tangan Belanda arsitekturnya pun kemudian berubah menjadi arsitektur Gotik Kolonial.

Sangat terasa nuansa kolonial ketika memasuki benteng ini, kita akan terasa seperti sedang berada di Eropa.

Tamannya tertata rapi dan  nyaman sekali untuk kegiatan belajar bersama atau sekedar berkumpul dengan teman-teman (menjadi tempat tongkrongan bagi anak muda/i di makassar). 

Benteng ini menyimpan juga kisah misteri, untuk lebih serunya traveler bisa baca Misteri benteng rotterdam.

Komplek Benteng tersebut terdapat juga museum sejarah kerajaan Gowa-Tallo yang bernama Museum La Galigo.

Museum La Galigo sering di jadikan tempat untuk berbagai macam acara pameran, event pariwisata, pertunjukan seni dan kebudayaan diselenggarakan di museum dan pelataran benteng.

2. PANTAI AKKARENA

Kota Makassar ternyata tidak hanya mempunyai tempat Wisata Yang Unik Pantai Losari saja? Makassar memiliki banyak pantai indah dan wisata pantai yang belum terjamah. Salah besar jika makassar hanya meiliki pantai losari.

Tempat Wisata Unik di Makassar ini salah satunya adalah Pantai Akkarena.

Pantai ini bisa dibilang adalah pantai yang unik. Hal ini karena pasir pantainya yang berwarna hitam mempesona (Black pearl from east of indonesia).

Beragam kegiatan sering di lakukan disini seperti rekreasi, berolah raga atau hanya sekedar santai menikmati pemandangan bagi wisatawan lokal.

Tempat Wisata Unik di Makassar
Pantai Akkarena Makassar

Ragam aktifitas olahraga air/Watersport juga dapat Anda temukan disini. Misalnya bermain banana boat, jet sky, sampai dengan permainan yang memacu adrenalin yaitu ATV kendaraan roda tiga itu loh, wahh seru banget pastinya..

Selain menikmati angin sepoi-sepoi serta keindahan pantai, tempat ini juga menyediakan dengan berbagai arena bermain untuk anak-anak (cocok bagi wisata keluarga) dan aneka khas kuliner makassar.

3. KARST MAKASSAR – HUTAN BATU TERBESAR KE-2 DI DUNIA

Merupakan gugusan tebing Cadas atau juga dengan nama lain yaitu Hutan Batu. Hutan Batu terbentuk oleh erosi di bawah tanah batuan seperti Batu Kapur dan Batu Marmer yang kemudian larut dalam air. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata unik di makassar.

KARST MAKASSAR – HUTAN BATU TERBESAR KE-2 DI DUNIA
KARST MAKASSAR
Lionmag-nya Indonesia

Kawasan Pegunungan Karst di Makassar ini juga dikenal sebagai Hutan Batu terbesar dan terindah kedua di Dunia setelah Karst di Cina Selatan LIONMAG.

Keindahan Hutan Batu itu rupanya tak hanya milik China Selatan. Namun, Anda juga bisa menemukannya di Sulawesi Selatan di kawasan Maros-Pangkep. Tebing-tebing karst yang tinggi menjulang berbentuk menara (tower karst maros).

Karst Maros ini terbentuk oleh batuan gamping sejak ribuan tahun yang lalu membentang di wilayah Kabupaten maros dan Kabupaten pangkep. Luas wilayah mencapai 40 ribu hektar membentuk gugusan pegunungan batu gamping yang menjulang tinggi ke atas dan berkelompok.

Tentunya merupakan fenomena alam yang menakjubkan Karst Maros ini. Untuk mencapai lokasi ini Anda harus menempuh jarak 40 km dari pusat Kota Makassar. 

Keindahan alam di Karst Maros dengan menjelajahi gua-gua di sekitar karst dan menyusuri rawa sungai  di dampingi pemandu setempat.

4. MALINO HIGHLAND (New zelandnya Indonesia)

Malino Highlands berada di ketinggian 1.200 di atas permukaan laut dengan luas kebunnya yaitu 200 hektar terhampar perkebunan teh yang hijau dan subur

Tempat ini merupakan sebuah tempat yang tentu saja tidak perlu Anda ragukan lagi keindahannya. Tempat ini cukup familiar bagi wisatawan lokal yang menghabiskan akhir pekannya disini.

 MALINO HIGHLAND (Kebun Teh)
MALINO HIGHLAND (Kebun Teh)

Salah satu yang terkenal adalah wisata kebun tehnya. Sejuknya kebun teh di sini tidak kalah indahnya dengan kebun teh di puncak Bogor loh.

Di sini traveler bisa berjalan-jalan di areal kebun teh. Pada puncak kebun, traveler akan menemukan sebuah cafe bernuansa arsitektur Jepang yang menyediakan suguhan teh hangat terbaik dari alam.

Green Cafe Pekoe

Ornamen cafe dan fasilitas serba eksklusif bergaya Jepang, pelayan juga menggunakan kostum ala negeri Sakura.

Green Cafe Pekoe itulah namanya. Cafe ini menyediakan menu khas berupa teh sehat berkhasiat yang tidak akan Anda temukan di mana pun selain di Malino Highland.

Tidak sampai di situ saja traveler, di tempat wisata unik di Makassar Malino Highland juga menawarkan beberapa aktifitas outbound antara lain :

  • Paralayang
  • Bungee jumping
  • Cross country running
  • Menunggang kuda
  • Bersepeda, kegiatan festival layang-layang, trampolines, jalur tracking, taman satwa
  • Melihat benda-benda angkasa dengan menggunakan teropong.

Tidak jauh dari lokasi traveler dapat menikmati dua air terjun indah dan untuk mencapai ke air terjun tersebut Traveler hanya perlu berjalan kaki sekitar 600 – 800 meter.

Sepanjang perjalanan menuju spot air terjun Anda dapat menikmati pemandangan alam yang hijau nan elok menawan.

5. LAE LAE ISLAND – PULAU PENGANTIN BARU

Pulau lae-lae kecil atau yang biasa disebut “gussung tallang “ merupakan tempat wisata unik di makassar sebuah pulau yang berjarak 1,6 km dari daratan dan kita pun dapat melihatnya dengan jelas langsung dari Pantai Losari.

Untuk mencapai pulau ini Anda harus menggunakan speed boad/motor nelayan hanya dalam waktu 5 menit dari dermaga popsa makassar.

Dengan hanya membeli karcis penyebrangan seharga 15 ribu per orang, traveler sudah dapat menikmati keindahan pulau berpasir putih ini.

Pantai Lae Lae Sulawesi Selatan
Pantai Lae Lae Sulawesi Selatan
Asal muasal nama pulau lae-lae

Cerita rakyat yang berkembang di sana yaitu konon asal mula nama “lae-lae” sendiri adalah dahulu ada sebuah kapal dari negeri tirai bambu china karam di sekitar pulau berkarang tersebut.

Orang cina memanggil-mangil ke pulau seberang meminta pertolongan dengan bahasa mereka “Lae Lae” yang artinya “kemari-kemari”.

Semenjak itulah tanjung itu disebut Tanjung Lae Lae dan menjadi Pulau Lae Lae.

Namun lama kelamaan seiring melejitnya wisata destinasi baru Pulau Lae Lae ini menjadi salah satu wisata favorit lokal.

Fasilitas dan sarana pun sudah tersedia banyak gazebo gazebo untuk tempat bersantai bagi setiap wisatawan yang datang ke pulau.

Berbagai aktifitas dapat Anda lakukan di pulau ini. Mulai dari sekadar berenang, snorkeling atau bahkan diving.

Wisata Unik di Makassar Yang Netizen Harus Kunjungi

Masih banyak lagi yang akan kami kupas tentang wisata dan kuliner di Sulawesi selatan tentunya nanti.

Semoga informasi 5 Wisata Unik di Makassar ini bermanfaat bagi sahabat traveler. Untuk informasi paket perjalanan makassar lainnya anda dapat menghubungi kami.

kami menjamin akan selalu memberi saran terbaik dan harga terbaik untuk traveler.

Baca juga :

Salam Pariwisata – Grace Rumondor | Tempat Wisata Unik Di Makassar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.