Wisata Dekat Goa Pindul

wisata sekitar goa pindul

Berikut ini ada beberapa tempat wisata dekat Goa Pindul yang bisa kamu kunjungi. Jadi dalam satu hari bisa sekalian datang ke beberapa tempat wisata. Ini dia destinasi wisata sekitar Goa Pindul.

Photo by @alfian_persie

Selain pantai, Gunung Kidul juga punya pesona wisata alam lain yang menarik. Salah satunya adalah Goa Pindul.

Goa Pindul begitu populer di kalangan wisatawan. Kegiatan menarik di Goa Pindul adalah susur gua dengan menggunakan ban.

Daftar Wisata Dekat Goa Pindul

Di sekitar wisata Goa Pindul, ada beberapa tempat wisata yang jaraknya dekat. Jadi kamu juga liburan ke Goa Pindul, yuk kunjungi juga tempat wisata lain. Kamu bisa sewa mobil Jogja di Gotravela untuk berkeliling ke tempat wisata Gunung Kidul dan sekitarnya.

1. Wisata Sungai Oyo

Ketika berkesempatan datang ke Goa Pindul, kamu juga bisa datang ke tempat wisata Sungai Oyo. Objek wisata ini sangat cocok bagi kamu yang suka dengan petualangan.

Jarak Sungai Oyo dengan Goa Pindul tidak jauh. Hanya sekitar 1 km saja. Secara geografis Sungai Oyo hampir sama dengan Goa Pindul. Bedanya, Sungai Oyo lebih menyatu dengan alam terbuka.

Di sini pengunjung bisa menyusuri sungai dengan menggunakan ban. Sepanjang sungai nampak pemandangan yang sangat indah.

Kamu akan melihat tebing-tebing yang indah dan alami. Ada juga pemandangan menakjubkan, yaitu Air Terjun Pengantin.

Sungai sepanjang 1.500 meter ini bisa diarungi dalam waktu satu hingga dua jam.

2. Goa Gelatik

Selain Goa Pindul, ada juga Goa Gelatik Lorong Sewu. Jarak dari Goa Pinduk hanya sekitar 1,4 km. Cukup ditempuh dalam waktu 4 menit naik kendaraan.

Asal muasal penamaan Goa Gelatik karena dulu banyak burung Gelatik di sekitar goa ini. Selain itu, ditemukan pula banyak lorong.

Sampai akhirnya masyarakat menyebut goa ini sebagai Goa Gelatik Lorong Sewu. Meski Goa Gelatik ini kering, tingkat kesulitan susur goa tidak mudah. Jalur horizontal dan vertikal yang tersusun 7 susun membuat pengunjung perlu hati-hati.

Sebaiknya menggunakan pemandu saat menyusuri gua ini. Pemandu akan mendampingi pengunjung untuk melakukan susur gua.

Biasanya wisatawan akan dibagi jadi satu kelompok. Tiap kelompok terdiri dari 10 sampai 15 orang. Pembatasan jumlah anggota kelompok karena sirkulasi udara minim. Waktu yang dibutuhkan untuk susur gua sekitar 1,5 jam.

3. Goa Tanding

Goa Tanding dan Goa Pindul berjarak sekitar 1,6 km. Tempat wisata ini baru saja dibuka pada tahun 2016 lalu. Keindahan alam goa ini tidak kalah dengan Goa Pindul. Goa ini memiliki lorong lebih panjang dan ruang goa lebih besar dibanding Goa Pindul.

Jika di Goa Pindul susur goa dilakukan menggunakan ban, di sini berbeda. Wisatawan akan naik perahu karet yang berkapasitas 8 orang.

Panjang sungai di goa ini adalah 450 meter. Jika ditempuh butuh waktu 1,5 jam untuk menyusurinya.

Harga sewa naik perahu mulai Rp. 150.000. Harga ini sudah termasuk biaya pemandu, parkir dan fasilitas lain.

4. Air Terjun Pengantin

Ketika menyusuri Sungai Oyo, kamu akan melihat Air Terjun Pengantin. Ya betul. Air Terjun Pengantin ini memang letaknya berada di tepi Sungai Oyo.

Dari Goa Pindul hanya berjarak sekitar 1,3 km. Hal unik dari air terjun ini adalah debit air selalu konsisten. Aliran air terjun tidak terpengaruh dengan musim. Jadi ketika musim hujan dan musim kemarau debit air tetap sama.

5. Goa Jomblang

Di sekitar Goa Pindul terdapat banyak goa. Salah satunya adalah Goa Jamblang. Goa ini terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta.

Jarak dari Goa Pindul sekitar 15 km. Kamu perlu menempuh perjalanan sekitar 30 menit dari Goa Pindul. Tidak terlalu jauh.

Tempat wisata ini sangat indah. Cocok bagi kamu yang suka dengan tantangan.

Goa Jomblang ini merupakan goa dengan tipe collapse doline. Collapse Doline adalah proses geologi di mana tanah ambles beserta vegetasi di atasnya ke dasar bumi. Kejadian ini terjadi ribuan tahun yang lalu.

Itulah tempat wisata yang lokasinya dekat dengan Goa Pindul. Jadi ketika liburan ke Goa Pindul, kamu bisa sekalian mengunjungi tempat wisata tersebut.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments