Desa Wisata Jogja

desa wisata jogja

Desa wisata Jogja menjadi pilihan destinasi wisata menarik untuk dikunjungi. Ada tiga desa wisata di Yogyakarta yang sangat recommended nih. Apa sajakah itu? Yuk kita bahas.

desa wisata jogja
Photo by @iniyogyakarta

Jika ingin liburan ke Jogja, ada nih beberapa rekomendasi tempat wisata di Jogja yang menarik. Biasanya saat ingin liburan, ada kalanya kita merasa bingung ingin pergi ke mana. Nah, kamu bisa nih berkunjung ke desa wisata di Jogja.

Kamu bisa rental mobil Yogyakarta di Gotravela Indonesia. Dapatkan promo menarik dengan layanan profesional.

google-sewa-mobil-jogja

Pasalnya, ada beberapa desa wisata di Yogyakarta yang cocok buat liburan kamu lho.

3 Desa Wisata di Jogja

Berikut adalah 3 desa wisata di Jogja yang bisa kamu jadikan tempat liburan.

1. Bendhung Lepen

Dulunya, Bendhung Lepen merupakan tempat saluran irigasi. Di tempat ini ada taman desa yang tidak terurus. Kemudian, jadilah desa wisata ini.

Kebersihan desa ini begitu terawat dan terjaga dengan baik berkat kesadaran para pemuda. Maka jadilah desa ini dengan pemandangan bersih dan nyaman untuk berwisata.

Lokasi desa wisata Jogja ini berada di Hulu Gajah Wong. Yakni berada tepat di Kampung Mrican, Giwangan, Umbulharjo.

Dulunya tempat ini berupa kali atau sungai yang kotor. Tapi begitu dirawat, jadilah sungai yang bersih dan penuh ikan. Jika datang ke sini kamu bisa memberi makan ikan-ikan yang berenang di sungai.

Cukup membayar Rp. 2.000 saja lho. Biasanya, para pengunjung datang di pagi dan sore hari saat cuaca tidak begitu terik.

2. Ledok Sambi

Ledok Sambi merupakan desa wisata Jogja yang memiliki suasana asri. Kamu akan merasakan nuansa khas pedesaan yang masih alami. Inilah yang menjadi daya tarik Desa Ledok Sambi.

Dari pusat Kota Jogja, jaraknya sekitar 18 km. Tepatnya berada di sisi selatan Gunung Merapi.

Saat memasuki kawasan Desa Ledok Sambi, kamu akan menyaksikan keindahan alamnya. Tidak salah jika kamu berlibur ke sini bersama keluarga tercinta. Sebab kamu bisa menghabiskan waktu di tempat yang tenang dan sejuk.

Di sini ada beberapa kegiatan yang bisa kamu lakukan bersama keluarga. Misalnya Flying Fox, membatik, Paintball dan lain sebagainya.

Kalau kamu suka camping, bisa juga lho membuat tenda di desa ini. Desa wisata ini juga menyediakan paket camping atau outbound.

Sebaiknya kamu datang ke desa wisata Jogja ini pada pagi hari. Di pagi hari udaranya masih sangat sejuk.

Desa wisata ini buka setiap hari dari jam 09.00 WIB sampai 16.30 WIB.

3. Taman Sari

Pasti kamu tidak asing kan dengan nama Taman Sari. Ya, Taman Sari yang punya luas 10 hektar ini begitu terkenal. Tidak hanya di kalangan wisatawan lokal, tapi juga terkenal di kalangan wisatawan asing.

Di desa wisata ini ada 57 bangunan. Terdiri dari kolam pemandian, gedung, jembatan gantung, danau buatan, lorong bawah air, kanal air serta pulau buatan.

Salah satu daya tarik yang memikat para wisatawan adalah kolam air. Kolam air ini di sekelilingnya ada benteng yang tingginya sekitar 6 meter.

Jika kamu ingin pergi ke tempat wisata yang punya nilai sejarah dan budaya, Taman Sari pilihannya.

Kamu dapat mempelajari warisan budaya Keraton Yogyakarta di sini. Taman Sari berada di kompleks Keraton Yogyakarta. Lebih tepatnya berada di selatan Pasar Ngasem.

Nama kampungnya adalah Kampung Taman, Kec Keraton, Kota Jogja.

Yuk baca juga

Dapatkan juga penawaran wisata kami lainnya :

Itulah 3 desa wisata di Jogja yang cocok untuk berlibur. Kira-kira kamu memilih liburan di desa wisata yang mana nih? Kalau ada waktu cukup, bisa lho kamu berkunjung ketiga-tiganya. Happy vacation ya.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments