Keajaiban Alam Danau Weekuri Sumba

Danau Weekuri Sumba

Berlokasi di Desa Kalenarogo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah Danau Weekuri Sumba.

Sebuah danau unik, terutama karena airnya yang payau alias campuran antara air tawar dan asin.

Dalam beberapa waktu belakangan, danau payau yang satu ini sudah mulai menarik perhatian pengunjung telah menjadi salah satu destinasi wisata alam di NTT yang memikat.

Penasaran akan keindahan danau ini? Lanjutkan membaca ya.



gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.

Nama Weekuri sendiri berakar dari bahasa Sumba. Wee berarti air, dan kuri berarti percikan. Dengan begitu, nama Weekuri diberikan dengan arti air hasil percikan karang yang menerobos masuk ke daratan dan membentuk sebuah danau.

Fakta unik mengenai Danau Weekuri Sumba

Destinasi Danau Weekuri Sumba mulanya merupakan sebuah laguna dan berlokasi di dekat laut. Hanya saja, air laut menyelinap masuk melalui celah-celah gugusan karang yang berada di sekeliling kawasan laguna. Bukan hanya itu saja, masih ada beberapa titik sumber mata air di kawasan danau ini.

Hasilnya adalah sebuah fenomena alam di mana Anda bisa menyaksikan sendiri perpaduan berbagai warna dalam satu danau. Ada yang biru kehijauan, ada pula yang biru cerah.

Di samping itu, ada juga area pada danau dengan air yang dingin, dan di area yang berbeda airnya terasa hangat. Menarik, kan?

Keunikan karena asal-muasal dan warna air Danau Weekuri Sumba ini boleh jadi daya tarik utamanya. Meski begitu, keindahannya jadi semakin terlihat jelas berkat jajaran pohon nan rimbun yang mengelilingi bibir danau. Pemandangan ini tentu bisa menyegarkan mata dan membuat pikiran jadi rileks.

Tentu saja tubuh dan pikiran Anda akan kembali segar sepulangnya berlibur di sini. Dan setibanya Anda di danau nanti, Anda bisa temukan sebuah rumah kecil berbentuk bulat dari kayu yang berdiri di bibir danau.

Di sana, Anda bisa temukan toko yang menawarkan beragam kerajinan khas Sumba seperti kain tenun ikat, akar bahar, dan gelang tradisional.

Danau Weekuri

Cek juga nanti ya guys :

Menjelajahi Gua dan Batu Karang

Di kawasan Danau Weekuri Sumba ini pun Anda juga bisa menjelajahi area sekitar, termasuk bebatuan di bibir danau yang membentuk sebuah gua.

Gua ini terbentuk secara alami. Jajaran stalagmit dan stalaktit yang nampak kokoh dan memberikan sentuhan eksotis ala alam dan pastinya tak akan bisa ditiru dengan sempurna oleh manusia.

Biasanya, gua alami tersebut dimanfaatkan para turis sebagai tempat persinggahan sementara untuk berteduh maupun bersantai, terlindung dari terpaan sinar matahari yang panas dan terik.

Kemudian, Anda juga bisa menghabiskan waktu menikmati suasana alam di atas bebatuan karang raksasa yang menjadi “jembatan” bagi danau dan laut.

Di sini, Anda pun bisa menemukan beragam jenis pohon karang, bunga karang, maupun tanaman sukulen seperti kaktus. Tenang saja, karena karang-karang ini memiliki permukaan yang aman untuk Anda naiki.

Berenang di Danau Weekuri Sumba? Tentu Saja Bisa

Apakah Anda bisa berenang di dalam Danau Weekuri Sumba ini? Tentu saja bisa, karena danau ini pada dasarnya adalah sebuah laguna. Artinya, danau ini tidak terlalu dalam, sehingga aman untuk berenang maupun bermain air bersama teman atau keluarga.

Dengan begitu, Anda bisa buktikan sendiri keunikan Danau Weekuri Sumba yang punya beberapa titik dengan temperatur yang berbeda-beda ini, kan?

Lokasi Dan Akses Menuju Danau

Untuk mencapai Danau Weekuri, Anda perlu menempuh jarak sekitar 60 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya. Kondisi jalan menuju kawasan danau sangat beragam – ada yang sudah beraspal, dan ada juga yang masih berbatu.

Di samping itu, Anda perlu menyewa mobil sendiri karena tidak ada sarana transportasi umum yang dapat menjangkau kawasan wisata ini. Meski demikian, seluruh upaya Anda pasti langsung terbayar oleh keindahannya yang tiada duanya!

Baca juga :

Jangan lupa untuk mengunjungi Danau Weekuri Sumba yah jika kalian sedang berada di Nusa Tenggara Timur. Selamat belibur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *