Kuliner Nusantara

Kuliner Khas NTT

Kuliner-Khas-NTT

Kuliner khas NTT Nusa tenggara timur flores adalah salah satu tradisi kuliner yang penuh dengan cita rasa yang kuat. Banyak juga pengusaha sukses di bidang kuliner khas ntt.

Kekayaan jenis masakan negeri bunga julukan untuk flores ini merupakan cermin keberagaman budaya dan tradisi Nusa tenggara timur yang terdiri dari 9 kabupaten dan 1 kota, serta menempati peran penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum.


Grace-rumondor-Avatar

Grace Rumondor

Grace Rumondor is the founder of Go Travela Indonesia. Her favorite culinary topics are History and Cooking Techniques.


Dalam artikel makanan favorit dari negeri bunga flores ini, travela dapat mengetahui lebih lanjut dengan klik list of contents sebagai berikut.


Nusa tenggara timur yang memiliki 1.192 pulau berpenghuni maupun tidak berpenghuni kini menjadi primadona dan mengalihkan banyak perhatian wisatawan dunia maupun domestic.

Tak ketinggalan masakan khasnya yang kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah seperti bawang, kemiri, kunyit, kelapa, cabai, lengkuas, jahe, temu kunci, kencur dan gula aren.

Mempengaruhi teknik-teknik memasak menurut penggunaan bahan tersebut dan tradisi-adat.

Kuliner khas NTT juga mendapat pengaruh dahulu melalui perdagangan yang berasal dari tanah Jawa, Tiongkok dan Eropa (terutama Portugis, Spanyol dan Belanda).

Kuliner NTT

Flores, dari bahasa Portugis yang memiliki arti “bunga” ialah sebuah pulau yang berada dalam wilayah administrasi Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Nama Flores berasal dari bahasa Portugis yaitu “cabo de flores “ yang mempunyai arti “Tanjung bunga”.

Makanan Favorit Negeri Bunga Flores

Nah, selain memiliki keindahan alam dan budaya, tentunya ada banyak sekali kuliner khas NTT yang bisa anda coba. Hal ini pun bisa menjanjikan peluang bisnis kuliner online kedepan hingga menjadi pengusaha sukses bidang kuliner khas ntt.

Lebih jelasnya masakan favorit tersebut adalah sebagai berikut.

Se’i Daging Asap

Makanan yang satu ini merupakan makanan khas dari NTT. Bahan dasar untuk membuat se’i adalah “daging” baik itu sapi, ikan salmon maupun babi. Namun juga ada yang menggunakan daging ayam.

Se'i asap pengusaha sukses bidang kuliner ntt

Apa itu se’i? Se’i merupakan daging tipis iris yang ter-iris secara memanjang. Jika daging sudah ter-iris, maka daging akan taburi dengan garam.

Selanjutnya digantung hingga kering beberapa jam. Kemudian daging pun akan matang dengan cara pengasap.

Jagung Bose

Kuliner khas NTT berikutnya adalah jagung bose. Jagung bose adalah makanan pokok dari masyarakat pulau Timor NTT yang merupakan pengganti nasi.

Karena dahulu susah mendapatkan beras maka orang flores dulu menjadikan jagung sebagai olahan makanan pokok.

Hingga saat ini tentunya sangat mudah menemukan jagung bose pada rumah-rumah warga.

Jagung Bose pengusaha sukses bidang kuliner ntt

Arti kata dari bose adalah melunakkan, dengan begitu jagung bose merupakan sajian jagung yang tekturnya telah lunak.

Nah, jagung yang lunak ini adalah jagung putih masak yang campuran santan dan kacang merah hingga menjadi bubur.

Jagung bose tersajikan biasanya temani dengan lauk seperti tahu bambu, sambal lu’at hingga babi asap.

Jagung Titi

Walaupun sama-sama berbahan jagung, tetapi pengolahan jagung titi berbeda dengan jagung bose.

Biasanya jagung titi terlebih dahulu digoreng hingga berwarna kecoklatan, kemudian dititi hingga penyet.

Arti kata titi adalah menumbuk-numbuk hingga penyet. Makanya masyarakat lokal menyebut makanan ini dengan sebutan jagung titi.

Jagung Titi pengusaha sukses bidang kuliner ntt

Salah satunya pengusaha sukses bidang kuliner khas ntt jagung titi adalah Bapak Yonas Larantuka yang menjual online kemasan cemilan jagung titi dengan beraneka cita rasa.

Walaupun pembuatannya terlihat mudah, tetapi rasa jagung titi begitu original dan sangat renyah. Tentu saja, jagung titi sangat pas sebagai camilan waktu sore hari dengan segelas kopi hangat.

Untuk mengolah makanan ini, maka jangan lupa untuk menggunakan api kecil saja karena biasanya masyarakat sekitar akan mengambil jagung panas yang sedang dimasak menggunakan tangan kosong.

Corn Catemak

Jagung catemak merupakan kuliner khas NTT berikutnya yang perlu anda ketahui.

Memang jagung sendiri telah ada sebagai pengganti nasi, sehingga tidaklah mengherankan jika makanan dari NTT kebanyakan olahan berbahan dasar jagung. Tak hanya jagung bose dan jagung titi saja, namun juga ada jagung catemak. Apa itu jagung catemak?

Jagung catemak adalah makanan penutup yang terbuat dari bahan jagung, kacang hijau, dan labu lilin. Kemudian memasaknya menggunakan bumbu penyedap rasa.

Sekilas memperhatikannya, pasti anda akan berpikir jika catemak ini memiliki rasa yang manis, namun sebenarnya makanan jagung catemak memiliki rasa yang asin dan gurih.

Jawada

Jawada adalah olahan gorengan makanan camilan khas dari NTT yang berbentuk segitiga dan memiliki aroma yang khas dari gula merah atau gula aren dan tepung beras. Selain dari kedua bahan tersebut, namun ada juga bahan yang lain seperti air nira dan santan.

Jika memperhatikan kembali, kuliner khas NTT ini memiliki tekstur yang seperti bihun yang kemudian digoreng kering. Makanan ini biasanya tersaji ketika adanya upacara adat istimewa.

Untuk anda yang akan mengunjungi NTT, maka jawada pun sekarang sangat cocok jadikan sebagai oleh-oleh. Hal ini karena kue ini dapat bertahan lama saat tersimpan ke dalam toples yang kedap udara.

Nah, untuk anda yang penasaran seperti apa rasanya, maka kue ini bisa anda temukan pada pasar-pasar tradisional setempat. Terlebih lagi harganya pun cukup terjangkau, lho!

Kolo

Kolo merupakan sebutan dari nasi bakarnya Nusa tenggara timur NTT. Biasanya kolo dimasak ke dalam bambu yang selanjutnya diletakan di atas api menjadi olahan bakaran.

Dalam proses pembuatannya, kuliner khas NTT ini akan memasukkan beras ke dalam bambu muda. Beras kemudian akan dicampur dengan bumbu-bumbu dan air. Lalu makanan ini dibakar dan ditutup lubang atasnya dengan daun pisang.

Biasanya proses pembakaran memakan waktu hingga setengah jam.

Kolo Kuliner Khas NTT

Jika sudah matang, maka kolo akan dikeluarkan dari bambu dan biasanya menjadi sajian khas berbagai acara adat flores.

Tentu saja, kolo adalah menu utama yang sangat pas menyantapnya dengan sayur maupun lauk ikan atau daging se’i.

Moke

Kuliner khas NTT berikutnya dalam beverage liquor & spirits adalah Moke Flores. Yang jelas, minuman khas daerah yang satu ini adalah nira yang merupakan hasil dari sadapan buah enau atau pohon lontar.

Dapat dikatakan bahwa moke merupakan minuman ber-alkohol khas dari masyarakat Flores.

Moke hasil sulingan nira dengan periuk tanah liat dan nantinya terhubungkan dalam pipa-pipa bambu.

Moke Kuliner Khas NTT

Warna dari minuman ini biasanya berwarna kekuningan (seperti whiskey) dengan rasa yang lebih ringan (light).

Jenis light ini sekarang banyak tersaji dalam bentuk cocktails yang fresh dengan suasana pantai. Anda bisa temui jenis moke cocktails pada pusat pariwisata flores seperti Labuan bajo hingga Larantuka.

Karena proses penyulingan masih menggunakan cara tradisional, tentu saja waktu pembuatan membutuhkan proses sulit dan cukup lama, bahkan membutuhkan kesabaran.

Rumpu Rampe

Apa itu rumpu rampe? Ya, kuliner yang satu ini terbuat dari sayuran daun pepaya dan daun ubi. Asal dari masakan ini adalah dari daerah Maumere, namun ada juga yang mengatakan dari daerah Larantuka.

20 Spot Wisata Hits Larantuka Flores Timur

Walaupun olahan menggunakan bahan dasar daun pepaya, namun anda tidak perlu khawatir karena masakan daun pepaya ini memiliki rasa yang tidak pahit.

Mengapa? Karena sebelumnya telah netral dengan bahan rendaman air garam.

Untuk mengolah masakan ini, maka masakan ini akan ditumis menggunakan bumbu rempah yang sederhana. Selain itu, sayuran rumpu rampe ini juga pauk makanan sehari-hari bagi masyarakat lokal NTT. Supaya lebih nikmat, maka kuliner khas NTT ini cocok bersanding dengan sambal khas larantuka dan ikan goreng.

Keep reading: mau tahu kenapa flores memiliki julukan negeri bunga? »