Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta

Saat berada di kota indah ini, Taman Sari Jogja menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Bangunan indah yang sarat akan sejarah ini memiliki panorama apik tersendiri.

Bagi anda yang menyukai wisata yang instagramable, pastikan untuk mampir ke lokasi ini saat sedang berada di Jogja. Berikut intip selengkapnya mengenai destinasi satu ini.

Photo by @titania_xu

Alamat dan Rute Menuju ke Taman Sari

Apabila anda berkesempatan untuk mengunjungi Jogja dan ingin datang ke tempat satu ini, maka anda langsung saja datang ke Jalan Tamanan, Patehan Keraton, Kota Jogja.

Untuk lebih mudahnya, lokasinya sendiri yakni berada di sebelah barat Keraton Yogyakarta. Menuju kesini hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit saja dari arah keraton.

Selain itu, jika anda berkunjung ke Taman Sari Jogja tanpa membawa kendaraan pribadi, tak perlu khawatir.

Sebab banyak sekali kendaraan umum yang bisa anda gunakan, mulai dari ojek online, bus trans jogja dan juga becak. Namun, jika anda menggunakan kendaraan pribadi, anda hanya tinggal melaju ke arah barat dari pusat alun alun selatan. Tepatnya melewati jalan Patehan Lor.

Mau ke lokasi tempat nongkrong dan wisata unik di jogja? Sobat tidak perlu kuwatir kami menyediakan rental mobil di Jogjakarta dengan durasi sewa 8 jam.

Capture-sewa-mobil-jogjakarta

Tiket Masuk dan Jam Buka

Selain itu, ketika membahas tiket masuk dan jam buka dari Taman Sari Jogja ini, anda pun bisa datang setiap hari. Akan tetapi perlu diingat jika wisata ini tidak buka dalam waktu yang lama.

Melainkan anda hanya bisa mengunjunginya mulai pukul 8 pagi hingga 2 siang waktu setempat saja. untuk itu, jika anda ingin kesini sebaiknya berkunjung mulai pagi saja agar lebih lama.

Sedangkan untuk tiket masuk dari wisata satu ini terbilang cukup terjangkau. Pasalnya, anda hanya perlu membayar yakni sekitar 13 ribu rupiah saja per orang.

Ditambah lagi, harga tersebut telah termasuk biaya tour guide. Dengan fasilitas yang cukup lengkap, anda pun bisa berlibur kesini meskipun tanggal tua.

Temui juga

Keindahan dan Daya Tarik yang Bisa Anda Temukan Disini

Menginjakkan kaki di lokasi satu ini, anda pun akan langsung disambut dengan kolam pemandian yang ada di Taman Sari Jogja.

Disini, anda akan menemukan tiga buah kolam pemandian yang memiliki tiga nama berbeda dan juga fungsinya pun juga berbeda beda pula. Adapun kolam tersebut adalah umbul pamuncar yang mana berfungsi untuk selir raja.

Kemudian, ada juga umbul kawitan yakni untuk putri dan putra raja serta umbul Panguras yang merupakan kolam untuk raja. Kolam tersebut berhiaskan ornamen air mancur, dimana memiliki bentuk kepala naga dan juga pot yang ada di sekelilingnya.

Ditambah pot di setiap penjuru kolam, anda juga akan menemukan tempat untuk menyalakan dupa dan dinyalakan ketika anggota kerajaan sedang mandi.

Uniknya lagi, di Taman Sari Jogja anda juga akan menemukan Sumur Gumilang. Namun sumur ini bukanlah sumur biasa, tapi merupakan sebuah masjid yang ada di bawah tanah.

Selain itu, Sumur Gumuling yang ada di Taman Sari Jogja ini juga memiliki fungsi yakni sebagai bunker perlindungan untuk Sultan dan juga keluarganya apabila sewaktu waktu terjadi serangan yang berbahaya.

Saat berada di tempat wisata satu ini, anda akan merasa betah lantaran bangunan arsitekturnya yang memang sangat menarik. Karena bangunannya yang apik ini tak mengherankan banyak orang yang datang untuk berfoto.

Baca Juga:

Bahkan beberapa banyak yang menjadikan sebagai lokasi untuk pengambilan gambar pre wedding. Untuk itu, saat di Jogja pastikan untuk mampir dan mengunjungi wisata satu ini.

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments