Labuan Bajo

Goa Batu Cermin

goa-batu-cermin

Goa Batu Cermin adalah spot wisata dimana kamu juga harus mengunjungi goa goa eksotis di Indonesia Timur. 

Definisi Goa/Gua adalah sebuah lubang alami di dalam tanah yang cukup besar dan dalam bisa menjadi pilihan destinasi liburan jika kamu sudah bosan dengan wisata alam pantai dan gunung.

Goa Batu Cermin Labuan Bajo

Laboan Bajo tidak hanya berikan keindahan gunung dan pantainya yang mempesona, wisata alam seperti Goa Batu Cermin juga bisa menjadi tujuan perjalanan liburan kamu.

Goa-Batu-Cermin-Cave

Yuk intip pesona tak terbantahkan Goa di Labuan Bajo pada ulasan berikut.

Mengenal Keindahan Goa Dengan Dinding Berkilau di Labuan Bajo

Memang, Labuan Bajo terkenal dengan wisata baharinya yang tersohor. Tapi tidak ada salahnya kamu mengunjungi wisata alami satu ini. Perjalanan wiata Labuan Bajo kamu akan terasa lengkap dengan mengunjungi goa unik satu ini.

Ketika kamu memasuki Goa ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan sinar matahari yang menyusup ke dalam celah-celah. Sinar inilah yang dipantulkan ke dinding seperti cahaya yang memantul ke cermin.

Pertama kali ditemukan

Goa Batu Cermin ini pertama kali ditemukan pada tahun 1951 oleh seorang Archaeology juga Pastor Belanda bernama Theodore Verhoven. Dahulunya goa ini brada di bawah permukaan laut yang kemudian muncul ke permukaan darat.

Tak heran jika bisa menemukan fosil binatang laut dalam goa ini. Goa favorit wisatawan ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan luas 19 hektar.

Banyak wisatawan yang datang karena ingin membuktikan bahwa dinding memang memantulkan cahaya seperti cermin.

Dinding yang mematul seperti cermin disebabkan karena dinding Goa mengandung banyak garam.

Jika kamu mengunjungi pastikan kamu tidak sendirian dan ditemani oleh seorang pemandu wisata profesional.

Hal ini karena goa memiliki ruang yang sempit dan memiliki kedalaman hingga 20 meter. Meskipun pada siang hari goa ini tetap ramai pengunjung yang berasal dari berbagai lokasi.

Yuk baca juga:

Waktu Terbaik Berkunjungi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Batu Cermin ini adalah pukul 9 hingga pukul 12 pagi.

Waktu tersebut akan membuat kamu bisa melihat sinar matahari yang memantul pada dinding goa. Tentu saja hasil pantulannya sangat cantik dan menakjubkan.

gua-batu-cermin

Apalagi terdapat fosil pada dinding goa yang akan membuat kamu bisa mempelajari bentuk makhluk hidup pada masa lampau.

Sudah bisa membayangkan bagaimana indahnya dinding fosil jika terkena sinar matahari?

Kamu juga bisa menikmati keindahan stalakmit dan skalaktit yang memiliki bentuk unik dan menambah keindahan Goa.

Goa ini lumayan sempit apalagi dengan adanya stalakmit dan skalaktit disekitarnya membuat kamu harus berhati hati.

Hal inilah yang membuat ada pembatasan jumlah pengunjung jika masuk ke dalam goa satu ini. Sekali tur akan memakan waktu sekitar 30 menit dan diperuntukkan bagi 10 pengunjung.

Tidak hanya keindahan goa, daerah sekitar goa juga bisa kamu nikmati. Udara yang masih asri dan dilengkapi dengan tumbuhan hijau, hingga hutan bambu akan memanjakan mata kamu.

Bahkan jika beruntung kamu bisa bertemu dengan monyet berekor panjang.

Bagi kamu pecinta fotografi tentu saja fauna yang kamu temui bisa menjadi sasaran bidik kamera kamu. Mengasyikkan bukan mengunjungi Goa Batu Cermin ini?

Lokasi dan Rute Menuju Goa Unik Labuan Bajo

Goa eksotis di Labuan Bajo ini terletak di Pusat Labuan Bajo, Manggarai Barat.

Akses menuju Goa mudah dijangkau karena, tersedia angkutan umum yang akan mengantarkan kamu dari Bandara Komodo Labuan Bajo hingga menuju Goa.

Gate-gua-batu-cermin

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengunakan taksi hingga ojek untuk menuju lokasi unik satu ini.  Jika kamu ingin melakukan tracking kamu bisa berjalan kaki hingga sampai lokasi.

Berjalan kaki sambil menikmati keindahan alam sekitar membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sementara jika kamu mengunakan alat transportasi yang ada, kamu hanya butuh waktu 15 menit saja.

Semua pilihan ada ditangan kamu, namun pastikan kamu sedang berada di kondisi fisik yang sehat. Sepanjang perjalanan kamu juga bisa berburu spot foto keren untuk membuat dokumentasi atau kenang kenangan kamu semakin cantik.

Retribusi & Guide Lokal

Kamu juga harus membayar retribusi resmi ketika datang ke Goa eksotik ini. Retribusi nantinya sudah termasuk dengan alat keamanan seperti helm yang harus kamu gunakan ketika memasuki Goa.

Sementara untuk menyewa guide kamu harus membayar biaya tambahan. Pastikan kamu selalu mematuhi perkataan guide dan juga memakai alat keamanan yang disarankan selama berada di dalam Goa Batu Cermin ini.

Kesimpulan

Goa Batu Cermin adalah spot wisata paling cocok di kunjungi saat sobat traveling butuh tour land di labuan bajo setelah melakukan full sailing tour di Flores.

Untuk kemudahan kamu bisa melakukan perjalanan ke lokasi dengan mengunakan paket perjalanan menjelajah NTT dari Go Travela Indonesia.

Tidak hanya mengunjungi Goa yang unik ini saja, kamu juga bisa melanjutkan penjelajahan kamu dibeberapa detinasi wisata yang lain.

Seperti:

Maksimalkan liburan kamu dengan mengakses gotravelaindonesia.com segera. Kamu juga bisa mendapat beragam informasi keren lainnya.

Go Travela Indonesia juga sediakan cara pemesanan yang mudah dengan pelayanan terbaik yang akan membantu kamu kapan saja. Website ini juga bisa menjadi solusi transportasi ketika kamu berlibur di beberapa kota menarik di Indonesia.

Kamu hanya tinggal packing dan berangkat tanpa harus memikirkan hal lain dalam satu kali akses. Ayo segera rencanakan liburan kamu dengan website andalan satu ini.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Goa Batu Cermin | Kilauan Dinding Batu Stalagmite Labuan Bajo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.