Larantuka

Agrowisata Ladang Sorgum Flores Timur

Ladang Sorgum Flores Timur

Mengenal Bagaimana Potensi Agrowisata Ladang Sorgum Flores Timur.

Saat ini di berbagai daerah Indonesia timur pengembangan pengelolaan potensi destinasi wisata terus untuk dilakukan.

Hal itu karena negara ini mempunyai kekayaan alam yang sangat banyak dan indah.


gios gotravela

Alfonso giostanov

Giostanov is a tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.


Agrowisata Ladang Sorgum Flores Timur

Contohnya saja Flores, Nusa Tenggara Timur ada ladang sorgum yang menjadi sebagai destinasi agrowisata yang bagus, serta bisa menjadi sumber pendapatan lain bagi penduduk sekitar.

Flores dengan sumber daya wisata indonesia timur sendiri banyak lahan yang cukup tandus, namun sekarang sudah menjadi perdaya menanam sorgum.

Dengan begitu artinya, akan ada cukup banyak tempat yang mempunyai potensi agrowisata ladang Sorgum Flores Timur jika pengembangannya sebaik mungkin.

Desa Kawalelo

Bagaimana Potensi Agrowisata Ladang Sorgum Flores Timur?

Salah satu daerah wilayah Flores Timur yang mempunyai potensi agrowisata ladang Sorgum Flores Timur adalah Likotuden.

Embung Sorgum Likotuden

Dusun yang berada bernama Desa Kawalelo, kurang lebih 23Km dari Kota Larantuka ini tidak hanya terkenal karena mempunyai keindahan alam namun juga karena tanaman sorgum-nya.

Sorgum Varietas Numbu

Tanaman sorgum/sorghum merupakan tanaman sejenis biji-bijian yang serbaguna, yang dapat sebagai sumber pangan dan bahan baku industry.

Terdiri dari 30 spesies dengan 1 spesies yang tumbuh subur di Indonesia khususnya flores timur bernama latin sorgum varietas numbu. Sebagai bahan pangan, tanaman ini berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan jelai.

Ladang sorgum flores timur ini mengandung serat yang tidak larut air atau serat kasar dan serat pangan. Kandungan masing-masing sebesar 6,5% – 7,9% dan 1,1% – 1,23%.

Kandungan protein-nya pun seimbang dengan protein pada jagung yaitu sebesar 10,11% berbanding jagung 11,02%. Begitupun kandungan pati-nya jauh lebih besar 80,42% berbanding dengan jagung.

Keuntungan lainnya sorgum ini tidak ada kandungan gluten.

Tanaman sorghum
Apa Itu Gluten & Dampak Bagi Kesehatan?

Gluten adalah salah satu jenis protein yang terdapat dalam gandum, jagung dan jelai. Masyarakat indonesia sudah tenggelam dalam nikmatnya elasitisitas terigu, karena tingginya gluten.

Hal tersebut yang membuat tepung sorgum sedikit peminat karena tidak adanya gluten beda halnya pada tepung terigu. Protein gluten inilah yang membuat adonan mie, dan roti menjadi elastis.

Menurut riset Aladokter(dot)com

Terlalu banyak makan dari bahan pangan mengandung gluten akan muncul gangguan pencernaan menyebabkan celiac desease ( peradangan yang merusak lapisan usus kecil ).

Jadi alternative tepung sehat untuk konsumsi dan free gluten adalah tepung sorghum. Yang mana memiliki angka glikemik index yang rendah sehingga mendukung tren konsumsi gluten free diet seperti pada negara-negara maju.

Potensi Agrowisata

Potensi agrowisata desa kawalelo ini cukup baik dan kedepan bisa menjadi daya tarik tersendiri jika pemanfaatan dari tanaman ladang sorgum flores timur bisa kita perdaya dengan sebaik mungkin.

Misalnya saja pada cara penanaman tanaman secara benar dan tidak asal-asalan.

Ladang Sorgum Flores Timur
Ladang Sorgum Flores Timur

Penataan ladang sorgum dapat membuat ladang menjadi lebih tertata rapi dan wisatawan nantinya dapat melihat keindahan dari tanaman tersebut dari dekat.

Penataan ladang sorgum flores timur dapat tersusun layaknya penataan tanaman padi dengan ruas-ruas jalan.

Lalu penataan tanaman sorgum juga tertata berpetak-petak terasering seperti halnya sawah.

Wisata Trekking & Instagram-able

Nah dengan adanya jalan-jalan tersebut akan memungkinkan untuk adanya program wisata penyusuran atau trekking bagi para wisatawan layaknya seperti tempat agrowisata yang ada dalam dataran tinggi.

Tidak hanya itu, dengan adanya jalan-jalan trek tersebut, para wisatawan nantinya akan dapat melihat tanaman sorgum dari jarak yang cukup dekat.

Atau bahkan bisa mengambil gambar selfie instagram dalam hamparan ladang tanaman sorgum.

Instagramable Ladang Sorgum

Apalagi Desa Likotuden, tanaman sorgum-nya adalah tanaman yang unik seperti padi-padian dengan tinggi lebih dari satu meter, lalu juga memiliki bulir sorgum.

Belum lagi ada banyak jenis sorgum yang dibudidayakan di desa ini seperti jenis okin, kuwali, super dan numbu.

Masing-masing jenis sorgum tersebut mempunyai keunikan tersendiri mulai dari tinggi yang berbeda-beda hingga warna dari bulir sorgum yang juga berbeda.

find our offer, bila sobat travela membutuhkan moda transportasi ke lokasi sorgum atau kebetulan sedang berlibur pekan suci semana santa larantuka?

Dapatkan sewa mobil pariwisata larantuka harga promo bersama kami.

capture sewa mobil larantuka
Edukasi

Potensi lainnya adalah adanya program panduan bagaimana cara menanam tanaman sorgum. Hal ini juga bisa untuk study tour anak-anak SD, SMP & SMA bersifat formal local/nasional maupun wisata edukasi bersama keluarga.

Wisatawan bisa ikut langsung bersama dengan para warga atau petani tanaman sorgum untuk mencoba menanam tanaman tersebut.

Dengan begitu, agrowisata ladang sorgum flores timur tersebut dapat juga menjadi wisata edukasi yang menambah wawasan bagi para wisatawan.

Read more:

Kesimpulan

Melakukan penataan tanaman sorgum memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Namun selain itu, potensi agrowisata dari tanaman ini dapat lebih berkembang lagi dengan berbagai olahan yang bisa dari tanaman yang satu ini.

Dengan begitu, masyarakat sekitar dapat memberikan berbagai makanan lezat dan unik dari tanaman sorgum, hingga bisa menjadi tujuan wisata kuliner juga bagi para wisatawan.

Tidak hanya itu, hasil olahan dari tanaman sorgum juga dapat sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Potensi agrowisata ladang Sorgum Flores Timur memang jika dikembangkan akan sangat banyak keuntungannya. Terutama bagi para penduduk sekitar yang bisa sebagai sumber pendapatan baru.

Tidak hanya itu, pengembangan agrowisata tersebut dapat juga membantu menaikkan wisata lainnya di daerah tersebut agar lebih banyak pengunjung dan mendatangkan keuntungan.

Mengenal potensi wisata ladang sorgum flores timur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.