Flores

Pulau Rinca Flores | Rinca Island Situs Warisan Dunia UNESCO

Pulau-Rinca-Flores-ntt

Pulau Rinca Flores

Pulau Rinca Flores / Rinca Island

Adanya media sosial memang memberikan dampak yang baik bagi perkembangan wisata di Indonesia. Salah satu tempat wisata yang terkenal berkat adanya media sosial dan masuk dalam salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO adalah Pulau Rinca.

Pulau yang terletak di Kawasan Taman Nasional Pulau Komodo ini merupakan salah satu tempat hits dan instagrammable pada saat ini.

Ramai sekali orang membicarakan tentang penyelamatan Komodo beberapa waktu lalu dan pembangunan akomodasi di daerah Taman Nasional Pulau Komodo pun terus dilakukan.

Loh-Buaya-Komodo-national-park
Komodo National Park
Taman-Nasional-Pulau-Komodo
Kawasan Taman Nasional Komodo Rinca

Hingga berita terupdate rencana penutupan Taman Nasional Komodo oleh Gubernur NTT Viktor Laiskodat selama satu tahun.

Pulau rinca flores dan pulau komodo merupakan tempat habitat komodo purba yang dilindungi dunia. Perbedaan ke-dua pulau habitat komodo ini terletak di kontur geografis pulau tersebut. Dimana Pulau Komodo lebih banyak hutannya, sedangkan di Pulau Rinca lebih banyak savana-nya.

Lokasi Pulau Rinca

Pulau Rinca merupakan salah satu jajaran pulau di Flores barat yang menjadi habitat asli dari binatang purbakala Komodo. Anda bisa mengunjungi Pulau Rinca dengan waktu 2 jam dari Labuan Bajo. Perjalanan tentu saja harus dilakukan dengan menggunakan perahu atau sewa kapal harian di labuan bajo.

Pulau rinca ini menjadi salah satu spot destinasi saat anda mengambil paket sailing tour komodo.

Rinca Island Gate

Sebagai habitat asli dari komodo dan inti dari Taman Nasional Pulau Komodo, Pulau Rinca ini dijaga dengan ketat oleh pemerintah. Pulau ini memiliki luas 190-an km. Meskipun binatang naga purba ini hidup di Pulau Rinca, namun hal tersebut tidak membuat penduduk sekitar takut.

Setidaknya, terdapat 2 kampung yang memiliki penduduk kurang lebih 1000 orang di pulau ini.

Google Map Rinca Island

Kedua kampung tersebut diberi nama Kampung Rinca dan Kampung Karora. Penduduk terbanyak berhuni di Kampung Rinca. Penduduk di Kampung Rinca sendiri memiliki mata pencaharian sebagai seorang nelayan.

Jika Anda ingin mengunjungi Pulau Rinca, Anda pun bisa mendatangi Kampung Rinca dan Kampung Karora untuk bersosialisasi dengan masyarakat setempat.

Selain mengandalkan hasil nelayan yang didapatkan, masyarakat di Pulau Rinca ini mendapatkan penghasilan dari menjual makanan, menjadi tour guide, hingga menyewakan rumahnya untuk menjadi homestay bagi wisatawan yang datang.

Penduduk Rinca yang ramah pun membuat wisatawan yang datang ke Taman Nasional Pulau Komodo menjadi betah.

Pulau Rinca Flores

Rinca-Island-port
Rinca Island Port

Jarak antara Pulau Rinca dan Pulau Komodo pun tidak berjauhan. Namun, ukuran Komodo yang berada di Pulau Komodo lebih besar dibandingkan ukuran Komodo yang berada di Pulau Rinca.

Komodo yang berada di Pulau Rinca pun memiliki sifat yang lebih ganas karena cuacanya terik dan didominasi oleh Padang Savana. Itulah mengapa sering terjadi kasus Ranger diserang Komodo di pulau ini.

Lokasi Pulau Rinca ini sangat nyaman dijadikan sebagai tempat trekking yang tidak akan terlupakan. Anda akan dibuai dan hanyut dalam panorama alam yang memukau dan melihat Komodo dari dekat. Pulau Rinca benar-benar seperti sebuah pulau liar dengan keindahan yang mengagumkan.

Apa Saja Yang Ada di Rinca Island

Untuk mendapatkan perjalanan yang aman, nyaman, tanpa menguras kantong, Anda harus mempertimbangkan tips dan trip menuju Pulau Rinca Flores. Pulau yang berada di Nusa Tenggara Timur ini memang membuat banyak orang merasa penasaran karena adanya binatang purba Komodo yang berada di dalamnya.

Persiapkan beberapa hal berikut sebagai rencana terbaik untuk berlibur di Pulau Rinca.

1.      Transportasi

Perjalanan ke Pulau Rinca terbilang cukup panjang karena Anda harus menuju Bandar Udara Komodo yang terletak di Labuan Bajo. Anda bisa menggunakan jasa travel agen gotravela menuju Pulau Rinca atau open trip. Biasanya, banyak open trip dan operator tur lokal lainnya di Labuan Bajo untuk berkeliling di area Pulau Rinca dan Pulau Komodo.

2.      Akomodasi

Pengunjung biasanya datang ke Pulau Rinca menggunakan kapal Live On Board yang ada tempat tidur di dalamnya. Biaya tergantung besar kecilnya kapal dan durasi Anda menginap. Namun, biaya sewa kapal makanan dan minuman biasanya telah ditanggung oleh pihak open trip.

Pulau Rinca Flores - Mata Komodo Cruises

3.      Aktivitas yang bisa dilakukan

Di Pulau Rinca, Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan warna pasirnya yang merah muda. Anda bisa melihat Komodo dengan lebih dekat di pulau ini.

4.      Berfoto dengan Komodo

mata komodoSetelah Anda membeli tiket masuk di Pulau Rinca, Anda akan mendapatkan pengarahan untuk melihat display dari tengkorak kepala yang menjadi korban dari perburuan Komodo.

Ranger atau pawang Komodo akan memberikan pengarahan kepada Anda untuk tidak jauh-jauh darinya karena Komodo merupakan hewan berbahaya. Anda akan diajak melewati hutan dan Anda bisa melihat binatang Komodo berkeliaran.

Setelah Anda puas berkeliling di Pulau Rinca Flores Situs Warisan Dunia UNESCO, Anda pun bisa beristirahat sejenak di kantin yang telah disediakan di sana.

Pulau Rinca yang termasuk bagian inti dari Taman Nasional Pulau Komodo ini memiliki daya tarik yang sangat luar biasa.

Meski lokasinya cukup sulit untuk ditempuh, namun semuanya akan terbayar ketika telah melihat keindahan yang luar biasa di dalamnya. Melihat Komodo dari dekat, menikmati perbukitan, serta menikmati keindahan laut dari Pulau Rinca.

 FAQ 

Pertanyaan Umum Seputar Pulau Rinca

Berapa biaya untuk ke pulau rinca?

Jika dihitung-hitung biaya berkunjung ke Pulau Rinca tidak terlalu mahal. Sobat backpaker cukup menyediakan dana kurang lebih 3 juta’an saja untuk menikmati keindahan kepulauan komodo dan Pulau Rinca. Coba untuk hunting tiket promo Jakarta – Labuan Bajo.

Berapa tiket masuk National Park Komodo?

Travela harus ketahui tiket masuk pulau rinca dan pulau padar itu jadi 1 harga tiket masuk. Biasanya kunjungan di awali di pulau padar pagi hari lalu ke pulau rinca dengan menunjuki tiket masuk padar tersebut kepada petugas taman nasional komodo.

Jadi penambahan biaya biasanya hanya untuk penyewaan Guide Ranger dengan 1 Ranger menemani max. 5 orang. Total biaya tiket masuk untuk domestic di ke-2 pulau tersebut itu kurang lebih IDR. 120.000 per orang include ranger.

Apakah Pulau Rinca sebagai habitat asli Komodo Benar?

Ya, Pulau Rinca merupakan habitat asli dari binatang purba Komodo selain pulau komodo itu sendiri.
Lebih jelasnya yuk baca Sejarah dan Legenda Komodo.

Pulau ini bahkan merupakan inti dari Taman Nasional Pulau Komodo dengan luas sekitar 190 kilometer persegi.

Penerbangan apa yang bisa digunakan menuju Pulau Rinca?

Untuk menuju ke pulau Rinca, Anda bisa menaiki pesawat dari Jakarta menuju Denpasar. Kemudian, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Labuan Bajo Kabupaten Manggarai Barat.

Airport Labuan bajo merupakan gerbang utama menuju taman nasional pulau komodo.
Kisaran harga tiket yang harus Anda keluarkan kurang lebih 2 juta rupiah untuk ongkos pulang pergi jika dari Denpasar Bali.

Penduduk lokal

Pulau Rinca yang merupakan habitat asli dari si Naga Purba Komodo memiliki luas 198 kilometer persegi.

Pulau ini bisa dicapai menggunakan sewa kapal atau perahu kecil dari Labuhan Bajo Flores. Tempat ini dikenal sebagai tempat yang sangat baik karena tidak ada orang yang mengganggu habitat komodo.

Dengan luas 198 kilometer persegi, pulau ini terdiri dari beberapa dusun yaitu dusun Komodo, dusun Bajo, Dusun beringin baru, Dusun Kukusan, dusun Beringin Jaya, dan dusun Kerora. Tentu saja, Anda bisa menikmati semua keindahan pulau Rinca dalam waktu sehari saja.

Namun jika Anda ingin menikmati waktu lebih lama di Pulau Rinca, penduduk menyewakan rumah atau homestay bagi para wisatawan yang datang. Harga sewanya pun cukup terjangkau.

Tips
Tips berhemat untuk backpacker?

Jika Anda ingin mengunjungi pulau Rinca, tips hemat yang harus dilakukan adalah pergi secara rombongan untuk lebih menghemat biaya. Berikut tipsnya.

  1. Pergi bertiga atau lebih

    Anda bisa pergi bertiga bersama rekan dan sahabat agar bisa sharing biaya perjalanan. Anda bisa berbagi biaya kapal, biaya menginap, bahkan berbagi biaya makan selama berkunjung di Pulau Rinca. Anda bisa menyewa satu kamar hotel saja untuk bertiga dilabuan bajo.

  2. Pilih waktu libur sepekan sehabis Natal dan tahun Baru

    Awal Januari merupakan waktu dimana libur panjang berakhir. Banyak orang yang tidak berpikir untuk melakukan liburan.
    Inilah saatnya melakukan liburan di Pulau Rinca. Banyak maskapai penerbangan yang membanting harga di waktu ini.

  3. Pilih penerbangan Jakarta Lombok

    Penerbangan Jakarta Lombok lebih murah dibandingkan rute Jakarta, Denpasar, Kabupaten Manggarai. Tiket Jakarta Lombok hanya berkisar 500 ribuan.
    Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal dengan biaya yang juga irit dari lombok ke labuan bajo. hanya saja pastinya sharing open trip.

  4. Menyewa kapal bersama gotravela online agent

    Berkunjung ke Pulau Rinca tidak akan lengkap jika tidak pergi berkeliling pulau. Anda bisa menggunakan jasa sewa kapal secara langsung untuk mendapatkan harga lebih murah.
    Jika Anda menggunakan jasa agen, harga yang akan Anda keluarkan pun akan sedikit lebih mahal. tapi hanya di gotravela anda akan mendapatkan harga super promo!!

Persiapkan liburan Anda dan keluarga menuju Pulau Rinca Flores yang merupakan satu-satunya tempat tinggal Komodo di Indonesia. Berkunjung ke Pulau Rinca akan menjadi lebih murah jika Anda menggunakan jasa travel agent atau open trip.

Carilah open trip profesional menuju tempat ini dan dapatkan pengalaman yang luar biasa untuk lebih dekat dengan komodo bersama kami.

“Pulau Rinca Flores” – Rinca Island Situs Warisan Dunia UNESCO

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.