Manado

5 Rekomendasi Tempat Wisata Manado Selain Bunaken

Rekomendasi Tempat Wisata Manado

Halo travela. Artikel kali ini kami akan memberikan Anda rekomendasi tempat wisata Manado yang bisa menjadi tujuan liburan Anda.

Saat merencanakan liburan ke Manado, apa nama tempat wisata yang langsung masuk ke dalam daftar Anda?

Besar kemungkinan kalau Bunaken pasti berada di daftar teratas Anda.

Sebenarnya masih ada berbagai tempat wisata Manado yang sama-sama cantik dan memukau, lho! Apa saja, ya? Yuk kita cari tahu di bawah ini ya.


titani-avatar

Titani

e-commerce spvr at Go travela. She love traveling and read novels of Sherlock Holmes.


Tempat Wisata Manado

Kita tentunya tahu dan bangga akan keindahan dan kekayaan alam laut di salah satu province di bagian utara republik ini. Manado adalah ibu kota dari Provinsi Sulawesi Utara. Kota Manado memiliki 11 kecamatan juga 87 kelurahan dan desa.Terletak di Teluk Manado, kota ini dikelilingi oleh daerah pegunungan.

Manado menjadi kota yang tersibuk kedua di Pulau Sulawesi setelah Kota Makassar. Kota ini memang banyak menawarkan ragam objek wisata. Mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga sejarah yang tidak boleh Anda lewatkan.

Objek Wisata Selain Bunaken

Jika Anda mendengan Manado mungkin yang terlintas pada pikiran Anda adalah Bunaken. Ya, Manado memang sangat terkenal dengan wisata baharinya yang sangat memesona. Apalagi Bunaken ini. Taman laut yang menjadi warisan dunia UNESCO ini memang memiliki keindahan bawah laut yang sangat memukau.

Selain itu, yang menjadikan Taman Laut Bunaken begitu terkenal karena memiliki kekayaan biodiversitas tertinggi di dunia. Kali ini, kami akan memperkenalkan kepada Anda 5 rekomendasi tempat wisata Manado selain Bunaken yang patut untuk Anda kunjungi juga. Sehingga saat Anda main ke Manado tak melulu pergi ke Bunaken. Ini dia :

Pulau Siladen

Pulau Siladen Wisata Manado

Pulau Bunaken memang sudah tak perlu diragukan lagi keindahannya, baik di atas maupun bawah permukaan laut. Meski begitu, bukan berarti pulau-pulau lain di sekitar Manado lantas tak perlu Anda kunjungi, lho! Soalnya, masih ada banyak pulau di seputar Manado yang sama-sama cantik, seperti Pulau Siladen yang punya pantai berpasir putih ini.

Apalagi, Anda juga bisa menikmati pesona terumbu karang di bawah permukaan air laut nan jernih di sini. Jadi, kalau Anda yang sudah berniat ingin menghabiskan waktu untuk snorkeling atau diving di Manado, Pulau Siladen jelas merupakan tempat wisata Manado yang wajib Anda sambangi!

Pantai Patokan

Pantai Patokan

Punya impian liburan di Pantai Navagio yang berada di Pulay Zakynthos, Yunani, tapi biayanya masih belum terkumpul? Tak perlu menunggu sampai tua untuk bisa menikmati sendiri keindahan Pantai Navagio, karena Anda bisa kunjungi “saudaranya” di Manado, tepatnya di Pantai Patokan.

Dikepung oleh dua tebing, Anda bisa temukan sebuah laguna berwarna turkuis yang berpadu dengan pantai pasir putih yang pasti Instagram-able! Meskipun perjuangan Anda untuk mencapai Pantai Patokan yang berada di Tanjung Silar, Kabupaten Bolaang Mongondow ini terbilang berat karena medannya. Namun segala kesulitan tersebut pasti terbayar lunas, kok!

Pulau Lihaga

Pulau Lihaga Wisata Manado

Ingin mengalami sendiri kira-kira seperti apa rasanya punya pulau pribadi? Kalau iya, Pulau Lihaga ini jelas harus masuk dalam daftar tempat wisata Manado yang wajib Anda datangi! Pulau Lihaga ini tidak dihuni oleh manusia, sehingga kawasannya sudah terjamin masih alami dan bersih.

Pulau kecil ini adalah lokasi sempurna bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu sejenak bersantai di tepi pantai berpasir putih sambil menikmati suara gemuruh ombak dari lautan berwarna biru kehijauan yang cemerlang.

Plus, Anda juga bisa temukan beberapa spot untuk menyelam maupun snorkeling karena lingkungan alam lautnya pun masih terjaga dengan sangat baik.

Gunung Tumpa

Gunung Tumpa Manado

Bosan bermain di pantai dan laut? Tenang saja, karena wisata alam di Manado sebenarnya tak hanya soal pantai dan laut, kok! Nah, rekomendasi tempat wisata Manado selanjutnya ada Gunung Tumpa yang berdiri dengan gagahnya.

Dan di puncaknya, Anda bisa menyaksikan pemandangan Kota Manado yang membentang seolah tanpa batas, plus Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua, lho! Bukan hanya itu saja, Anda pun bisa menikmati Manado dari ketinggian dengan cara yang berbeda dan jauh lebih seru, yaitu dengan paralayang. Tertarik mencobanya?

Taman Laut Pulau Tumbak

Taman Laut Pulau Tumbak

Selain Bunaken, tahukah Anda kalau Manado pun memiliki taman laut lainnya yang tak kalah menakjubkan? Namanya adalah Taman Laut Tumbak, yang memadukan keindahan pulau kecil dengan pantai berpasir putih, air laut biru yang jernih dan berkilau, serta keanekaragaman hayati yang terawar dengan sangat baik di bawah permukaan air laut.

Di sini, Anda bisa temukan setidaknya 20 spot selam dan snorkeling, plus kesempatan untuk menyaksikan sendiri sea fan coral yang cantiknya luar biasa.

Itulah daftar tempat wisata Manado selain Bunaken yang pantas masuk dalam daftar kunjungan Anda setibanya di sana nanti. Dari daftar di atas, mana yang paling menarik perhatian Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.