Taman Laut Bunaken Manado

Taman Laut Bunaken Manado

Berlokasi di Sulawesi Utara, Taman Laut Bunaken Manado menghadirkan macam-macam aktivitas untuk wisatawan yang senang bereksplorasi. Misalnya saja mempelajari kehidupan biota laut yang hanya bisa Anda jumpai di Indonesia.

Faktor ini pula yang mengundang wisatawan lokal maupun domestik mampir untuk menjelajahi langsung salah satu objek wisata di Manado yang mengagumkan ini.

Photo via Widya

Rekomendasi Bagi Pecinta Diving dan Snorkeling

Kemudahan dalam mengakses titik diving dan snorkeling adalah alasan utama yang menarik wisatawan datang ke Taman Laut Bunaken. Jika membutuhkan rekomendasi, berikut beberapa lokasi yang dapat Anda sesuaikan dengan preferensi pribadi:

  • Fukui Point

Berasal dari seseorang berkebangsaan Jepang, Fukui Point adalah rumah dari fauna-fauna unik seperti belut moray berbintik putih, kerang raksasa, sailfing tangs, hingga red-tooth tigerfish. Anda pun tak akan menjumpai terumbu karang saat mampir ke titik selam wisata laut Bunaken ini, melainkan lereng menurun yang rendah nan curam.

  • Likuan

Ada tiga titik selam yang bisa Anda kunjungi di Lukuan. Likuan 1 dan 2 adalah tempat-tempat yang cocok bagi Anda yang belum berpengalaman dalam menyelam. Wisatawan juga berkesempatan bertemu aneka ikan hingga hiu di sini. Sementara Likuan 3 merupakan tempat snorkeling yang akan mempertemukan Anda dengan terumbu karang, koral kipas laut, hingga spons berukuran besar.

  • Muka Kampung

Namanya memang terbilang unik, tetapi Muka Kampung menawarkan variasi medan bawah laut dalam wisata laut Bunaken. Jenis hewan yang bakal Anda lihat pun agak berbeda dari lokasi-lokasi sebelumnya. Misalnya saja ulat laut yang kerap melewati terumbu karang dendronephthya, penyu besar, lobster, hingga moorish idols dan napoleon wrasses.

  • Celah-celah

Berikutnya ada Celah-celah yang bertempat di bagian selatan Pulau Bunaken. Anda harus hati-hati saat menyelam di sini karena arus permukaan lautnya yang cukup besar. Meski begitu, Celah-celah menyuguhkan panorama bawah laut yang mengesankan. Sebut saja pari elang sampau hiu karang yang kerap berenang di antara ganggang-ganggang yang menyaputi dinding laut.

  • Muka Gereja

Berada di Pulau Manado Tua, Muka Gereja mempunyai perairan tenang dan visibilitas baik sebagai titik diving serta snorkeling Taman Laut Bunaken. Selain bisa menjumpai hewan-hewan laut seperti white tip sharks, sorpionfish, hingga spotted eagle rays, Anda juga dapat melihat pulau vulkanik saat naik kembali ke permukaan.

Taman Laut Bunaken
Photo via cntraveler

Peraturan baru di Taman Laut Bunaken

Sebelum menjalajahi Taman Laut Bunaken, Anda perlu memperhatikan peraturan baru yang berlaku sejak Maret 2018. Kebijakan tersebut menyebutkan setiap turis wajib menanam terumbu karang sebagai bentuk pelestarian biota laut di Bunaken.

Salah satu alasan yang mendasari penetapan aturan ini adalah rendahnya kesadaran wisatawan akan kondisi terumbu karang yang kian memburuk. Oleh karena itu, sembari menikmati wisata laut Bunaken, Anda dapat berkontribusi menyelamatkan terumbu karang dengan mempercepat restorasi melalui penanaman di sana.

Kemudian, supaya program tersebut berjalan lancar, pengelola Taman Laut Bunaken berupaya mensosialisasikannya dengan sejumlah agen travel. Tujuannya adalah menyiapkan wisatawan yang hendak datang ke Bunaken. Mereka pun menyediakan lokasi pembibitan yang dapat Anda kunjungi untuk menanam terumbu-terumbu karang tersebut.

Anda juga tak perlu mencemaskan cara penanaman terumbu karang, sebab pengelola taman laut siap membimbing sesuai prosedur. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan aktivitas di sana, termasuk untuk diving dan snorkeling.

Baca juga ini guys :

Semoga Anda dapat mengikuti berbagai kegiatan wisata laut Bunaken selama liburan sekaligus melestarikan lingkungan bawah laut di sana!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *