Sumbawa

Wisata Dompu Sumbawa | 10 Rekomendasi Wajib Anda Kunjungi

Rekomendasi-Wisata-Dompu-Sumbawa

Wisata Dompu Sumbawa

Tak berlebihan jika wisata dompu sumbawa di Nusa Tenggara Barat disebut surganya pecinta wisata alam. Pasalnya, provinsi ini memiliki banyak sekali daerah yang menyimpan keindahan luar biasa.

Anda mungkin sudah familiar dengan keindahan Pulau Lombok akan Gili Trawangan dan tiga gili-nya atau juga Pesona Gunung Rinjani. Selain itu, ternyata jika Anda melanjutkan perjalanan ke arah timur, ada kabupaten Dompu yang juga menawarkan destinasi wisata alam menakjubkan. Anda penasaran apa saja kira-kira wisata Dompu Sumbawa? Berikut informasi lengkapnya untuk Anda.

Destinasi Wisata Dompu

Beberapa wisata Dompu Sumbawa berupa air terjun, gunung, pantai yang wajib Anda kunjungi, antara lain:

1. Bukit Matompo

Melihat pemandangan dari ketinggian memang selalu menakjubkan. Saat berkunjung ke Dompu Anda bisa merasakannya dengan mendaki Bukit Matompo. Tak perlu khawatir, masyarakat sekitar telah memasang tangga dari kayu yang bisa mempermudah Anda untuk mencapai puncak bukit dengan tinggi 100 meter ini.

Bukit Matompo

Bukit Matompo memiliki rumput hijau yang tumbuh subur. Anda dapat duduk santai di sana sembari menikmati indahnya hamparan laut lepas serta Gunung Pandora. Waktu terbaik untuk ke wisata Dompu NTB ini adalah sore hari, karena saat itu Anda akan disuguhkan pemandangan langit jingga khas matahari terbenam.

Tertarik untuk datang? Lokasi Bukit Matompo berada di desa Mbuju, kecamatan Kilo. Anda tak perlu mengeluarkan uang sepeser pun untuk tiket masuk alias gratis.

2. Gunung Tambora

Belum sah rasanya ke Dompu jika tak berkunjung ke Gunung Tambora. Pasalnya, gunung dengan ketinggian 2.851 mdpl ini adalah ikon tempat wisata Dompu Sumbawa. Ada dua jalur pendakian yang bisa Anda lewati, yakni rute dari desa Pancasila dan Doro Ncanga (Kawinda Toi). Bagi Anda yang masih pemula, sebaiknya memilih jalur Pancasila.

Gunung-Tambora-Sumbawa

Selama perjalanan dijamin Anda tak akan terlalu lelah, karena indahnya pemandangan kebun kopi, tumbuhan paku, serta tanaman perdu lainnya.

Namun, jangan lupa untuk mematuhi segala peraturan pendakian, seperti tidak memaksakan diri saat lelah, menjaga ucapan, tidak membawa bekal terlau banyak, tidak merusak atau mengotori, dan lain sebagainya.

Sesampainya di puncak, Anda akan disuguhkan pesona kawah besar yang memukau. Kawah ini dikelilingi hamparan pasir, lengkap dengan bunga edelweiss.

3. Air Terjun Di Sori Oi Marai

Setelah turun dari Gunung Tambora, sempatkan waktu untuk melipir ke Air Terjun Di Sori Oi Marai yang berada di kaki gunung. Air terjun yang mendapat julukan air terjun bidadari ini diapit oleh perbukitan rindang.

oi-marai-waterfall

Kemudian, dari tebing setinggi 25 meter itu air terjun begitu deras dan tak pernah kering meskipun musim kemarau. Di bawahnya terdapat sungai jernih dan dingin yang mengalir hingga pemukiman warga. Anda dapat berenang atau sekadar bermain di sungai tersebut.

Bagi Anda yang ingin memasuki destinasi wisata Dompu Sumbawa ini harus membayar tiket masuk Rp 5.000 bagi dewasa maupun anak-anak.

4. Air Terjun Panca Saneo

Air Terjun Panca SaneoAir terjun tampaknya menjadi andalan tempat wisata Dompu Sumbawa NTB . Sebab kabupaten ini memiliki banyak air terjun dengan keunggulan berbeda-beda, salah satunya Air Terjun Panca Saneo.

Pertama kali datang, Anda akan dibuat terpukau dengan tebing setinggi 75 meter. Debit air yang mengalir cukup deras, jernih dan dingin.

Berada langsung dibawahnya akan memberi sensasi tersendiri.

Selain itu, pemandangan di sekililing tebing juga tak kalah cantik. Pepohonan rindang yang dihinggapi aneka burung. Jangan sampai Anda lupa mengabadikan momen itu.

Lokasi Air Terjun Panca Saneo berada di desa Sanea, kecamatan Woja.

Tidak ada biaya masuk ke air terjun ini. Namun, ada retribusi parkir yang berlaku saat akhir pekan sebesar Rp 10.000.

5. Air Terjun Ncanga Tolu

Sesuai dengan namanya, air terjun ini memiliki 3 cabang dengan volume berbeda. Dua cabang bersebelahan dan satu cabang lagi sedikit jauh. Masing-masing memiliki kolam kecil dibawahnya. Anda bisa berenang disitu dan rasakan betapa dinginnya Air Terjn Ncanga Tolu.

Air Terjun Ncanga Tolu
Foto disunting dari lemboade12(dot)blogspot

Daya tarik lain di sini adalah adanya batu-batu besar disepanjang aliran sungai. Para wisatawan biasanya memanfaatkan batu tersebut untuk berfoto. Perpaduan sungai, batu besar, dan pepohonan rindang di Air Terjun Ncanga Tolu memang bisa membuat foto Anda terlihat instagrammable.

Ingin segera ke salah satu objek wisata Dompu Sumbawa ini? Letaknya berada di desa Tembalae, kecamatan Pajo. Harga tiket masuknya cukup murah, yakni Rp 5.000.

6. Pantai Lakey

Anda pecinta surfing atau selancar? Dompu menawarkan Pantai Lakey sebagai tempat terbaik. Setiap hari pantai ini dipenuhi para peselancar lokal dan mancanegara yang mengincar keganasan ombak dengan arah sapuan ke kiri.

Pantai Lakey terkenal dengan 4 jenis ombak yang memiliki karakteristik berbeda, yaitu Periscope, Lakey Pipe, Cobble Stones, dan Lakey Peak. Tak heran, pantai ini sering menjadi tuan rumah untuk perlombaan surfing internasional.

Lakey-waves-Sumbawa

Selain beselancar, pantai ini juga tempat terbaik untuk melihat keindahan sunset maupun sunrise. Bisa dibayangkan, betapa nikmatnya melihat suasana langit jingga dengan duduk santai di atas hamparan pasir putih nan lembut. Lokasi Pantai Lakey terletak di Jambu, Pajo. Untuk memasuki wisata Dompu Sumbawa ini Anda harus membayar tiket Rp 15.000.

7. Pantai Ria

Destinasi wisata Dompu Sumbawa selanjutnya yang tak boleh terlewatkan adalah Pantai Ria. Air lautnya jernih kebiruan dengan ombaknya yang tenang, sehingga Anda bisa berenang dengan aman. Pantai dengan pasir hitam ini belum banyak dikunjungi wisatawan.

Cocok sekali untuk Anda yang ingin mencari suasana tenang. Sementara bagi Anda yang tak ingin hanya duduk santai bisa mencoba aneka permainan pasir bersama keluarga. Lupakan sejenak segala kesibukan dengan liburan menggembirakan di salah satu wisata Dompu Sumbawa ini.

Lokasi Pantai Ria berada di desa Wira, kecamatan Woja. Sementara harga tiket masuk yang harus dibayar sebesar Rp 15.000.

8. Pulau Satonda

Kabupaten Dompu memang surganya pulau-pulau kecil nan cantik, salah satunya Pulau Satonda. Untuk sampai ke sini Anda pelu menyebrang menggunakan perahu dari pelabuhan Nangamiro. Waktu perjalanan sekitar 1 jam dengan biayanya sebesar Rp 25.000.

Wisata-Dompu-Sumbawa-Satonda-Island
Satonda Island

Sesampainya di pulau ini Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih yang bersih dan mempesona. Sementara pantainya begitu jernih dengan beragam biota laut cantik di dalamnya. Mulai dari karang Labophyton sp, Nephtea sp, penyu sisik, serta beragam ikan hias lainnya.

Cocok sekali bagi Anda pecinta snorkeling. Tak hanya pemandangan pantai, Anda juga dapat menyaksikan pesona Gunung Satonda yang diyakini lebih tua dari Gunung Tambora.

Hal menarik di tempat ini adalah keberadaan beberapa pohonn Kalibuda. Masyarakat sekitar mempercayai bahwa pohon tersebut dapat mengabulkan harapan dengan cara menggantungkan apapun yang dimiliki, kemudian memanjatkan doa. Tak heran, di pohon ini banyak sekali benda-benda yang bergantungan, seperti sepatu, bungkus rorok, dan masih banyak lagi.

9. Pulau Nisa Pudu

Tak kalah cantik dengan Satonda, ada Pulau Nisa Pudu yang juga mempesona dan diminati banyak wisatawan. Lokasinya berada di Teluk Saleh. Pantai di pulai ini memiliki air jernih dengan warna hijau tosca. Bagi Anda yang ingin snorekeling atau berenang bisa dibagian selatan yang lebih landai dan tenang.

Daya tarik Pulau Nisa Pudu adalah pada waktu tertentu Anda bisa melihat kawanan anak hiu yang berenang ke sana ke mari. Dijamin bisa jadi pengalaman liburan yang tak terlupakan.

10. Padang Savana Doro Ncanga

Bagi Anda yang ingin menikmati liburan di padang savana tak usah jauh-jauh pergi ke Afrika. Di Dompu sudah ada Padang Savana Doro Nganca yang tak kalah menakjubkan. Di sini Anda dapat menyaksikan hamparan padang rumput yang tumbuh subur lengkap dengan beberapa hewan, antara lain sapi, kerbau, dan kuda. Udaranya begitu sejuk, karena memang lokasinya berada di kaki Gunung Tambora.

Wisata Dompu Sumbawa Padang Savana

Waktu terbaik untuk berlibur ke Padang Sava Doro Nganca adalah saat diadakan Festival Pesona Tambora. Di dalamnya Anda dapat melihat pertunjukan tari kolosal yang menceritakan peristiwa meletusnya Gunung Tambora tahun 1815 silam.

Demikian destinasi wisata Dompu Sumbawa yang bisa Anda kunjungi. Semuanya menawarkan keindahan yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Segera ajak keluarga dan kerabat untuk pergi ke wisata Dompu yang sudah dipaparkan di atas. Sebab kunjungan Anda adalah bagian dari memajukan pariwisata dalam negeri, terutama kabupaten Dompu, Sumbawa.

Cheers – gotraveladmin +6281999 565 666 | Wisata Dompu Sumbawa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.