Wisatawan Jatuh dari Tebing Broken Beach Bali

Wisatawan Jatuh dari Tebing Broken Beach

Kabar cukup memprihatinkan dari jagad wisata. Mengutip detik.travel, (22/11/2022) telah terjadi kecelakaan wisatawan jatuh dari tebing Broken Beach Bali pada Senin, (21/11). Korban berinisial AK jatuh terperosok dari tebing berketinggian 40 meter. Akibat kejadian ini, wisatawan asal Tomohon, Sulawesi Utara itu mengalami luka pada tangan dan kaki.

Mau Foto Malah Jatuh

Kejadian tersebut bermula saat AK ingin berselfie di pinggir tebing Broken Beach. Sialnya, ia malah  jatuh ke dasar pantai. “Korban jatuh dari ketinggian 40 meter ke dasar pantai,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Bali Gede Darmada seperti Gotravela kutip dari detik bali. Kejadian tersebut, menurut saksi pemandu wisata, terjadi pada sekitar pukul 09.30 WITA.

Evakuasi Cukup Lama

Korban yang mengalami luka pada kaki dan tangannya baru berhasil di evakuasi pukul 15.15 WITA. Lambannya proses evakuasi ini lantaran medan yang sulit. Posisi korban juga terhalang semak belukar, sehingga petugas SAR mengalami kesulitan menjangkaunya. Selain itu, ombak besar juga menjadi kendala lain lamanya proses evakuasi wisatawan jatuh dari tebing Broken Beach tersebut.

“Awalnya satu personel diturunkan dan selanjutnya menyusul satu personel dengan membawa tandu (berhasil). Kami berikan penanganan awal untuk mengurangi pendarahan cedera kaki dan tangan. korban (berhasil) ditarik ke atas dengan menggunakan tandu,” jelas Darmada. Meski evakuasi berjalan lama, beruntung korban ditemukan dalam keadaan sadar. Usai evakuasi, korban lalu dibawa ke Klinik Nusa Medika menggunakan ambulans.

Broken Beach

Sementara itu, Broken Beach adalah sebuah pantai yang tak biasa di Bali. Umumnya pantai memiliki garis pantai memanjang dan datar. Akan tetapi, Broken Beach atau yang masyarakat setempat sebut sebagai Pasih Uug (pantai rusak) ini dikelilingi tebing setinggi 50-200 meter. Air laut masuk ke tebing lantaran proses abrasi selama ratusan tahun. Air laut yang tertampung di dalamnya ini membuat penampakan pantai seperti kolam raksasa. Di sini, Sobat Travela bisa melihat ikan pari manta dan aneka ikan lainnya.

PELAJARAN PENTING!

Oleh karena bentuk pantainya yang tak biasa itu, Sobat Travela harus tetap berhati-hati saat berkunjung ke tempat ini. Pastikan untuk mengikui imbauan keamanan dari guide atau pengelola wisata setempat. Dengan demikian kejadian wisatawan jatuh dari tebing Broken Beach sebagaimana kabar di atas tak perlu ada lagi. Masih beruntung kejadian itu tak membuat nyawa melayang. Jika Sobat Travel membuka Google News tentang kecelakaan akibat selfie, bahkan ada yang sampai merenggut nyawa. Hal ini seharusnya menjadi pelajaran penting bagi kita semua untuk tetap mengutamakan keselamatan dalam berlibur. Jangan sampai hanya karena memburu spot foto yang ciamik dan ingin pamer foto liburan yang berbeda, tetapi malah celaka. Tentu, imbauan ini tidak hanya untuk piknik di Broken Beach, tetapi juga di destinasi wisata lain di mana pun.(y)

Share with care
0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments