Nusa Penida

Legenda Dan Sejarah Nusa Penida

Legenda-Dan-Sejarah-Nusa-Penida

Sejarah Nusa Penida

Setelah membahas legenda Nusa penida diatas maka kini dilanjuti waktunya kita fokus membahas sejarah Nusa Penida beserta fakta uniknya. Nusa Penida yang merupakan Tempat Tahanan Dinasti Gelgel.

Dinasti Gelgel sendiri merupakan salah satu kerajaan yang terdapat di Pulau Bali. Kerajaan ini konon juga pernah menguasai Lombok.

Dinasti Gelgel

Di pulau Nusa Penida ini, terdapat tempat tahanan Dinasti Gelgel yang diperkirakan dipenjarakan di awal abad ke-18—saat zaman penguasaan di tangan kerajaan Majapahit.

Klungkung Palace Legenda Dan Sejarah Nusa Penida

Usut punya usut, ternyata sebelum adanya kedatangan Majapahit, Dinasti Gelgel-lah yang berhasil menguasai wilayah Nusa Penida.

Dinasti ini menaklukan Nusa Penida dengan membunuh rajanya yang terakhir, Dalem Nusa.

Meski ia adalah raja pungkasan, tetapi namanya tak akan luput dalam sejarah Nusa Penida.

Kesepakatan Dalem Watu Renggong

Dari sejarah pemakaian Benang Tridatu, maka bisa diketahui bahwa pada abad ke 14 sampai 15, Raja Bali yang memang berkuasa saat itu adalah Dalem Watu Renggong dan berhasil menguasai Dalem Nusa atau Dalem Bungkut.

Dengan hal tersebut, maka terjadilah kesepakatan tertentu antara pihak Dalem Nusa dengan Dalem Bali yang menyatakan bahwa nantinya Dalem Bali yang akan mendapatkan kekuasaan dari Dalem Nusa.

Selain itu, terdapat pula perjanjian bahwa Ratu Gede Macaling akan selalu melindungi semua masyarakat Bali atau umat Hindu.

Upacara nusa penida

Namun ketika tahun 1621, diketahui bahwa Dalem Sagening (Bali) telah memberikan suatu perintah pada I Gusti Ngurah Jelantik untuk mengarahkan pasukan Gelgel yang nantinya akan menaklukkan penguasa Nuda Penida yang sedang memberontak.

Kyai Jelantik

Pada akhir sejarahnya, Nusa Penida pun kembali normal dan tenteram. Hal ini disebabkan karena Kiyai Jelantik berhasil memadamkan pemberontakan besar di Nusa Penida.

Karena itulah, Dalem Di Made akhirnya memberi penghargaan pada Kyai Jelantik.

Demikian sekilas dari rangkuman singkat mengenai legenda dan sejarah Nusa Penida. Semoga wawasan ini akan memperkaya khasanah sejarah Anda tentang Bali, tentu melengkapi pengalaman Anda melancong di Nusa Penida.

Tag: Sejarah Nusa Penida¸ Nusa Penida, Legenda Nusa penida, Nusa Ceningan, Nusa Lembongan, Selat Badung,  Bali.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Gotravela | Legenda Dan Sejarah Nusa Penida