Bali

Atraksi Makotek Di Desa Munggu | Prosesi Sejarah Tanah Badung

Makotek di desa munggu

Makotek di desa munggu

“Makotek di desa munggu badung bali”

Bali merupakan salah satu pulau yang berada di Indonesia. Banyak orang mengatakan bahwa Bali adalah pulau dengan seribu keindahan alam. Jika berbicara tentang bali yang pertama kali terlintas di kepala adalah berbagai macam wisata alam dan budaya yang sangat kaya.

Misalnya saja Tari Kecak yang sangat terkenal. Namun selain tari Kecak, ada kebudayaan lain yaitu Atraksi Makotek di Desa Munggu.

Mekotek munggu tradisi perang kayu ini merupakan salah satu tradisi yang ada di pulau bali dan tetap terlestari hingga saat ini. Mekotek sendiri memiliki arti dan diambil dari kata “tek-tek” yang merupakan bunyi khas kayu yang di-adu satu sama lain hingga menghasilkan suara tek-tek.

Tentang Atraksi Makotek

Atraksi Makotek di Desa Munggu merupakan salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan baik local atau pun wisatawan asing. Atraksi Makotek ini terletak di Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali.

Atraksi Makotek ini sangat menarik untuk dikunjungi karena atraksi ini memiliki daya tarik tersendiri. Makotek di Desa Munggu ini dirayakan secara rutin setiap 6 bulan sekali sesuai kalender Hindu yang lebih tepatnya 10 hari setelah Hari Raya Kuningan.

Makotek di desa munggu

Prosesi budaya lokal yang dilangsungkan di Desa Munggu ini juga dikenal dengan istilah masyarakat setempat ngerebek dan prosesi ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memohon keselamatan. Prosesi ini pernah dihentikan pada masa penjajahan Belanda di tahun 1915 karena khawatir terjadi pemberontakan. Namun saat prosesi dihentikan, terjadi wabah penyakit dan terjadilah perundingan yang cukup berat. Setelah terjadi perundingan, ijin prosesi Atraksi Makotek di Desa Munggu kembali di berikan.

Sejarah Atraksi Makotek

Awalnya, pada zaman kerajaan, prosesi ini merupakan acara sambutan rakyat yang sangat mengelu-elukan pasukan kerajaan Mengwi dan bertujuan memberikan semangat yang saat itu pasukan kerajaan Mengwi datang dari Jawa setelah membawa kemenangan melawan raja Blambangan. Namun perayaan ini berkembang menjadi sebuah tradisi yang bisa ditemukan sampai sekarang.

Prosesi Atraksi Makotek

Prosesi Atraksi Makotek

Saat pelaksanaan prosesi, para peserta makotek di desa munggu wajib untuk mengenakan pakaian adat Madya dan berkumpul di pura dalem munggu. Disanalah prosesi dilakukan, diawali bersembahyang bersama dan ucapan terima kasih atas hasil bumi perkebunan dan semua usaha-usaha yang telah dijalankan. Setelah sembahyang selesai, peserta melakukan pawai menuju sumber air yang ada di kampung.

Warga yang mengikuti prosesi dibagi ke dalam beberapa kelompok yang setiap kelompoknya terdiri dari 50 laki-laki dewasa dengan membawa tongkat masing-masing. Semua peserta mengadu tongkat yang dibawa sehingga berbentuk kerucut yang menimbulkan suara ‘tek’ sembari berjingkrak dan berputar mengikuti alunan gamelan.

Mereka yang berani akan naik ke puncak tongkat yang  diadu dan jika berhasil berdiri di atas, maka orang tersebut seperti menjadi seorang komandan pasukan yang memberikan komando untuk melawan kumpulan tongkat dari kelompok peserta yang lainnya.

Jalan Menuju Atraksi Makotek di Desa Munggu

Jika Travela ke Bali tidak membawa kendaraan pribadi atau tidak ingin menyewa kendaraan, untuk menuju ke sana, Anda bisa memakai kendaraan umum sebagai alat transportasi untuk bisa menikmati atraksi makotek.

Jalan Menuju Atraksi Makotek di Desa Munggu

Travela bisa naik bis umum atau angkutan yang lain dengan tujuan terminal bus kota Mengwi. Jika sudah berada di terminal bus kota mengwi, anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan ojek menuju Desa Munggu sampai ke lokasi atraksi makotek.

Jika travela menyewa atau menggunakan kendaraan rentalan, anda bisa menyewa rental mobil matic di bali, sewa mobil promo di bali dengan driver atau juga bagi backpackers bias sewa motor di bali bersama kami. Namun jika tidak, anda bisa memanfaatkan aplikasi pemandu arah seperti Google Maps yang ada di smartphone anda. Ikuti petunjuk yang diberikan dan anda akan sampai di Desa Munggu untuk menikmati atraksi prosesi makotek.

Itulah sedikit ulasan tentang Atraksi Makotek di Desa Munggu. Sebelum berangkat, siapkan terlebih dulu semua yang dibutuhkan agar liburan Anda menjadi lebih menyenangkan. Semoga halaman ini bermanfaat.

 

Salam Pariwisata

Alfonso giostanov 0853333 99175 | Atraksi Makotek di Desa Munggu

 

Atraksi Makotek Di Desa Munggu | Prosesi Sejarah Tanah Badung
4.2 (84%) 5 votes