lombokWisata lombok

Pantai Tanjung Aan Lombok | Pantai Kisah Putri Mandalika Nyale Festival

Pantai tanjung aan

Pantai Tanjung Aan Lombok

“Pantai Tanjung Aan Kisah Putri Mandalika”

Pulau Lombok menawarkan banyak destinasi wisata pantai yang elok dan mengagumkan apalagi pantai yang ada dibagian selatan pulau ini. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Aan. Keindahan dan exotic pantai ini dapat menjadi salah satu alternative daftar keranjang wisata anda.

Pantai tanjung aan berhadapan langsung dengan samudera hindia, mempunyai garis pantai yang melengkung panjang sekitar 2 km jaraknya.

Pantai tanjung aan lombok

Pantai ini berada dalam kawasan mandalika yang telah menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), kawasan ini diresmikan pada hari jumat 20 October 2017 oleh Presiden Joko Widodo.

Kawasan ekonomi khusus mandalika yang diusulkan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dengan harapan bisa memutar roda perekonomian masyarakat sekitar dan menjadi kawasan potensi pariwisata bertaraf internasional.

Pantai tanjung aan memiliki cerita legenda yang menjadi budaya kearifan lokal dipercaya merupakan tempat asal muasal dari Putri Mandalika putri cantik jelita asal Tunjung Bitu yang memilih menjadi Nyale untuk menyelamatkan kerajaannya.

 

Pantai berpasir seperti biji merica

Hal berbeda akan anda rasakan ketika menginjakkan kaki dipantai ini adalah tekstur pasirnya yang tidak umum dengan kebanyakan pantai lainnya. Dimana pasir pantai biasanya butiran kecil dan halus tetapi disini butiran pasirnya berbentuk bulat-bulat besar seperti layaknya biji merica.

Sehingga sebagian masyarakat lokal menyebutnya sebagai pantai merica atau pantai tepung.

 

Pantai Merica Tanjung Aan
Butiran pasir berbentuk bulat besar seperti merica

Konstruktur pantai yang landai serta ombaknya yang tenang membuat lokasi ini menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan lokal maupun dunia.

Warna biru tua dan hijau tosca air laut nan jernih akan membuat decak kagum bagi siapapun yang melihat secara langsung keindahan pantai tanjung ann.

Ayunan Tanjung Aan

Terdapat ayunan dari bilahan kayu yang disusun sedemikian rupa, yang menancap ditengah-tengah air laut dangkal.

Spot ayunan kayu tanjung aan ini merupakan tepat yang cocok untuk dijadikan tempat instagrammable sebuah foto selfie anda.

Ayunan Pantai tanjung aan
Background pemandangan yang luar biasa membuat kagum bagi siapapun yang melihat foto yang berpose di ayunan ini.

Walau sebenarnya banyak terdapat ayunan pantai disekitar pantai-pantai dilombok contohnya villa ombak gili trawangan.

 

Aktivitas

Destinasi pantai ini sangat cocok untuk anda yang senang berenang dan menikmati keindahan pantai. Pasalnya, ombak di sana cukup tenang dan memiliki kedalaman yang cukup dangkal.

Bila anda membawa peralatan snorkeling sendiri anda tentunya anda snorkeling tanpa mengharapkan akan melihat terumbu karang dipantai ini. Sebab memang pantai tanjung aan sendiri bukan tempat yang cocok untuk snorkeling seperti di gili trawangan atau gili nanggu melainkan pantai dangkal cocok untuk berenang dan relax saja.

Batu payung

Pantai batu payung Tanjung aan

Anda juga dapat menyewa lo-boat atau perahu nelayan untuk menuju ke batu payung lokasi foto selfie dan bermain air dipinggir batu karang.

Biaya sewa private lo-boat biasanya mereka mematok harga Rp. 300.000 untuk durasi bebas. Harga diatas bisa jauh lebih murah jika anda pandai menawar, saran kami pinter-pinterlah anda menawar.

Saat menjelang sore hari, permukaan air laut disana akan mulai naik dan membuat pantai ini semakin menantang untuk melakukan kegiatan berselancar.

Bukit Merese

Bukit merese tanjung aan

Dikelilingi oleh sejumlah bukit yang menjorok ke tengah laut salah satunya adalah bukit merese yang terkenal.

Untuk mencapai puncak bukit merese ini aksesnya sangat mudah dengan melalui jalan setapak menanjak di sebelah kanan pantai tanjung aan.

Jangan lupa gunakan alas kaki sebab tanah karang dan bebatuan cukup membuat telapak kaki sakit dan terluka jika berjalan tanpa alas kaki.

Waktu yang tepat berada di bukit merese adalah saat menjelang matahari hendak terbenam. Sebab saat itu anda akan disuguhkan pemandangan langit jingga dan hamparan lautan serta bebukitan nan indah tiada taranya.

Garis pantai seger di sebelah barat, batu payung dan gili anak anjakan di sebelah timur menambah komplit keindahaan semesta laut lombok.

Dari pantai pun anda dapat melihat dengan mudah bukit merese nan hijau karena bukit-bukit ini mengapit tanjung aan dari sebelah kanan sehingga menjadikan pantai tanjung aan menjadi sebuah teluk yang tenang bak kolam raksasa.

Jika anda ingin tahu cara menikmati pemandangan pantai yang indah? cara terbaik adalah di sekitar tempat wisata ini anda dapat melihat payung-payung kayu dengan atap dari rajutan jerami.

Salah satu cara untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan berbaring dibawah payung jerami tersebut sambil menikmati kelapa muda segar!! yang dapat dibeli di sekitar pantai.

Pantai Tanjung Aan

Anda juga dapat berkunjung ke salah satu restoran yang berderet di tepi pantai di mana restoran tersebut menyajikan berbagai macam hidangan setempat. Mencoba menu-menu sajian tersebut sembari menikmati keindahan pantai yang begitu menakjubkan.

Pada saat musim liburan, destinasi ini biasanya ramai dikunjungi oleh para turis lokal. Tetapi jika Anda ke sana sekitar bulan Februari, Pantai Tanjung Aan akan dipenuhi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Bau Nyale Mandalika

Pasalnya, dibulan februari selalu ada event spesial yakni Festival Bau Nyale. Tradisi ini berkaitan dengan mitos penduduk setempat mengenai Putri Mandalika dimana putri tersebut terjun dari bukit dan mengorbankan dirinya untuk menghindari pangeran – pangeran yang berebut ingin mempersuntingnya.

source: imgur.com

 

Mitos itu selanjutnya menyebutkan bahwa putri mandalika telah bereinkarnasi menjadi cacing laut atau disebut dengan nyale setelah warga gagal menemukan jasad sang putri.

source: imgur.com

Tradisi menangkap Nyale sudah ada berabad-abad lamanya dan Nyale tersebut menjadi bahan olahan beberapa jenis masakan lokal.

Jadi nyale itu adalah sebutan dari masyarakat setempat untuk cacing laut yang muncul hanya disaat-saat tertentu.

Terdapat 4 spesies nyale dari Famili Eunicidae yakni Eunice viridis, Eunice siciliensis, Licydice collaris, dan juga spesies Nyale Famili Nereidae yakni Dendronereides heteropoda.

Selain di pantai tanjung aan, nyale tersebut juga dapat ditemukan dibeberapa tempat lainnya di nusantara tercinta ini seperti di Maluku, Sumbawa, dan juga Lombok.

 

Akses

Bila anda menggunakan kendaraan pribadi pastinya sangat mudah ke lokasi tanjung aan. Lama perjalanan memakan waktu 1,5 jam jika route dimulai dari kota mataram kemudian melewati cakranegara, menuju praya, batunyale, rambitan, pantai kuta dan sampai di tanjung aan.

Jika dari pantai terdekatnya Kuta Lombok anda hanya perlu menempuh 15 menit dengan kendaraan dan jarak perjalanan sekitar 3 km. Tapi akan terasa jauh lagi jika anda dari senggigi lombok dengan jarak 72 km atau sekitar 1 jam 46 menit.

Sebaiknya anda menyewa mobil di lombok atau sewa motor dari kota mataram jika tidak membawa kendaraan pribadi karena menggunakan angkutan umum hanya akan membuang waktu dan cukup merepotkan saja.

Jika anda sudah sampai dipantai ini, jangan lupa untuk berkunjung ke pantai-pantai disekitar tanjung aan yang tidak kalah eksotis-nya seperti Pantai Seger, Pantai Selong Belanak, dan tentu juga Pantai Kuta.

 

Tarif dan Biaya Di Pantai Tanjung Aan Lombok

Harga Tiket Masuk (HTM) Objek Wisata di Lombok

Biaya masuk pantai saat ini belum ada tarif khusus yang diberlakukan untuk memasuki wilayah pantai. Saat ini anda hanya perlu membayar biaya parkir saja sebesar Rp.10.000 untuk mobil roda empat, Rp. 15.000 untuk bus/micro bus dan Rp.5.000 untuk sepeda motor roda dua.

Sobat travela bisa cek juga Harga Tiket Masuk (HTM) Objek Wisata di Pulau Lombok

Untuk anda yang berkeinginan ke tempat ini menggunakan sewa mobil anda bisa lihat link di website kami dalam “Sewa mobil murah di lombok”. Jika menggunakan motor sewaan sekedar informasi biaya sewa motor per hari di lombok biasanya adalah Rp.50.000 per 24 jam.

 

Fasilitas Di Pantai Tanjung Aan Lombok

Di sekitar lokasi pantai ini tersedia fasilitas penginapan, restaurant, area parkir, persewaan alat snorkeling dan perahu lo-boat, penjualan cindera mata dan juga warung-warung makan lokal.

Penginapan di sekitar tanjung aan dapat anda jumpai mulai dari kelas losmen hingga hotel bintang seperti; JC Surfer’s House, Villa Sorgas, Villa Bau Nyale, Family House Lombok hingga Novotel Lombok Resort and Villas yang berjarak 3 km lagi dari tanjung aan.

Warung turtle tanjung aan

Disekitar pantai ada bar dan restaurant yang kami rekomendasikan seperti Warung Turtle, Warung Aan Resti atau Ancora Restaurant yang menyajikan makanan khas italy.

 

Saran sebelum wisata ke pantai tanjung aan lombok

Dikarenakan cuaca yang cukup terik, disarankan untuk menggunakan sunblock dan sunglasses terutama jika anda berniat untuk berjemur. Sebaiknya Anda berhati-hati juga jika berniat untuk menaiki bukit marese, gunakan alas kaki yang nyaman dan aman.

gunakan sunblock dan sunglasses saat di pantai

 

Sobat travela bisa baca Tips dan panduan terbaik sebelum berwisata.

Jika hendak membeli cinderamata dilokasi sekitar pantai, jangan sampai harga cindramata yang akan anda bayarkan terlampau mahal. Trik-nya berusahalah menawar sampai dengan setengah harga, disinilah saat yang tepat unutk mencoba ke-jelian tawar-menawar (bargaining) anda mendapatkan harga terbaik.

 

Waktu yang tepat untuk berkunjung

Waktu yang tepat untuk berkunjung dipantai ini untuk menghadiri ritual bau nyale adalah di bulan februari. Sebab dibulan tersebut cacing laut nyale banyak bermunculan sepanjang pantai tanjung aan.

Tradisi bau nyale yang sudah bertahun-tahun ini merupakan bentuk penghormatan masyarakat setempat kepada putri mandalika.

Budaya lokal menangkap nyale sudah menjadi kegiatan festival wisata tahunan yang digelar dinas wisata daerah lombok tengah untuk menghidupkan kunjungan wisata setempat.

Tentunya pada saat festival tersebut berlangsung banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang hadir sehingga suasana mejadi semarak ramai bercampur gembira asiknya berebut mencari nyale antara wisatawan dan penduduk lokal.

 

Rekomendasi paket wisata lombok

Demikian artikel pantai tanjung aan diatas kami buat dengan rasa rasa terimakasih kami kepada sobat travela. Berharap informasi diatas bermanfaat dalam menentukan destinasi anda dalam meng-eksplor nusantara tercinta kita. Temui juga pnawaran wisata dan transportasi di lombok lainnya seperti;

 

Salam pariwisata

Cheers – Alfonso giostanov 0853333 99175 | Pantai Tanjung Aan Lombok
Pantai Tanjung Aan Lombok | Pantai Kisah Putri Mandalika Nyale Festival
4.4 (88.57%) 7 votes