Bali

Pesta Kesenian Bali PKB | Taman Budaya Art Center

Pesta-Kesenian-Bali-PKB

Pesta Kesenian Bali PKB

Pesta Kesenian Bali PKB event kemeriahan budaya dan seni yang di selenggarakan se-tahun sekali.

Bagi masyarakat Bali, jika mendengar PKB yang biasa di laksanakan di pertengahan tahun tentu saja sudah cukup familiar. Namun, jika bukan masyarakat asli Bali, bisa jadi kata ini terdengar asing karena jarang mendengar istilahnya. Padahal faktanya, PKB telah di lakukan secara rutin setiap tahunnya sejak puluhan tahun yang lalu.

PKB sendiri adalah kepanjangan dari Pesta Kesenian Bali yang memiliki banyak sekali kelebihan dan penawaran menarik di dalamnya.

Pesta kesenian bali
Photographer @raymondboleng

Pesta Kesenian Bali 2018

Mulai dari yang berhubungan dengan budaya hingga beragam kesenian klasik terbaik. Nah, bagi travela yang ingin merasakan wisata adat dan budaya di Pulau Bali? Maka event dan tempat ini tentu adalah salah satu pilihan terbaik yang sangat recommended.

Sampai di sini pastinya Anda mulai tertarik bukan tentang PKB ini? Jika demikian, jangan khawatir karena Anda masih memiliki banyak kesempatan untuk mempir kesana di tahun-tahun yang akan datang.

Namun, sebelum itu mengenal berbagai hal lebih jauh tentangnya juga tidak kalah penting. Oleh karenanya, yuk langsung travela simak ulasannya.

Ada Apa Di PKB Setiap Tahunnya?

Jika Anda belum pernah melihat atau datang di PKB, mungkin akan penasaran ada apa sebenarnya di sini sehingga banyak menjadi perhatian masyarakat.

Ada Apa Di PKB Setiap Tahunnya
Street photography @giostanov

Daya tarik tersendiri dalam pekan tersebut pastinya ada karena berbagai hal yang di tawarkannya. Sedangkan untuk mengenal beberapa hal yang bisa Anda temukan di sini, langsung saja simak yuk ulasannya.

1. Pertunjukan musik dan tari

Namanya juga pesta budaya dan seni, tentu saja tidak heran jika yang di tampilkan adalah musik-musik dan tarian khas dari beberapa kabupaten di bali. Apalagi jika melihat Bali yang sangat kental akan poin-poin seni dan budaya.

Dalam hal ini, travela bisa menikmati pertunjukkan musik dan tari tersebut di beberapa titik di kawasan tersebut dan pertunjukkan ini akan di-lakukan setiap harinya mengingat ini merupakan pertunjukan harian.

Pertunjukan musik dan tari festival PKB

Parade Bali PKB

Jika anda ingin melihat salah satunya, maka anda bisa datang ke pesta kesenian Bali PKB pada saat pesta ini di gelar. Anda bisa mencatat dengan image photo di hand-phone anda schedule pementasan kesenian yang berlangsung selama sebulan ini.

Kemudian, di salah satu hari yang berbeda anda bisa menemui pertunjukan tari bali yang dilakukan setiap hari untuk di-pentaskan. Nah, tampilan ini tentu saja masih sangat kental dengan nilai budaya. Sehingga tidak hanya menarik tetapi juga mendidik wawasan kita akan cinta keragaman di tanah air tercinta Indonesia.

2. Di sorot oleh berbagai fitur menarik

Selain beragam pertunjukan yang mengesankan, PKB juga di sorot dengan beragam fitur menarik di dalamnya yang bisa travela nikmati. Bahkan fitur-fitur yang di maksud di sini adalah berbagai persembahan yang tiada duanya sehingga Anda sangat perlu untuk menikmatinya. Apalagi jika sudah terlanjur berada di kawasan Bali pada saat acara tersebut di gelar.

Pertunjukan berbagai fitur menarik

Nah, di antara beberapa fitur menarik tersebut diantaranya adalah drama tari yang sangat mengagumkan, Theater Bali modern maupun workshop fotografi. Tidak terbatas sampai di sana, Pesta Kesenian bali PKB juga mempersembahkan beberapa hal menarik lain seperti adanya festival kuliner yang siap memuaskan lidah anda hingga pertunjukan musik yang tiada duanya.

3. Menikmati indahnya tarian klasik

Jika sebelumnya diatas telah sedikit di singgung mengenai tarian Bali, dalam hal ini selama pesta akan di sajikan yang namanya tarian klasik dari berbagai jenisnya. Jadi, jika Anda penasaran dengan tarian klasik di Bali dan ingin melihatnya secara langsung, maka jangan buang kesempatan dalam jangka waktu satu bulan tersebut.

Menikmati indahnya tarian klasik

Dalam hal ini beberapa jenis tari yang biasanya di tampilkan adalah tari legong, tari gambuh, tari barong dan tari bola gemblungan. Selain itu, bisa juga di temui adanya tarian topeng maupun tarian sejenisnya. Namun, dalam tarian ini telah di ciptakan koreografi tari kontemporer sehingga tampak semakin menarik.

Dan yang menarik di tahun 2018 ini pergelaran tari klasik bukan hanya budaya dan tarian bali saja tapi tarian dan budaya dari beberapa daerah Nusantara Indonesia ikut berpartisipasi dalam kemeriahan pesta kesenian bali ini.

Budaya Nusantara PKB

Budaya Nusantara PKB Bali

4. Banyak kompetisi seru yang di gelar di sini

Tidak hanya terbatas pada pertunjukan, perlu anda ketahui bahwasanya ada banyak sekali kompetisi seru yang di gelar selama pesta kesenian bali PKB berlangsung. Kompetisi tersebut tentu saja melibatkan langsung mereka warga masyarakat bali. Sedangkan untuk jenis lombanya tentu saja kompetisi yang berbau seni dan budaya.

Nah, beberapa daftar perlombaan yang biasa di-adakan adalah lomba penulisan karya sastra, lomba melukis, dan lomba kerajinan tangan yang juga merupakan salah satu unsur seni. Selain itu, mengingat Bali yang kental akan budaya, tidak lupa juga di adakan lomba pembuatan film dokumenter. Selain itu, mengingat keindahan Bali, lomba fotografi pun di laksanakan juga.

5. Pemutaran film dokumenter

Sebelumnya telah di jelaskan bahwa salah satu perlombaan yang menarik untuk di ikuti di sini adalah perlombaan film dokumenter. Nah, pada akhirnya, film fokumenter ini juga akan di putarkan untuk pengunjung. Oleh karena itu, bagi Anda yang penasaran bisa ikut serta melihatnya. Film-film yang di tayangkan di sini tentu saja yang serba menarik dan memiliki nilai tersendiri.

film dokumenter sarat akan budaya

Beberapa poin yang tertuang di atas tentu saja masih sebagian dari apa yang bisa Anda temukan di PKB. Bahkan, ternyata ada juga beberapa parade yang bisa menjadi hiburan tersendiri bagi Anda. Mulai dari parade gong kebyar, parade topeng panca, parade wayang kulit dan masih banyak lagi. Jika Anda penasaran kehebatannya, Anda bisa buktikan sendiri.

Sejarah Singkat PKB

PKB pertama kali di lakukan tepatnya pada tahun 1979 oleh pemerintah Bali. Kegiatan ini merupakan salah satu gagasan yang di cetuskan oleh almarhum Prof. Dr. Ida Bagus Mantra.

Sejarah Singkat PKB Bali

Tujuan awalnya adalah untuk menampung aspirasi kesenian masyarakat Bali dan melestarikannya. Karena itulah di gagas dan di wujudkan sebuah pesta rakyat yang hingga kini kian banyak di minati.

Sejarah Singkat PKB
PKB Pertama digelar tepatnya pada 20 Juni tahun 1979

Perda Propinsi Bali nomor 07 tahun 1986Adanya pesta rakyat yang sudah rutin di gelar ini bahkan sudah di akui dalam Undang-Undang pemerintah daerah Bali pun tertera aturan tentangnya.

Aturan tersebut tidak lain adalah Perda Propinsi Bali nomor 07 tahun 1986 tentang pesta kesenian Bali. Dengan adanya peraturan daerah ini, maka ada dasar kuat dari penyelenggaraan rutin pesta tersebut di Bali.

Beberapa tahun terakhir ini untuk penyelenggaraan pesta kesenian bali PKB di gelar selama satu bulanan.

Tapi sesuangguhnya perlu Anda ketahui bahwa dulu di awal-awal tahun penggelarannya PKB sudah di laksanakan jauh lebih lama selama dua bulan. Selain kebudayaan tiap desa-desa, kabupaten yang beaneka cukup banyak. Jadi, sangat wajar jika penyelenggaraan PKB berlangsung hinga berminggu-minggu.

Mengapa Setiap Tahun Harus Di Adakan PKB?

Sejauh ini mungkin muncul pertanyaan yang sama dalam benak Anda, yakni tentang pelaksanaan PKB setiap tahun ini sendiri. Tentu saja dalam penggelarannya secara tahunan memiliki aturan khusus sehingga Anda pun harus mengetahuinya lebih lanjut untuk menjawab rasa penasaran diri sendiri. Hal ini juga sangat berkaitan erat dengan yang namanya budaya.

Nah, PKB merupakan salah satu pesta yang sangat bermanfaat untuk membangunkan kreativitas dan keaktifan masyarakat. Selain itu sudah di rintis kerutinannya sejak dahulu. Bahkan penyelenggaraannya pun sudah di atur dalam perda. Oleh karena itu, tetap melestarikannya adalah hal yang wajib untuk di penuhi, terutama bagi para penduduk asli dan generasi muda Bali.

Manfaat Dan Tujuan Adanya PKB

Adanya PKB yang hadir setiap tahunnya tentu saja tidak serta merta di gunakan hanya mengikuti adat saja. Di balik itu semua, mestinya ada beberapa tujuan khusus yang ingin di capai dari penyelenggaraan tersebut. Sedangkan beberapa manfaat dan tujuan adanya pesta kesenian bali PKB ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Melestarikan seni dan budaya Bali

Alasan utama di adakannya PKB setiap tahun tentu saja adalah untuk melestarikan budaya Bali sehingga tetap hidup dan bida di turunkan pada generasi penerus di Bali. Dengan begitu, Bali pun bisa tetap bertahan sebagaimana saat ini. Dengan adanya pekan ini maka jiwa seni dan budaya masyarakat bisa ikut bangun.

  • Membangkitkan semangat untuk menjaga keotentikan budaya di pulau Dewata

Jika budayanya tetap di jaga, tentu saja masyarakat setempat pun akan bersemangat dalam ikut di penjagaan tersebut. Selain itu juga untuk menjaga agar budaya Bali tetap otentik dan asli sebagaimana telah di wariskan nenek moyang. Karena itulah, PKB ini semakin penting saja kaitannya dengan seni dan budaya.

  • Menguak bakat-bakat terpendam para seniman dan budayawan

Di pulau seperti Bali yang sudah kental akan seni dan budaya sejak zaman dahulu ini, tentu saja banyak tersimpan mutiara terpendam di dalamnya. Mutiara tersebut berupa mereka para seniman maupun budayawan yang mungkin belum menunjukkan diri ke permukaan. Nah, dengan adanya pekan pesta kesenian Bali ini, secara tidak langsung mereka akan mulai bermunculan

  • Memberikan kesempatan masyarakat menunjukkan bakatnya

Bukan hanya soal bakat yan terpendam dan minat yang kurang, tetapi kadang seseorang memang tidak memiliki sebuah kesempatan. Oleh karena itu, agar tidak kehilangan aset terbaik yang ahli di bidang ini, setiap tahunnya Bali membuka kesempatan terbuka bagi mereka yang memiliki bakat serta minat yang tinggi.

Kesimpulan

PKB 2018 yang di buka oleh President Jokowi

Pada tahun 2018 lalu, penggelaran PKB sudah genap di laksanakan dalam kali ke-40nya. Angka ini tentu saja bukanlah angka yang kecil dan bisa di remehkan begitu saja. Dalam waktu 40 tahun, menyelenggarakan PKB secara rutin pertahunnya tentu saja bukanlah hal yang mudah. Karena itulah, PKB kali ke-40 ini menjadi semakin istimewa.

Pesta-Kesenian-Bali-dengan-Mr.-President

PKB-Bali-2018-Jokowi

PKB tahun 2018 ini di laksanakan mulari dari 9 Juni hingga tanggal 7 Juli. Sedangkan untuk pusat pesatnya di tempatkan di  Taman Budaya Art Center, Denpasar Bali. Yang menarik lagi, dalam pembukaan acara, pada tahun ini di lakukan langsung oleh orang nomer 1 di Indonesia yakni presiden Jokowi.

Lokasi Taman Werdhi Budaya Art Centre

Tepatnya Taman Werdhi Budaya Art Center ini berlokasi di Jalan Nusa Indah No.1, Panjer, Denpasar Selatan Kota Denpasar, Bali 80236

 

Taman Budaya Art Center

Nah, sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun ini pun akan di lakukan beragam pertunjukan yang menarik perhatian dan serba mengesankan. Mulai dari pertunjukan seni maupun tari, berbagai kompetisi dan hal-hal penting lainnya. Dengan waktu satu bulan yang tersedia pun, tentu saja bagi Anda yang ingin melihat bisa memilih hari libur yang paling tepat.

Sangat menarik bukan Pesta kesenian yang di gelar di Bali ini. Adanya kegiatan yang berlangsung cukup lama tersebut mengundang banyak sekali perhatian. Oleh karena itu, jika Anda memiliki waktu senggang selama beberapa saat di Bali bersamaan dengan penggelaran ini, maka jangan lupa Anda segera mengunjunginya untuk membuktikan keseruannya secara nyata.

 

Salam Pariwisata Alfonso giostanov | Pesta Kesenian Bali PKB

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.