DerawanIndonesia info

Kepulauan Derawan

Kepulauan-Derawan

Kepulauan Derawan Explore Wisata Bahari

Pecinta wisata bahari hendaknya tidak melupakan salah satu destinasi wisata di Kalimantan Timur, yaitu Kepulauan Derawan. Destinasi yang termasuk wilayah Kabupaten Berau ini menyimpan keindahan ekosistem laut yang asri. Tidak salah jika Kepulauan Derawan menjadi salah satu tujuan wisata bahari bagi para wisatawan. Berikut hal menarik yang dapat ditemui di Kepulauan Derawan.

Kepulauan Derawan Islands

 Terdiri Atas Beberapa Pulau

Seperti halnya kepulauan pada umumnya, Kepulauan Derawan terdiri atas beberapa pulau yang memiliki ciri khas masing-masing. Wisatawan dapat berkunjung ke Pulau Derawan, Pulau Kakaban, Maratua, maupun Pulau Sangalaki.

Hewan laut yang dilindungi, termasuk hewan langka, banyak dijumpai di kepulauan ini. Misalnya saja ikan barakuda, lumba-lumba, penyu hijau, maupun manta. Tentu masih banyak hewan air lain yang dapat ditemui. Selain itu, karena dikelilingi oleh beberapa pulau, Kepulauan Derawan terlihat memiliki pasir putih bersih yang halus dan berkilau. Pemandangan ini sungguh memikat dan memanjakan mata.

Spot Diving Terbaik di Kalimantan

Kepulauan Derawan menawarkan beberapa spot untuk aktivitas diving maupun snorkelling. Banyak penyelam yang menjadikan tempat wisata ini sebagai destinasi diving utama. Tentu hal ini tidak lepas dari banyaknya spesies ikan dan juga indahnya terumbu karang di bawah laut Derawan.

Salah satu spot menarik berada di Pulau Kakaban. Wisatawan dapat menikmati sensasi berenang bersama ubur-ubur yang berjumlah ribuan. Tenang saja, ubur-ubur di sini tidak memiliki sengat, sehingga aman bagi wisatawan. Aktivitas ini dapat dilakukan di sebuah danau tawar yang berada di Pulau Kakaban.

Wisata bahari di Kalimantan juga bisa dinikmati dengan snorkelling. Aktivitas ini sangat cocok, terutama bagi wisatawan yang ingin berenang bersama pari manta. Wisatawan dapat berkunjung ke Manta Point untuk dapat menikmati sensasi bawah laut bersama manta.

Selain itu, masih ada beberapa titik yang dapat dimanfaatkan para wisatawan untuk menikmati indahnya bawah laut Kepulauan Derawan. Wisatawan dapat mengunjungi Blue Light Cave yang merupakan gua laut yang sangat menakjubkan.

Bila ingin melihat hiu, wisatawan dapat memilih Shark Point. Menikmati keindahan terumbu karang di Coral Garden juga dapat menjadi aktivitas yang tidak kalah menyenangkan. Selain itu, masih terdapat berbagai alternatif untuk menyelam seperti Tuturuga Point maupun Snapper Point.

Kawasan Konservasi Penyu

Salah satu hal yang menjadi daya tarik Kepulauan Derawan adalah karena lokasinya yang menjadi kawasan konservasi penyu, tepatnya penyu hijau. Kawasan konservasi penyu ini dapat ditemui di Pulau Sangalaki. Berwisata sembari mengamati bagaimana penyu-penyu hijau bertelur akan menjadi pengalaman yang mengesankan. Aktivitas ini dapat dilakukan pada malam hari.

Wisatawan juga dapat melihat sendiri bagaimana anak penyu (tukik) menetas dari wujud telur. Ini akan terjadi setelah melewati masa 50 hari masa penanamannya. Bahkan, bila berkunjung di waktu yang tepat, wisatawan dapat turut serta melepas anak-anak penyu hijau ke laut.

Alternatif Wisata Kepulauan Derawan

Kepulauan Derawan masih menyimpan wisata tersembunyi yang sulit ditemukan di tempat lain. Wisatawan dapat mengunjungi Goa Haji Mangku yang memiliki bibir gua vertikal. Bagian dalam dari gua ini dipenuhi oleh air. Sekilas, Goa Haji Mangku akan terlihat seperti kolam atau danau kecil. Menikmati eksotisme di tempat ini dapat menjadi alternatif wisata di Kepulauan Derawan.

Bagi wisatawan yang suka berfoto, melawat ke Pulau Maratua ataupun Danau Labuan Cermin dapat menjadi alternatif wisata. Kedua tempat ini menawarkan pemandangan yang indah sehingga cocok untuk diabadikan dalam jepretan. Foto yang dihasilkan pun dijamin akan instagramable.

Pulau Maratua memiliki pasir berwarna putih, dipadu dengan laut berwarna biru toska yang mengelilinginya. Lokasi ini menjadi salah satu tujuan wisata fotografi bagi banyak orang. Selain itu, beragam spot snorkelling juga dapat ditemukan di pulau ini. Wisatawan dapat pulau menikmati indahnya Danau Haji Buang dan Danau Tanah Bamban.

Satu lagi yang tidak boleh terlewat yaitu Danau Labuan Cermin. Sesuai dengan namanya, danau ini memiliki air yang sangat jernih bagaikan cermin. Wisatawan dapat melakukan aktivitas berenang untuk menyegarkan kembali pikirannya ataupun sekedar bersantai menikmati pemandangan sembari berfoto. Untuk mencapai lokasi, wisatawan harus melewati sungai yang ditumbuhi bakau yang rimbun.

Setelah beraktivitas, saatnya mencicipi ragam kuliner khas dari Derawan. Ragam olahan seafood seperti Tehe-tehe dapat dinikmati di Derawan. Tehe-tehe ini merupakan olahan ketan yang dimasak bersama santan dan pandang menggunakan cangkang landak laut. Selain itu, wisatawan dapat mencicipi Kima-kima, kerang laut yang diasingkan dan dikeringkan.

Menikmati Eksotisme Derawan dari Penginapan

Kepulauan Derawan terkenal dengan penginapan-penginapan mengapung di tepi pantai. Menginap di tempat seperti ini tentu akan memberikan sensasi tersendiri bagi wisatawan. Begitu keluar dari penginapan, wisatawan dapat langsung menceburkan diri untuk berenang maupun menyelam. Selain itu, kawasan penginapan di tepi pantai ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka bersantai sembari menikmati eksotisme laut di Derawan.

Wisatawan dapat menyesuaikan bujet yang dimiliki untuk memilih penginapan. Derawan juga menyediakan penginapan lain seperti hotel, villa, resort, maupun homestay, baik high class accommodation ataupun low budget accommodation. Berwisata di Kepulauan Derawan akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Tag      : Kepulauan Derawan, wisata derawan, danau cermin, konservasi penyu, labuan cermin, diving, snorkelling, pari manta, penginapan pantai, Pulau Sangalaki, Pulau Kakaban, pantai pasir putih, labuan cermin, ubur-ubur, instagramable