Lombok

7 Wisata Lombok Ala Backpacker

Wisata-Lombok-Ala-Backpacker

Wisata Backpacker Ke Lombok

Wisata Lombok ala backpacker mulai banyak yang minati karena liburan hanya dengan low budget!

Tak ada yang dapat memungkiri keindahan alam Lombok. Banyak sekali pantai, gua, pegunungan, air terjun yang mengundang decak kagum dan menarik hati untuk segera kunjungi.

Buktinya, setiap hari tempat wisata di pulau ini selalu penuh dengan wisatawan lokal maupun manca negara.

Salah satu cara trip wisata Lombok yang kini cukup yang gemari adalah dengan backpaking.

Pasalnya, ada banyak keuntungan yang anda dapat dari tips wisata ke Lombok ala backpacker. Antara lain waktu lebih fleksibel, menantang, mandiri, destinasi lebih banyak, serta hemat biaya.

Paket Tour Lombok bisa Anda pilih untuk menemani perjalanan liburan ke Lombok.

Bagi anda yang berencana melakukan perjalanan wisata Lombok ala backpacker, sebaiknya baca artikel ini terlebih dahulu hingga akhir.

Sebab merencanakan wisata yang akan dikunjungi merupakan aspek paling penting saat menjadi backpacker. Anda bisa mengatur seberapa besar kebutuhan yang perlu dipersiapkan.

Spot Kunjungan Backpacker

Tempat wisata lombok ala backpacker ini akan diawali dari destinasi lombok yang berada di wilayah bagian timur. Semua wisata yang ada dalam daftar berikut memiliki tarif terjangkau serta jarak antar tempat cukup dekat.

1. Bukit Pergasingan

Anda dapat memulai petualangan sebagai backpacker dengan mengunjungi Bukit Pergasingan. Lokasinya terletak di Sembalun Lawang, Lombok Timur.

Anda hanya membutuhkan waktu 2 jam perjalanan dari pusat kota Mataram. Di sini Anda hanya perlu membayar Rp 15.000 sebagai biaya masuk.

Bukit-Pergasingan-Sembalun

Bukit Pergasingan memiliki tinggi 1700 mdpl dan hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapai puncaknya.

Soal keindahan tak perlu diragukan lagi. Selama pendakian Anda akan menemui pemandangan asri berupa sawah dan pemukiman desa berwarna-warni. Apabila datang di pagi hari, Anda juga bisa menikmati hangat dan indahnya sunrise.

Kemudian saat sampai puncak, Anda akan langsung terpesona dengan lanskap Gunung Rinjani yang menakjubkan.

Ya, bukit ini biasanya memang jadi alternatif bagi mereka yang tidak bisa mendaki Rinjani atau pemanasan sebelum menaklukkan gunung setinggi 3726 mdpl itu.

2. Air Terjun Mangku Sakti

Destinasi selanjutnya ialah menuju Air Terjun Mangku Sakti yang berada di Sajang, Sembulan. Lama perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit dari Bukit Pergasingan.

Harga tiket masuk Air Terjun Mangku Sakti sebesar Rp 5.000. Sangat cocok untuk Anda para backpacker ke lombok.

Mangku-Sakti-Waterfall-Lombok
Mangku-Sakti-Air-Terjun

Wisata alam ini terkenal dengan keunikan airnya yang berwarna hijau tosca. Pertama datang suara gemuruh air yang terjun begitu deras pada tebing setinggi 30 meter, menyambut anda.

Pada umumnya, para backpacker akan duduk santai menikmati pertunjukan alam tersebut sembari mengabadikan momen melalui foto selfie ataupun landscape.

Jangan lewati untuk berenang, Anda harus berenang ya… Kolam dengan kedalaman 2-4 meter yang berada di bawah air terjun.

3. Pantai Senggigi

Jika sebelumnya sudah menikmati air terjun dan bukit, selanjutnya Anda bisa melanjutkan perjalanan ke pantai Senggigi. Lokasinya berada di Jl. Raya Senggigi, Batu Layar.

Perjalanan selanjutnya jika dari Air Terjun Mangku Sakti sekitar 2 jam 18 menit ke pantai ini.

Harga tiket masuk Pantai Senggigi sebesar Rp 15.000.

Pantai-Senggigi
Pantai senggigi lombok

Pantai ini memiliki air yang begitu jernih kebiruan. Sangat cocok bagi Anda yang suka berenang dan snorkeling untuk menyaksikan keindahan biota laut.

Sementara untuk Anda yang ingin memacu adrenalin bisa mencoba berselancar dan bermain kano pada spot-spot tertentu yang ombaknya cukup menantang.

Selepas bermain air, anda bisa istirahat dengan santai di atas pasir lembut sembari menyantap makanan yang tersajikan dengan harga terjangkau.

Untuk lebih lengkapnya, silahkan baca info lengkap Pantai Senggigi.

4. Air Terjun Benang Kelambu

Kemana lagi perjalanan liburan ke Lombok ala backpacker selanjutnya?

Ya, Anda bisa berkunjung ke Air Terjun Benang Kelambu yang terletak di Aik Beik, Keliang Utara. Lama perjalanan sekitar 1 jam 20 menit dari Pantai Senggigi.

Tarif masuk air terjun ini sangat bersahabat dengan para backpacker, yakni Rp 5.000. Bukankah sebelumnya sudah mendatangi air terjun?

Tunggu dulu, Benang Kelambu memiliki keunikan berbeda dengan Mangku Sakti. Air terjun ini keluar dari sela-sela pohon gambung yang membentuk 6 titik jalur arus.

Kemudian, tebingnya memiliki tiga tingkat dengan ketinggian 30 meter, 10 meter, dan 5 meter. Serunya, di bawah air terjun tidak ada kolam yang terbentuk, sehingga Anda bisa langsung mandi di bawah alirannya.

5. Pantai Tanjung Aan

Liburan ke Lombok ala backpacker berikutnya Anda bisa bergerak ke Tanjung Aan. Lokasinya terletak di Sengkol, Pujut. Waktu perjalanan dapat ditempuh sekitar 1 jam 31 menit dari Air Terjun Benang Kelambu.

Untuk masuk ke pantai yang termasuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika ini Anda tidak perlu membayar tiket masuk, melainkan cukup biaya parkir sebesar Rp 10.000/mobil dan Rp 5.000/motor.

Wisata Lombok ala backpacker Pantai Tanjung Ann

Pantai Tanjung Aan merupakan pantai dengan air begitu jernih sehingga karangnya terlihat jelas. Keindahan semakin bertambah dengan adanya perbukitan hijau yang mengelilingi. Ada banyak aktivitas bisa Anda lakukan di pantai ini.

Mulai dari berjemur, berenang, snorkeling, berselancar, mengelilingi pantai dengan boat. Selain itu, hal yang membuat pantai ini berbeda dengan sebelumnya adalah Anda dapat hiking Batu Payung dan Bukit Marese.

6. Taman Wisata Alam Gunung Tunak

Destinasi selanjutnya yang bisa Anda jadikan tujuan wisata Lombak ala backpacker adalah Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Tunak.

Letaknya berada di Mertak kecamatan pujut, dan membutuhkan waktu sekitar 29 menit dari Tanjung Aan. Harga tiket masuk WTA Gunung Tunak sebesar Rp 10.000.

Pasalnya disini anda akan disuguhkan perjalanan melewati Perbukitan Tunak yang begitu asri, hingga kemudian berujung di pantai yang mengundang decak kagum.

Jarak dari pintu masuk ke pantai sekitar 5 km. Anda dapat memilih menggunakan sepeda motor ataupun berjalan tracking.

7. Tanjung Poki

Anda bisa menutup perjalanan liburan ke Lombok ala backpacker ini dengan berkunjung ke Tanjung Poki.

Lokasinya terletak di Sekaroh, Jegorawu. Anda harus menempuh perjalanan selama 1 jam 32 menit dari TWA Gunung Tunak. Kabar baiknya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun untuk masuk ke pantai ini.

wisata Lombok ala backpacker Tanjung Poki

Bagi yang suka memacu adrenalin, pantai Tanjung Poki adalah pilihan terbaik karena ombak disini pecahan ombak-nya dapat melebihi tinggi tebing.

Ya, wisatawan sering menyebutnya dengan istilah devil tears ala Lombok.

Sangat menakjubkan apabila Anda bisa mengabadikan momen tersebut. Demi keselamatan, jangan berenang di Tanjung Poki. Lebih baik Anda mencoba aktivitas seperti wisatawan pada umumnya, yakni memancing.

FAQ Pertanyaan umum backpacker ke Lombok
Dimana letak wilayah Lombok?

Di Negara Republik Indonesia. Lombok ialah nama pulau besar di Provinsi Nusa Tenggara Barat dansalah satu destinasi pariwisata selain Pulau Bali.

Hal menarik dari Pulau Lombok?

Yang paling menarik dari pulau ini tentu saja wisata laut-nya tuk melakukan snorkeling & diving. Di sini juga ada Gunung Rinjani dan dataran tinggi lainnya.

Apa Keuntungan berlibur ke Lombok ala backpacker?

Menelusuri ragam obyek wisata dengan cara backpacker dijamin akan jauh lebih murah sekaligus juga berinteraksi lebih dalam dengan budaya lokal.

Apa saja yang harus dipersiapkan berlibur ke Lombok?

Jika ingin berlibur ala backpacker, maka pertama Anda harus berburu tiket promo yang murah. Buat juga draft spot wisata yang akan dikunjungi.

Kapan waktu terbaik berlibur ke Lombok?

Datanglah pada bulan November hingga February itu waktu yang pas banget.

Berapa estimasi biaya liburan ala backpacker ke Lombok?

Dengan menghemat sana sini, kira-kira bujet yang harus Anda persiapkan adalah sekitar 800 ribuan.
Biaya tersebut mencakup untuk tiket masuk objek serta akomodasi berliburan backpacker.

Baca juga:

Kesimpulan

Demikian daftar wisata Lombok ala backpacker atau wisata beransel yang bisa Anda coba untuk mengisi waktu libur.

Persiapkan dengan matang semua perlengkapan yang mungkin Anda butuhkan. Mulai dari kendaraan, perbekalan, pakaian, budget, sampai kondisi fisik yang sehat.

Kemudian saat melakukan perjalanan atur waktu dan anggaran dengan baik. Semoga daftar wisata di atas bisa membantu suksesnya perjalanan backpacker Anda di Lombok.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Wisata Lombok ala Backpacker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.