Peluang Pariwisata Pasca Pandemi

Peluan Pariwisata Pasca Pandemi

Artikel ini akan membahas mengenai peluang pariwisata pasca pandemi di Indonesia. Industri pariwisata Indonesia bahkan seluruh dunia memang sedang dihantam keras oleh pandemi covid-19. Namun, banyak hal yang telah dilakukan oleh pemerintah untuk terus memperbaiki keadaan ini. Bagaimana keadaan pariwisata kita setelah pandemi ini? Lanjutkan membaca ya.

Pariwisata Indonesia
Photo by theblondeabroad

Banyak kabar yang beredar seputar Covid 19. Ada yang mengalami masalah yang makin parah dan ada juga yang bersiap berdamai dengan Covid 19 dan menganggapnya masalah flu biasa. Hal ini mulai menjadi pertanyaan, apakah Indonesia juga bisa segera berdamai dengan pandemi ini dan bisa segera memulihkan kondisi pariwisata seperti dahulu.

Dunia pariwisata sebelum Covid-19 

Sebelum virus flu yang ganas ini menyerang seluruh dunia, Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat kaya dengan keindahan alam. Indonesia yang merupakan negara tropis dan memiliki keindahan alam yang sangat luas.

Mulai dari pantai, gunung, bahkan bagian bawah laut Indonesia juga memiliki sangat banyak kekayaan. Hal inilah yang menyebabkan beberapa tahun belakangan Indonesia memiliki pariwisata yang sangat ramai.

Indonesia yang dulunya hanya populer dengan Bali, mulai makin terkenal dengan daerah-daerah lain. Seperti Papua dengan Raja Ampat-nya, Pulau Komodo dan masih banyak lagi yang lainnya. Industri pariwisata Indonesia mulai berkembang dan makin banyak daerah yang dikenal oleh turis asing.

Dunia Pariwisata Indonesia di Era Covid-19 

Akan tetapi ramainya tempat wisata di Indonesia ini perkembangannya harus tertunda sekali lagi dengan adanya Covid 19 yang tiba-tiba menyerang. Dengan adanya Covid 19, semua kegiatan lumpuh. Tidak ada lagi wisatawan baik luar negeri maupun wisatawan lokal.

Untuk wisata lokal, beberapa waktu yang lalu cukup mendapatkan perkembangan. Akan tetapi dengan kemunculan varian baru yang lebih mudah menular dan lebih kondisi pariwisata Indonesia dan bahkan dunia menjadi tumbang.

Tidak ada lagi pantai-pantai yang didatangi oleh turis. Tidak ada lagi orang-orang yang dengan bebas naik gunung. Bahkan untuk menghirup udara dengan bebas saja sulit karena harus menggunakan masker apalagi untuk berwisata.

Lumpuhnya pariwisata Indonesia yang dalam beberapa waktu belakangan menyumbang devisa negara yang cukup besar membuat ekonomi Indonesia cukup kewalahan. Bukan hanya negara, daerah-daerah yang awalnya merupakan daerah kuat dengan pariwisatanya kini harus menahan diri dan kehilangan mata pencahariannya.

Peluang Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 di tahun 2021 

Tahun 2020 memang merupakan tahun yang berat bagi masyarakat Indonesia terutama sektor pariwisata. Akhir tahun 2020 dan awal tahun 2021 kondisi perekonomian dan pariwisata sudah mulai membaik. Meski belum seramai dahulu dan belum banyak wisatawan asing yang datang, akan tetapi peluang pariwisata pasca pandemi khususnya kunjungan wisatawan lokal bisa dinilai cukup membaik.

Proses pemberian vaksin yang telah mulai pun membuat penyebaran virus mulai terkendali. Semoga saja dapat membuat industri pariwisata di Indonesia mulai mendapatkan titik terang. Akan tetapi dengan munculnya varian Covid 19 yang baru membuat kondisi pariwisata kembali memburuk

Boro-boro ingin berwisata, rumah sakit malah sangat penuh dan bahkan sulit sekali mendapatkan kamar untuk mereka yang mengalami gejala yang parah. Hal ini membuat Indonesia kembali berduka.

Kebangkitan Industri Pariwisata Pasca Pandemi Covid-19 

Lalu bagaimana dengan pariwisata Indonesia? Apakah pariwisata Indonesia mungkin akan bangkit kembali pasca Covid 19 ini. Untuk masalah kebangkitan pariwisata semuanya tergantung dengan masyarakat sendiri. Jika masyarakat patuh dengan protokol kesehatan dan tidak menganggap enteng Covid 19, kondisi infeksi negara akan lebih terkendali.

Ya, kuncinya adalah pengendalian virus itu sendiri. Peluang pariwisata pasca pandemi bisa bangkit lagi tentu saja dibarengi ketaatan dan kedisiplinan dalam mengikuti protokol kesehatan serta vaksinasi untuk mendapatkan Herd Immunity adalah jalan satu-satunya untuk membantu mengatasi Covid 19 ini.

Akan tetapi untuk sementara sepertinya kondisi pariwisata Indonesia harus masih lebih berhati-hati karena membuka pariwisata sekarang bisa menjadi salah satu cara untuk menghancurkan negeri ini.

Baca juga :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *