Kuliner Nusantara

Camilan Asal Indonesia Yang Disukai Turis Bule Hingga Viral

Camilan-Asal-Indonesia

Sobat travela tau gak, camilan asal Indonesia yang jadi idola turis bule?

Dan sangking idola-nya, camilan ini jadi bahan perbincangan di negara mereka masing-masing.

Hingga ada beberapa tamu bule yang memborong dan rindu kembali ke Indonesia karena alasan camilan tersebut.


Grace-rumondor-Avatar

Grace Rumondor

Grace Rumondor is the founder of Go Travela Indonesia. Her favorite culinary topics are History and Cooking Techniques.


Camilan asal Indonesia yang disukai turis bule hingga viral dan mendunia!

Camilan Asal Indonesia

Tahukah anda bahwa di Youtube review maupun hotel-hotel berbintang, ada banyak sekali camilan asal Indonesia yang tersajikan, menjadi bahan bahasan dan disukai oleh wisatawan asing.

Mulai dari bentuk crispy, fried, kroket, pudding hingga minuman. Sungguh sajian kuliner nusantara kita ini tiada-duanya dan men-dunia.

Jajanan Hits Asli Indonesia

Nah, penasaran apa-apa saja camilan tersebut? Yuk simak ulasan selengkapnya sebagai berikut:

Pisang goreng

Bahan utama pembuatan pisang goreng adalah pisang kepok dan pisang raja. Camilan yang satu ini merupakan camilan sehari-hari yang cukup umum disantap oleh masyarakat Indonesia.

Camilan ini datang dengan berbagai versi, yang mana buahnya hanya digoreng menggunakan minyak dangkal maupun dilapisi dengan adonan tepung sebelum digoreng hingga berwarna keemasan.

Pisang Goreng Camilan Asal Indonesia

Tidak hanya kerap memodifikasi dengan lelehan susu, cokelat manis, dan keju saja, namun pisang goreng juga memiliki nama yang berbeda pada berbagai daerah nusantara.

Gedhang goreng di Jawa atau godoh biu di Bali. Secara tradisional, camilan asal Indonesia ini dapat anda temui pada gerobak maupun warung pinggir jalan.

Pisang goreng Camilan Asal Indonesia

Kripik

Pada dasarnya kripik (chips) Indonesia memiliki rasa yang gurih dan manis, bahkan ada varian manis pedas hingga gurih pedas dengan berbagai level.

Bahan dasar yang terbuat dari kentang, buah, sayur, atau ikan. Adapula yang berasal dari sukun, talas, salak, dan nangka yang juga akan banyak anda temui.

beragam kripik

Untuk membuat kripik, maka semua bahan mentah sayur dan buah potong tipis-tipis selanjutnya goreng menggunakan minyak sayur hingga renyah.

Nah, varietas yang cukup populer termasuk kripik pisang dan kripik singkong.

Selain itu, kripik juga sangat beragam, seperti yang berbahan ceker ayam, cabai, teripang, bayam, singkong, hingga ubi jalar.

Bahkan selalu ada ruang munculnya berbagai macam kripik dengan bahan-bahan yang baru, sehingga memperkaya ragam camilan ini.

indonesia chips

Read more:

Bakso goreng

Bakso goreng merupakan camilan renyah peranakan. Biasanya bakso terdiri dari kombinasi daging sapi, udang, ikan, dan ayam, atau salah satunya.

Nah, untuk membuat bakso goreng, maka olahan bakso menggunakan daging giling dengan campuran bawang putih, merica, telur, tepung terigu, garam, gula, dan pati.

Paling enak biasanya tersajinya dalam keadaan panas menggunakan saus sambal.

Bakso goreng

Gorengan

Camilan asal Indonesia berikutnya adalah gorengan. Gorengan merupakan nama generik yang tuju kepada berbagai jajanan goreng khas Indonesia. Baik manis maupun gurih, biasanya gorengan memadukan adonan telur menggunakan berbagai tambahan seperti tahu, ubi, nangka, tempe, hingga pisang.

gorengan

Bahan-bahan tersebut bisa berbentuk irisan halus, kemudian memasukkannya ke dalam adonan lalu goreng hingga matang.

Walaupun jenisnya beragam, tentunya beberapa varietas yang cukup populer adalah ubi goreng, pisang goreng, tahu goreng, singkong goreng, dan aci goreng.

Lemper

Lemper merupakan makanan ringan gurih yang berasal dari nasi ketan dan muatan dalamnya berisi ikan, abon, atau suwiran ayam, selanjutnya gulung dengan kertas timah atau daun pisang.

Setelah bungkus daun pisang namun beberapa olahan masih harus panggang agar bisa mendapatkan aroma asap.

Lemper

Nah, lemper versi ayam biasa sebutannya lemper ayam, sedangkan versi yang lain yang mirip dengan lemper yaitu semar mendem.

Semar mendem merupakan jenis lemper campuran ayam suwir dengan ketan, namun balutannya menggunakan telur dadar tipis.

Serabi

Camilan asal Indonesia ini memiliki dua versi gurih dan manis.

Umumnya, topping yang digunakan berupa kacang tumbuk, taburan cokelat, nangka, oncom yang difermentasi, pisang, gula, sedangkan tambahan modern termasuk es krim, sosis, atau daging.

Serabi

Serabi memiliki bentuk yang mirip dengan pancake kecil ini berasal dari bahasa sunda yaitu “sura” yang berarti besar.

Salah satu makanan ringan atau jajanan pasar-pasar indonesia dan menjadi idola sejak tahun 1923 silam.

Serabi bisa anda jumpai seluruh pulau Jawa, namun biasanya lebih pamor serabi kota Solo dan Bandung.

Rujak buah

Rujak buah sendiri terdiri dari buah-buahan yang segar dengan rasa manis, hambar atau asam. Tersajikan dengan saus manis pedas yang mengandung gula aren. Sambal atau sausnya selain berbahan gula aren, tentunya mengandung juga air, terasi asam, kacang tanah goreng, hingga cabai rawit.

Rujak

Terkadang rujak buah juga ber-varian pasta udang atau petis. Beberapa buah yang ada pada rujak biasanya seperti mangga muda, apel, kedondong, nanas, dan pepaya.

Bakwan

Bakwan merupakan camilan asal Indonesia yang campurannya ber-adonan tepung, selanjutnya gorengkan. Umumnya, bahan adonan tepung adalah tepung terigu atau tepung beras, terkadang juga kombinasi dari keduanya.

Kemudian tepung campurkan dengan air, baking powder, telur, dan bumbu pilihan. Lalu mix dengan berbagai parutan sayuran halus seperti kol, daun bawang, tauge, dan wortel.

Biasanya bakwan terdapat pada pedagang kaki lima pinggir jalan dengan pasta menggunakan sambal kacang hingga cabai segar sebagai penambah gurih pedas.

Batagor

Nah, salah satu camilan paling terkenal yaitu batagor dengan kuah berbumbu pedas. Tentunya camilan ini berakar oleh tradisi kuliner Cina, dan telah meninggalkan jejak terhadap banyak masakan Indonesia.

Ikan bahan dasar dalam membuat hidangan ini dari mulai tuna, mackerel, udang, dan tenggiri. Terkadang juga vegetarian sebagai tambahannya seperti kubis, tahu, atau kentang.

Batagor Camilan Asal Indonesia

Batagor merupakan camilan sempurna bagi penduduk kota besar karena praktis saat penyajiannya. Siomay/batagor potong-potong kecil kemudian bubuhi saus kacang, dengan sedikit sambal dan sedikit air jeruk nipis.

Camilan asal Indonesia ini mulai populer di Bandung pada tahun 1980-an, namun hari ini anda bisa temukan batagor hampir seluruh Indonesia.

Nah, karena cepat saji, camilan ini bisa anda temui pada pedagang kaki lima hingga mall dan sebagian restoran kota-kota besar.

Explore juga:

Product paket wisata:

Pempek

Sebagai kue ikan tradisional yang berasal dari Sumatera Selatan, Bengkulu, Palembang, Jambi, hingga Lampung. Pempek merupakan camilan yang terbuat dari tepung tapioka dan daging ikan giling.

Asal muasal camilan ini sebenarnya berasal dari kota Palembang. Untuk mendapatkan rasa yang enak dan renyah, maka pempek ini selanjutnya goreng agar bisa jadi camilan.

Pempek Camilan Asal Indonesia

Kalo anda ke palembang akan anda jumpai camilan ini saat pagi hari sebagai sarapan warga lokal sana.

Biasanya camilan asal Indonesia ini kudap dengan mie dan irisan timun dan colek dengan saus cuko yang berasal dari air asam, gula merah, dan cabai.

Camilan Asal Indonesia Disukai Turis Bule Hingga Viral

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.