Bali

Canyon Guwang Sukawati Bali | Lokasi dan Harga tiket masuk 2021

Canyon Guwang Sukawati Bali

Canyon Guwang Sukawati Bali

Howdy traveler Canyon Guwang Sukawati Bali ini sebenarnya sudah ada sejak lama hanya saja baru mulai ter-ekspose dalam sosial media dan kalangan penggiat wisata sejak beberapa tahun belakangan ini.

Apa itu Canyon atau Ngarai?

Ngarai adalah sebuah lembah dalam bersisi tebing terjal yang terbentuk akibat erosi aliran air sungai. Ngarai juga ibarat sebagai lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang sangat curam.

Spot lokasi hidden canyon guwang sukawati bali ini berada dalam jalur aliran Sungai Beji yang lokasinya dekat dengan Pura Dalem Sukawati Kabupaten Gianyar, Bali.

Tepatnya berada dalam desa guwang sukawati dekat dengan pasar guwang.

Pasar guwang sukawati yang terkenal dengan pasar tradisonal yang mana tentunya sudah tidak asing lagi bagi traveler dan bagi kalangan pengiat wisata shopping.

Lokasi (Untuk lebih jelasnya traveler bisa melihat peta lokasi di sini).

Sejarah Singkat Beji Desa Guwang

Desa guwang banyak sekali peninggalan bersejarah dari pemahat terkenal salah satunya patung garuda wisnu yang berada tepat pertigaan beji dan Pura Lumbung oleh Kebo Iwa legenda bukit buwung.

Kebo Iwa Tokoh Sejarah Tanah Bali
Kebo Iwa Tokoh Sejarah Tanah Bali

Sedangkan arti kata “Beji” bermakna pancuran air yang terdapat dalam aliran sungai beji.

Masyarakat guwang yang terkenal dengan seni pahat ukirnya sudah tak ada ragunya lagi hingga mantan presiden Indonesia pertama Ir. Sukarno pun mempunyai Mpu dari guwang yang bernama Ida Balik Riti.

Karena kemahiran beliau membuat pahatan prasasti tembaga huruf timbul dan hingga kini belum ada yang menyamai keahliannya (sumber: cakepane.blogspot).

Tentunya sangat cocok bagi pelancong wisatawan bersama keluarga untuk datang berwisata Canyon Guwang sukawati bali ini
Pancuran Guwang Sukawati Bali
Anak-anak bermain di pancuran air beji

Harga Tiket Canyon Guwang Sukawati Bali

KatagoriTiket Masuk
DewasaRp. 10.000/Orang
AnakRp. 7.000/Orang

Harga tiket tersebut belum termasuk tipping pemandu local – biasanya kami memberi tipping 50rb. Pemandu sangat helpful serta caring terhadap rombongan.

Cacatan: berbahaya loh traveler jika tidak di temani pemandu lokal sebab kondisi dan jalur trekking cukup curam dan licin.

Sedangkan tiket masuk bagi wisatawan asing selisih Rp. 7.000 lebih mahal dari harga tiket wisatawan lokal.

Loket Masuk Ngarai Beji Sukawati
Loket Masuk Ngarai Beji Sukawati

Akses masuk ke Canyon Guwang Sukawati Bali ini awali dengan menuruni anak tangga tepat sebelah pura samping loket tiket.

Deretan anak tangga menuju turun ke bawah, pemandu lokal akan menerangkan sejarah desa ini dan ngarai serta kehidupan masyarakat dan budayanya.

Pertanyaan Seputar Canyon Beji Guwang Sukawati

Apa itu Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati?

Hidden Canyon Beji Guwang Sukawati adalah objek wisata alam di Pulau Bali berupa ngarai (canyon) atau lembah yang dalam dan sempit dengan lereng yang sangat curam akibat erosi.

Berapa harga tiket masuk Canyon Beji Sukawati?

Setiap wisatawan domestik dikenakan biaya sebesar Rp10.000 (dewasa) dan Rp7.000 (anak-anak). Sedangkan untuk turis asing, harga tiketnya selisih Rp7.000 lebih mahal.

Di mana tepatnya letak objek wisata ini?

Canyon Beji Guwang Sukawati terletak di aliran Sungai Guwang, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar, kurang lebih 14 km dari Denpasar. Waktu perjalanan 1 jam menggunakan motor atau 1,5 jam menggunakan mobil.

Bagaimana cara termudah menuju canyon beji sukawati?

Dari Kota Denpasar ambil rute by pass Ida Bagus Mantra — perempatan Desa Ketewel — Jalan Raya Ketewel – Jalan Raya Guwang – Patung Garuda Wisnu Desa Guwang — Pura Dalem Sukawati.

Dari sini, perjalanan menuju ngarai selanjutnya harus ditempuh dengan berjalan kaki menyusuri sungai sejauh 700 meter.

Apa saja tips penting saat berkunjung ke Ngarai Beji Guwang?

1. Kenakan sandal dan pakaian yang nyaman karena anda akan menyusuri Sungai Guwang yang dipenuhi batu-batu licin.
2. Demi keamanan dan kelancaran perjalanan, gunakan jasa pemandu lokal.
3. Sebaiknya jangan membawa anak kecil di bawah usia 7 tahun mengingat medannya cukup sulit.
4. Bersikaplah santun, kenakan pakaian yang sopan, dan jagalah kebersihan karena lokasi wisata ini sangat disucikan oleh warga setempat.

Kapan waktu terbaik untuk ke ngarai tersembunyi ini?

Datanglah saat musim kemarau karena pada saat itu, aliran sungai tidak terlalu deras sehingga aman dan mudah dilalui.

Jangan datang terlalu sore karena rute untuk kembali ke tempat parkir cukup gelap dan sulit ditempuh, meskipun tidak lagi melewati sungai, melainkan area persawahan.

Petualangan dimulai (Starting Point)

Eng.. Ing.. Eng Petualangan Canyon Guwang Sukawati Bali dimulai..!

Medan dan kondisi sangat menantang melewati batu-batu kali yang besar dan licin bahkan sesekali harus memanjat batu batu besar ini. Menurut guide lokal bebatuan ini sisa bebatuan letusan gunung Agung berabad yang lalu.

Sesekali kita harus membiarkan kaki kita basah dengan melewati sungai. Oiya.. saran kami traveler cukup menggunakan sandal tapi no worries jika terlanjur bawa sepatu bisa bungkus dalam keresek dan titipkan ke guide lokal untuk bantu membawanya.

Canyon Guwang Sukawati Bali
Owner Gotravela Indonesia bersama keluarga

Seperti foto dibawah ini salah satu team kami yang sedang berjuang dan bersusah payah memanjat dinding tebing Ngarai bahkan melompat dari bebatuan satu ke lainnya.

Sebab bebeberapa titik dasar sungai cukup dalam sehingga tidak bisa dilewati.

Kami tidak menyarankan membawa anak kecil under 7 tahun untuk treking karena pasti nya akan sangat repot dan cukup berbahaya bagi keselamatan si anak.

Tapi tidak perlu kawatir anak-anak dapat bermain dan mandi pancuran air dekat lokasi setelah turun anak tangga.

Canyon Guwang Sukawati Bali
Team Penulis di Gotravela

Jarak tempuh terjauh trekking Ngarai ini sekitar 700 meter menelusuri anak sungai beji dengan berjalan kaki.

Tapi jika traveler tidak mampu atau kelelahan dan ingin mengakhiri trekking nya?! Tinggal bicarakan saja ke guide assistance-nya dan mereka akan membawa anda pada short-trek terdekat.

Canyon Guwang Sukawati Bali

Sungguh petualangan menantang dan teramat indah selama menempuh aliran sungai Canyon Guwang Sukawati Bali ini.

Anda pastinya akan kagum dengan pemandangan yang indah mulai dari tebing-tebing tinggi, pohon-pohon besar yang berusia ratusan tahun dan satwa khas setempat.

Finish Point Ngarai Beji Sukawati

Di ujung petualangan anda juga akan menemukan Pura Suci dengan pancuran air suci (mata air) yang segar. Anda dapat anda gunakan juga untuk berbilas setelah menempuh trekking anda yang melelahkan.

Pancuran air ini mengalirkan air langsung dari sumber mata air yang muncul ke permukaan tanah.

Berpakaianlah yang sopan tapi simple dan relax ketika mengunjungi tempat ini (Pura Suci) karena area ini termasuk salah satu area yang sakralkan bagi masyarakat desa Guwang ini.

Seputar pantauwan kami terdapat banyak juga anak-anak muda lokal (Bali), wisatawan domestik, wisatawan asing dan beberapa keluarga yang mengunjungi ngarai beji ini.

Canyon Guwang

Bagi yang memiliki jiwa petualang dan terbiasa mengeksplor wisata alam, pastinya akan cocok menyukai destinasi Canyon Guwang Sukawati Bali.

Tetapi bagi yang pemula dan baru mencoba tempat ini, bisa jadi kali ini merupakan tantangan melelahkan.

Anda hanya cukup melangkah dengan mantap dan hati-hati serta mengikuti saran pemandu lokal saja.

Warung saji Canyon Guwang Sukawati Bali

Dilokasi sumber air suci ini juga terdapat penjual makanan dan minuman mulai dari tipak cantok, rujak, coca cola, snack makanan ringan hingga makanan khas bali pun tersaji.

Map Lokasi Guwang Sukawati

Lokasi guwang sukawati tidaklah jauh, hanya 1 jam jarak tempuh dari denpasar atau kuta dengan menggunakan sepeda motor.

Anda pun bisa sewa motor murah bali bersama kami. Lama tempuh 1,5 jam dengan menggunakan mobil anda juga dapat menggukan Sewa mobil Avanza murah Rp. 199rb bersama kami

Demikian halaman Canyon Guwang Sukawati Bali ini kami persembahkan kepada traveler sekalian, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca, saat menentukan plan wisata anda ke pulau bali.

Sampai jumpa dalam artikel kami lainnya.

Pesan moral: Ok semua sebelum mengakhiri blog saya ini ada pesan moral “Jangan lupa membawa kembali sampah mu ya traveler dan jangan rusaki dengan mengotori alam kita yang indah ini.

Terimakasih kami sekiranya sobat tinggalkan jejak review bagi kami.

Salam – Grace gotravela +6282144448095 Sewa mobil dan wisata Indonesia.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.