FloresNgada Bajawa

Riung Taman Nasional 17Pulau

Riung dan Taman Nasional 17 Pulau

Riung Taman Nasional 17Pulau adalah salah satu objek wisata di pantai utara Pulau Flores.

Angka 17 diambil dari tanggal kemerdekaan Indonesia agar lebih mudah diingat.

Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang ingin liburan dengan suasana yang tidak terlalu ramai pengunjung.

Jadi, apa saja yang ada di tempat ini? Ayo kita bahas lebih lanjut di bawah ya.



gios-Avatar

Alfonso giostanov

tour operator & content specialist. Before joining gotravela, he spent years honing his skill at ‘Tourism Industries Bali.

Jika Anda ingin berlibur ke Pulau Flores, jangan lupa untuk berkunjung ke Riung Taman nasional 17Pulau. Tempat wisata ini mungkin masih terdengar asing di telinga Anda karena yang terkenal dari wisata di Pulau Flores adalah objek wisata Pulau Komodo.

Di tempat ini, Anda dapat menikmati keindahan pemandangan yang sangat mempesona karena ternyata tempat ini juga merupakan objek wisata andalan pulau Flores NTT.

Pemandangan yang begitu indah terlihat dari banyaknya gugusan pulau-pulau kecil yang sangat menarik untuk dikunjungi. Hal ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara yang ingin menikmati indahnya alam.

Sesuai dengan namanya, Taman Nasional 17 Pulau memiliki deretan pulau yang berjumlah 17.

Pulau-pulau tersebut yaitu Pulau Borong, Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa Pulau Meja, Pulau Bampa, Pulau Tiga, Pulau Tembaga, Pulau Ontoloe, Pulau Pau, Pulau Besar, Pulau Taor, Pulau Sui, Pulau Wire, Pulau Halima, Pulau Patta, dan Pulau Rutong.

Rute Menuju Riung dan Taman Nasional 17 Pulau

Lokasi dari Riung Taman nasional 17Pulau berada di Kecamatan Riung. Lebih tepatnya di Kabupaten Ngada yang berjarak kurang lebih 72 km ke arah utara dari Bajawa. Jika Anda ingin berkunjung ke sana, rute yang bisa Anda gunakan adalah melewati kecamatan SOA yang berdekatan dengan Bandar Udara Kota Ngada.

Namun bila Anda ingin menggunakan rute yang lebih dekat, Anda bisa terbang ke Kupang dan naik pesawat ATR  dengan tujuan Kupang – Bajawa.

Jalur yang akan Anda lewati saat akan menuju ke Riung Taman nasional 17 Pulau sudah cukup baik namun masih ada sebagian yang rusak. Anda juga harus siap melewati jalan yang berkelok-kelok naik turun yang cukup menguji adrenalin.

Anda juga dapat menggunakan sepeda motor atau mobil bila ingin mengunjungi tempat ini. Perjalanan akan memakan waktu kurang lebih 2 jam bila melalui pusat Kota Bajawa.

Apabila Anda tidak mau menggunakan kendaraan pribadi, Anda dapat menggunakan bus Damri dengan jurusan Bajawa – Riung.

Selain itu, Anda dapat juga mengunjunginya dengan menggunakan kapal laut. Bila menggunakan rute Surabaya – Ende, selanjutnya Anda dapat menggunakan jasa travel jurusan Mbay – Riung dengan jarak tempuh 4 jam.

Jet Boat Pulau Riung

Jam Oprasional Objek Wisata

Jika ingin berkunjung ke Riung Taman nasional 17Pulau, Anda dapat datang kapanpun juga karena objek wisata yang satu ini buka selama 24 jam. Tidak ada loket yang mengharuskan Anda membayar karcis masuk sehingga Anda bisa menghemat uang untuk keperluan lain.

Aktivitas Wisata Riung dan Taman Nasional 17 Pulau

Ada banyak aktifitas yang dapat Anda lakukan di Riung Taman nasional 17Pulau antara lain adalah :

  1. Snorkeling

Untuk Anda yang gemar bermain dengan air, jangan lewatkan kesempatan bersnorkeling. Spot ini wajib Anda coba karena keindahan bawah laut dari Riung dan Taman nasional 17 Pulau sangat memukau.

Apalagi ditambah keadaan lautnya yang kondusif dengan ombak yang tenang sehingga akan membuat Anda menikmati pemandangan flora dan fauna laut dengan lebih nyaman. Di sana, Anda bisa menemukan adanya paket penyewaan peralatan snorkeling sekaligus kapal milik nelayan.

  1. Melihat Kelelawar yang Bergelantungan

Satu hal yang unik dari Pulau Ontoloe ini adalah pemandangan menakjubkan dari kelelawar yang terbang dan bergelantungan di pepohonan. Seperti umumnya hewan nocturnal, kelelawar beristirahat pada siang hari di pepohonan dan pada malam harinya mereka akan berhamburan mencari makan.

  1. Barbeque ikan bakar

Seusai snorkeling dan menikmati keindahan bawah laut, tenaga Anda pasti akan terkuras dan merasa lapar. Untuk solusinya Anda dapat menikmati barbeque ikan bakar sebagai pengganjal perut.

Perpaduan suasana pantai yang masih asri dengan hidangan ikan bakar yang nikmat pasti akan terasa sempurna. Selain itu, ikan yang disajikan adalah ikan fresh yang dapat Anda pesan pada nelayan sekitar Riung dan Taman nasional 17 Pulau.

Pulau Riung Flores Utara

Fasilitas Umum Yang Tersedia

Fasilitas yang disediakan objek wisata ini sudah cukup lengkap, diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  1. Penginapan

Jika Anda ingin menghabiskan malam di tempat ini, jangan khawatir karena ada beberapa homestay yang dapat Anda sewa. Jumlah homestay yang tersedia belum cukup banyak karena tempat ini masih tergolong sepi pengunjung.

Homestay yang direkomendasikan adalah Nirvana Bungalow, Bintang Homestay dan Pondok SDV. Tempat ini jauh dari keramaian sehingga Anda dapat dengan nyaman menikmati ketenangan pantai.

2. Rumah makan

Jumlah warung makan masih cukup terbatas dan belum begitu ramai namun menu makanan yang ditawarkan oleh rumah makannya sangat variatif. Anda dapat memilih masakan yang Anda suka atau bahkan mencicipi makanan yang belum pernah dicoba sebelumnya.

Tips Berwisata di Pulau Riung

Untuk para traveler yang ingin berkunjung ke Riung dan Taman nasional 17 Pulau, ada beberapa tips yang harus Anda perhatikan. Berikut kami berikan beberapa tips untuk Anda :

1. Datanglah pada saat musim kemarau sekitar bulan April hingga Oktober. Ini adalah waktu yang paling bagus karena bila musim hujan sudah datang, aktifitas liburan Anda akan terganggu. Anda tidak bisa menikmati snorkeling, berenang atau membakar ikan di tepian pantai.

2. Anda direkomendasikan untuk menginap agar dapat melihat indahnya sunrise yang mempesona muncul dari balik gugusan pulau-pulau kecil. Hal ini pasti akan menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Selain itu pada pagi hari Anda bisa dengan leluasa melihat dasar bawah laut yang sangat indah.

3. Bagi Anda yang berniat menginap, jangan lupa membawa lotion anti nyamuk karena di tempat ini terdapat banyak nyamuk saat malam hari.

4. Sesuaikan pakaian yang Anda bawa dan kenakan. Anda lebih disarankan untuk membawa pakaian yang tipis dengan bahan yang menyerap keringat. Suhu pada siang hari sangat panas menyengat karena terletak di pesisir pantai.

Selain itu, Anda tidak dapat menggunakan kipas angin pada siang hari karena terbatasnya listrik. Di daerah ini listrik hanya menyala saat sore hari hingga pagi hari saja.

5. Dengan terbatasnya listrik, pastikan perangkat elektronik Anda sudah di charge hingga penuh saat listrik hidup. Jangan lupa membawa cadangan energy dengan bantuan powerbank agar peralatan elektronik tetap bisa Anda gunakan.

6. Provider yang ada jaringannya di Riung dan Taman nasional 17Pulau hanya Telkomsel. Oleh karena itu, agar komunikasi Anda tetap lancar, bawalah simcard Telkomsel.

Tatanan Normal Baru di Pulau Riung

Taman Wisata Alam 17 Pulau

Ternyata sangat menarik sekali objek wisata Riung dan Taman nasional 17 Pulau. Anda dapat mengagendakan untuk mengunjungi pulau ini bersama dengan teman dan keluarga tercinta.

Melihat gambaran keindahan alamnya, sepertinya berada di sana beberapa jam akan terasa sangat kurang. Lebih baik menginap di sana sehingga Anda akan merasa puas menikmati keindahan alamnya.

Namun, selama pandemi Covid-19 objek wisata ini sempat ditutup selama beberapa bulan. Hal ini sebagai salah satu upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Namun Anda tidak perlu khawatir. Karena objek wisata ini sudah di buka kembali pada Juli tahun 2020 lalu.

Acara seremonial pembukaan kembali objek wisata ini dipimpin langsung oleh Bupati Ngada. Tentunya dalam menjalankan tatanan new normal ini perlu kesadaran dari semua pihak. Baik itu dari pihak sektor pariwisata dan juga para wisatawan atau pengunjung.

Baca juga :

Jadi untuk Anda yang ingin segera liburan ke tempat ini, jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya. Agar Anda selalu terhindar dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat menyebabkan Anda tertular covid-19. Selamat liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.