Sumbawa

Destinasi Wisata Sumbawa Dengan Pemandangan Menakjubkan

Destinasi-Wisata-Sumbawa

Destinasi Wisata Sumbawa

Destinasi Wisata Sumbawa, traveler wajib tahu! Apa yang terlintas dalam benak Anda saat mendengar Pulau Sumbawa? Ya, pulau bagian Nusa Teggara Barat ini memang tak setenar sister island-nya pulau Lombok.

Namun ternyata, Sumbawa memiliki destinasi wisata yang cukup menakjubkan. Bahkan, beberapa spot sudah mencuri perhatian turis manca negara, antara lain Air terjun mata jitu, Lakey beach dan moyo island. Kira-kira apa saja destinasi wisata Sumbawa yang bisa Anda kunjungi? Berikut informasi lengkapnya.

Cari tahu yuk.. Objek Wisata dan Tiket Masuk Wisata di Nusa Tenggara Barat.

Daftar Tujuan Wisata Sumbawa

Sumbawa memiliki banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi. Namun kali ini akan disuguhkan beberapa destinasi wajib yang menjadi andalan Pulau Tana Samawa dengan slogannya ini, yaitu:

1. Air Terjun Mata Jitu

Tujuan wisata Sumbawa yang harus anda kunjungi adalah Air Terjun Mata Jitu yang tepat berada di Hutan Pulau Moyo, Labuan Baji. Cara menuju kesana anda perlu menyewa perahu nelayan dari desa Ai Bari dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Tarif perahu sekitar Rp 50.000/orang. Setelah sampai anda masih harus melewati savana dan perbukitan dengan menggunakan ojek motor selama 20 menit.

Rasa lelah anda selama perjalanan akan terbayar lunas ketika sampai di Air Terjun Mata Jitu. Banyak sekali pepohonan hijau nan rimbun membuat suasana begitu asri.

Keindahan paling mempesona adalah kombinasi warna hijau tua dan muda yang menghiasi aliran air terjun. Di sini ada empat undakan berupa bebatuan stalaktit dan stalagmit serta tujuh kolam. Airnya begitu jernih kehijauan dan dingin.

Suasana semakin meneduhkan saat gemricik air seolah bersimfoni dengan cuitan aneka burung. Tak heran, air terjun yang dijuluki Queen Waterfall ini telah membuat banyak orang hebat dunia datang karena penasarannya, seperti mendiang Diana Princess of Wales, petenis Maria Sharapova, dan masih banyak lagi.

Kabar baiknya, tidak ada harga tiket masuk air terjun mata jitu yang harus anda bayar.

2. Danau Lebo

Selanjutnya anda bisa menikmati keindahan Danau Lebo yang terletak di Sampir, Taliwang. Apabila anda memulai perjalanan dari pusat kota Sumbawa maka lama perjalanan sekitar 2 jam 20 menit. Infrastruktur menuju ke danau ini cukup bagus. Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi dan melaluinya dengan nyaman.

Danau Lebo
Photo by bent photography

Danau Lebo memiliki luas sekitar 752 ha dengan kedalaman 1,5 m sampai 3 m. Luasnya danau ini sering kali dimanfaatkan para wisatawan untuk berkeliling menggunakan sampan.

Harga sewanya Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. Tak hanya luas, danau lebo juga mengandung banyak ikan di dalamnya, anda bisa mencoba memancing untuk mendapatkan ikan nila, wader, gabus, tawes, dan lainnya.

Pemandangan favorit di destinasi wisata Pulau Sumbawa ini adalah anjungan yang dipenuhi oleh bunga teratai. Cocok sekali untuk anda yang hobby mengkoleksi foto instagrammable. Selain itu, disediakan pula taman bermain untuk anak kecil.

Tak kalah seru adalah menikmati keindahan danau yang penuh jenis vegetasi dan satwa, sembari menyantap kuliner khas Taliwang berupa kela lebo singang.

3. Gua Liang Petang

Guang Liang Petang merupakan destinasi wisata Pulau Sumbawa yang memiliki nilai sejarah, terutama kaitannya dengan penyebaran agama Islam. Lokasinya berada di Desa Batu Tering, Moyo Hulu. Membutuhkan perjalanan sekitar 1 jam apabila anda memulai rute dari Sumbawa Besar.

Cara menuju Gua Liang Petang dapat ditempuh menggunakan sepeda motor dari Desa Batu Tering, kemudian anda harus mendaki bukit sekitar 10 menit.

Sesuai dengan namanya, pertama kali masuk gua anda harus melewati lubang sempit dan gelap. Senter merupakan alat wajib yang perlu Anda bawa saat ke sini. Sementara pemandangan yang akan anda lihat adalah bebatuan stalaktit dengan berbagai bentuk.

Saat menyusuri gua anda dapat melihat tapak tilas berupa kamar-kamar yang konon menjadi tempat persembunyian para penyiar Islam di tanah Sumbawa. Selain itu, di gua dengan kedalaman 80 km ini anda juga akan menemukan tempat khusus bertapa serta batu yang bentuknya serupa makam.

4. Pantai Lakey

Bagi Anda yang suka dan pengiat berselancar, Sumbawa menawarkan Pantai Lakey dengan ombaknya yang cukup menantang. Lokasi pantai ini berada di Huโ€™u, Dompu. Jaraknya sekitar 42 km dari pusat kabupaten Dompu. Akses menuju Pantai Lakey sangat mudah, anda bisa memakai berbagai jenis transportasi untuk sampai di sana.

Lakey-waves-Sumbawa

Sebagai surganya para peselancar, Pantai Lakey memiliki 4 jenis ombak yang bisa anda coba sekaligus, yakni Periscope, Lakey Pipe, Cobble Stones, dan Lakey Peak. Di antara jenis ombak ini, Lakey Peak merupakan ombak paling menantang dengan karakteristik sapuan arah ombak dari kiri, kemudian membentuk terowongan panjang.

Selain berselancar, anda juga dapat menikmati keindahan sunrise dan sunset di atas pasir putih yang lembut. Adapun harga tiket masuk Pantai Lakey sebesar Rp 15.000.

5. Pantai Kenawa

Destinasi wisata sekitar Sumbawa lainnya yang perlu anda kunjungi adalah Pantai Kenawa. Lokasinya berada di Pulau Kenawa, Poto Tano. Untuk sampai di pantai ini anda harus menyebrang terlebih dahulu menggunakan kapal fery dari Pelabuhan Kayangan di Lombok Timur menuju Pelabuhan Poto Tano. Selanjutnya, menyebrang lagi dengan perahu selama 20 menit.

Sesampainya di lokasi anda akan disambut oleh padang rumput yang tumbuh subur. Wisatawan biasanya memanfaatkan ini sebagai tempat camping. Selanjutnya, anda juga disuguhkan pasir putih tepi pantai yang begitu lembut. Dan keindahan paling utama adalah pantai Kenawa yang memiliki air laut jernih biru tosca.

Ombaknya yang tenang membuat anda dapat melakukan snorkeling untuk melihat keindahan biota laut. Tak boleh dilewatkan adalah menikmati pemandangan sunrise serta sunset yang terlihat jelas.

6. Bukit Mantar

Bukit Mantar terletak di Desa Mantar, Poto Tano. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 2 jam 30 menit dari pusat kota Sumbawa Besar. Anda bisa menggunkan berbagai macam jenis transportasi untuk sampai ke bukit ini.

Bagi anda pecinta olahraga paralayang, Bukit Mantar merupakan destinasi wisata Sumbawa yang bisa jadi pilihan terbaiknya. Puncak bukit ini berada di ketinggian 600 mdpl, ukuran yang sempurna sebagai tempat paralayang.

Bukit-Mantar-Hill
Mantar Hill

Tak heran jika Bukit Mantar sering menjadi tuan rumah paralayang tingkat international. Selain itu, pemandangan pebukitan hijau yang menakjubkan menjadi venue unggulan saat terbang dari bukit ini.

Sementara bagi anda yang tidak ingin mencoba paralanyang, bisa menjadikan tempat ini untuk menyaksikan sursire maupun sunset ditempat yang sama.

Pemandangan awan yang terlihat dari atas bukit pun tak kalah cantik. Selain itu, Bukit Mantar juga menyediakan beberapa spot yang sangat instagrammable. Rugi sekali jika anda tak hunting foto dianjungan bukit ini ketika berada di Sumbawa.

7. Istana Dalam Loka

Istana Dalam Loka merupakan destinasi wisata Subawa yang memiliki sarat nilai sejarah dan penuh nilai filosofis. Pasalnya, istana ini merupakan tempat tinggal Kesultanan Sumbawa pada masa lampau. Dibangun pada tahun 1885 oleh Sultan Muhammad Jalaludin Syah III. Lokasi Istana Dalam Loka berada di Seketeng, Sumbawa Besar.

Destinasi-Istana-Dalam-Loka-Sumbawa
Destinasi Istana Dalam Loka Sumbawa

Luar biasanya, istana ini menjadi salah satu rumah panggung terbesar di dunia dengan luas 1,251 meter persegi. Meski telah berusia ratusan tahun, bangunan Istana Dalam Loka tetap berdiri kokoh sebab terbuat dari kayu jati dengan kualitas terbaik dan tidak menggunakan paku besi.

Di ruang pertama Anda akan disuguhkan foto-foto bersejarah serta daftar sultan yang pernah memerintah Sumbawa. Kemudian, anda bisa menyusuri setiap ruangan yang dulu pernah digunakan segai kamar, ruang pertemuan, tempat bermain putri sultan, dan masih banyak lagi.

Pada waktu-waktu tertentu, Istana Dalam Loka juga dijadikan sebagai tempat pemilihan Taruna-Dadara, teater, serune, serta jenis pertunjukan lainnya.

Demikian beberapa destinasi wisata Sumbawa yang wajib Anda kunjungi. Setelah menentukan destinasi yang ingin Anda kunjungi, jangan lupa mempersiapkan segala sesuatu yang mungkin dibutuhkan.

Selamat menikmati liburan bersama keluarga.

Cheers โ€“ Alfonso +6285 3333 99175 | Destinasi Wisata Sumbawa.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.