Wisata Bali

Pura Luwur Uluwatu

Pura-Luwur-Uluwatu

Pura Luwur Uluwatu terletak di Pulau Bali, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung atau sekitar 22 km ke arah selatan dari Airport Ngurah Rai.

Pura Uluwatu juga merupakan salah satu Pura Sad Kahyangan dari enam Pura Kahyangan yang dianggap sebagai pilar spiritual Hindu Dharma di Bali.

Sobat travela serasa belum lengkap datang ke bali jika tanpa megunjungi spot wisata dan keindahan uluwatu temple ini.

Pura-Luwur-Uluwatu-Bali

Pura Luwur Uluwatu

Bali tidak dipungkiri memiliki berbagai destinasi wisata yang sangat indah, seperti Uluwatu, samudera dan bukitnya.

Di semenanjung selatan Bali tempat ini memiliki salah satu pura yang berdiri tegak dan paling ikonik di pulau Bali.

Lalu di sepanjang garis pantai indah juga ada ombak tempat peselancar kelas dunia berselancar yang bisa kamu menjadi tontonan menarik.

Kilas Sejarah Pura Uluwatu

Beriring dengan sejarah keberadaannya ada 2 pendapat tentang sejarah berdirinya Pura Luwur Uluwatu. 

Kilas-Sejarah-Pura-Uluwatu

Pertama ada yang berpendapat pura ini didirikan oleh Empu Kuturan. Beliau merupakan salah satu dari Panca Pandita yang tiba di Bali pada tahun caka 923 masa pemerintahan Marakata.

Pendapat lainnya pembangunan pura luwur uluwatu berdiri pada masa pemerintahan Dalem Waturenggong oleh Dang Hyang Nirartha.

Dang Hyang Nirartha adalah seorang pedanda/pendeta yang berasal dari Kerajaan Daha (Kediri) di Jawa Timur. Datang ke Bali pada tahun 1546 M.

Dang Hyang Nirartha setelah melakukan perjalanan spiritual mengelilingi Pulau Bali. Berakhir di selatan bukit pecatu lalu mendirikan yang kita kenal sebagai Pura luwur uluwatu saat ini. Dilokasi ini lah beliau moksa (naik bersama jiwa dan raga nya) meninggalkan ‘marcapada’ (dunia) menuju ‘swargaloka’ (surga).

Dapatkan penawaran transportasi wisata kami di:

Daya Tarik Di Kawasan Uluwatu

Jika anda tertarik dengan pertunjukkan budaya, pergilah ke theater terbuka tepat di sebelah Pura Uluwatu. Untuk melihat tarian kecak dengan latar belakang matahari terbenam yang indah.

Bisa juga menuju ke Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana di Jimbaran.

Tertarik ke Uluwatu dan Bukit? Berikut beberapa daya tarik wisata Pura Uluwatu dan Bukit pecatu yang jangan terlewati untuk dikunjungi.

1. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu, yang juga dikenal sebagai Pura Luhur Uluwatu, adalah salah satu pura yang harus dikunjungi di Bali setelah Tanah Lot.

Pura ini terletak di tepi barat daya tebing batu kapur setinggi 70 meter lebih dari permukaan laut. Dikelilingi oleh hutan dan rumah bagi gerombolan kera ekor panjang abu-abu.

Senja sebelum malam tiba di pura matahari terbenam ini. Menyajikan epos atau cerita kepahlawanan legendaris kitab ramayana.

Dengan sajian apik dan latar belakang sunset yang indah. Tarian kecak yang teratur diadakan di sebuah Flavian Amphitheatre atau Coliseum teater terbuka di selatan komplek.

Tari Kecak

Harga tiket masuk wisata pura luwur uluwatu anda bisa cek di Tiket masuk objek wisata di badung dan denpasar.

Hal perlu di ingat : Ketika mengunjungi pura uluwatu untuk waspada terhadap monyet/kera. Karena mereka adalah pencuri atau merampas alami barang bawaan anda seperti kaca mata, dompet, anting atau kalung.
2. Tari Kecak

Sebagai salah satu pertunjukan tari yang paling menawan. Tari Kecak juga sering dijuluki tarian api. Dimana juga menjadi salah satu pertunjukan paling terkenal di pulau Bali.

Tari-kecak-uluwatu

Tarian ini menampilkan cerita artistik dari episode cerita epik Ramayana. Yang melibatkan Hanoman dan tokoh utama yaitu Rama, Sita serta Ravana.

Untuk lebih jelas sobat travela bisa cek di Tari Kecak Uluwatu | Sejarah Jadwal Pementasan Dan Tiket Nonton Kecak Uluwatu.

Yang membuat tari kecak menjadi unik adalah satu-satunya pengiring musical dari kisah ramayana adalah nyanyian si penari laki-laki yang terdengar seperti ‘keh-chak’.

Tempat terbaik untuk menyaksikan tarian ini adalah di teater terbuka di sebelah Pura Luwur Uluwatu. Pertunjukkan ini dimulai pada Jam 18:00 hingga 19:30.

3. Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana atau GWK adalah proyek patung raksasa yang terletak di perbukitan Jimbaran. Patung ini adalah patung dewa Wisnu tengah menaiki Garuda.

GWK-Bali

Di GWK terdapat halaman seluas 250Ha yang menjadi tempat serbaguna. Halaman ini bisa menjadi tempat persinggahan yang menyenangkan bagi anda dan keluarga di sepanjang perjalanan ke tempat-tempat menarik lainnya.

GWK menjadi patung setinggi 121 meter mengalahkan patung Liberty di Amerika dan akan masuk dalam daftar landmark tertinggi di dunia.

Di kawasan ini juga ada restoran dan pusat perbelanjaan (one stop shopping) yang dapat kamu nikmati selama menjelajahi taman budaya yang luas ini.

GWK berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran dan buka pada jam 08:00 sampai 22:00 dari senin hingga minggu.

Untuk lebih jelasnya sobat travela bisa lihat di Jadwal Dan Tiket Masuk Garuda Wisnu Kencana GWK.

4. Pantai Padang Padang
pantai padang padang

Sebagai salah satu spot wisata sekitar Pura Luwur Uluwatu dan tempat surfing profesional yang paling disukai di pulau Dewata.

Pantai Padang Padang juga merupakan tujuan wisata pantai. Penduduk setempat menyebut pantai ini sebagai Pantai Labuan Sait.

Menjadi populer dalam beberapa tahun terakhir karena ombaknya yang bagus untuk berselancar serta pemandangannya yang indah.

Pantai ini berjarak beberapa menit dari resort mewah Anantara Bali Uluwatu. Membutuhkan waktu 45 menit berkendara dari Kuta.

Jika ingin ke pantai ini, kamu harus melewati tangga dan celah batu karang berongga, yang menghantarkan pada hamparan pasir yang indah.

Padang-Padang-Beach Pura Luwur Uluwatu

Ombak di pantai ini sangat cocok untuk berenang dan para peselancar professional. Jika ombak yang cukup besar pantai ini tidak disarankan untuk berenang bagi anak-anak atau wisata keluarga.

Namun keindahan pantai ini dapat di nikmati dengan santai karena disekitar pantai terdapat warung-warung lokal yang buka dan menyajikan makanan, snack makanan ringan, minuman dingin dan juga penyewaan papan selancar.

Pantai Padang-padang berlokasi di Labuan Sait, Desa Pecatu, Uluwatu.

5. Pantai Suluban

Pantai Suluban adalah tempat berselancar terdekat di sebelah utara Uluwatu. Pantai ini relatif sempit, dan kamu harus menuruni tangga curam dan melewati celah berbatu untuk sampai ke sana.

Pantai-Suluban-Uluwatu
Pantai-Suluban-Beach

Nama Suluban berarti ‘berjongkok di bawah’ dalam bahasa Bali, terinspirasi oleh bagaimana pengunjung melewati celah untuk sampai di pantai.

Tidak sedikit juga orang menjuluki pantai ini dengan nama “Blue Point Beach”.

Pantai-Suluban

Para peselancar dari segala penjuru datang untuk menjajal ombaknya yang panjang dan besar, dan juga selalu memberikan Barrel untuk diselancari.

Puncak tebing yang menghadap ombak, menjadikannya salah satu tempat terbaik untuk menyaksikan aksi para peselancar.

Sejumlah warung yang melapisi area tersebut dijadikan sebagai tempat yang bagus untuk bersantai dan menikmati camilan atau bir dingin sambil menikmati pemandangan matahari terbenam di area sekitar pura luwur uluwatu.

Suluban-Bali-beach
Blue-Point-Beach-Bali

Pantai Suluban terletak di Jalan Pantai Suluban, Pecatu, Jimbaran.

6. Pantai Balangan

Pantai Balangan adalah tempat yang terkenal dalam list bucket ‘pantai tersembunyi’ dan tempat berselancar di Bali.

pantai-balangan

Pantai ini sangat cantik dan memiliki ciri khas tersendiri dan masih baru dikalangan traveler mania.

balangan-pantai
balangan-pantai-uluwatu

Dari atas bukit terlihat hamparan pasir berwarna emas bertemu dengan laut biru yang luas menjadi pemandangan yang indah sembari menyaksikan aksi para peselancar dari jauh.

Kamu yang suka fotografi akan suka berlama-lama memotret sunset dari atas bukit. Pantai ini pun biasa di gunakan sebagai spot foto prewed (Pra nikah).

Pre-wed-balangan-beach

Pantainya bisa menjadi tempat berenang namun ini didominasi oleh para peselancar dan tidak ada penjaga pantai yang bertugas.

Terdapat beberapa warung dan kafe-kafe menandakan di sisi timur garis pantai. Pantai Balangan terletak di Jalan Pantai Balangan, Pecatu, Jimbaran.

7. Pantai Bingin
Pantai Bingin Pura Luwur Uluwatu

Pantai Bingin merupakan salah satu dari banyak tempat surfing kelas dunia di Bali selatan dan berjarak hanya beberapa kilometer dari Padang Padang dan Uluwatu.

BIngin-Beach

Pantai ini memiliki garis pantai yang berbatasan dengan tebing kapur.

Memiliki ombak dan karang pemecah ombak, pantai ini jelas untuk peselancar tingkat lanjut.

Ketika surut, kamu bisa snorkelling dan berenang.

Bagi non-peselancar, dapat menikmati pantai dari dari bukit yang menghadap ke pantai.

Pantai Bingin berjarak satu jam dari Kuta, dan hanya beberapa menit ke utara dari Uluwatu.

Ombaknya tidak sebesar Uluwatu, Barrelnya konsisten tapi lebih pendek. Sejumlah warung di tebing menyajikan makanan ringan dan minuman. Pantai ini berlokasi di Jalan Pantai Bingin, Pecatu, Uluwatu.

8. New Kuta Golf

New Kuta Golf adalah salah satu lapangan golf utama di Bali, yang menyajikan lapangan standar kejuaraan International.

New Kuta Golf Pura Luwur Uluwatu

72 par di lapangan golf ini menawarkan variasi untuk memberikan pengalaman yang memuaskan bagi semua level pemain golf.

Terdapat 18 hole, dengan hole 15 di puncak tebing yang menghadap ke Pantai Balangan yang cantik.

Keseluruhan lapangan memiliki luas sekitar 85 hektare dengan rumput yang terdiri dari rumput pantai paspalum.

Lapangan golf berada tepat di sebelah water park dengan nama yang sama dan hanya berjarak 20 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai.

Fasilitas di tempat ini lengkap, termasuk Link Restaurant yang menyajikan makanan favorit Indonesia dan Barat. Terdapat juga pro shop dan spa serta sejumlah fasilitas pertemuan.

Tempat golf ini buka pada pukul 06:00 sampai 17:00 dan berlokasi di Pecatu Indah Resort, Jalan Raya Uluwatu, Jimbaran.

Kesimpulan

Itulah daya tarik area Pura Luwur Uluwatu dan Bukit Pecatu di pulau Bali yang bisa kamu nikmati selama liburan.

Jika kamu seorang peselancar, jelas kawasan ini adalah tujuan yang sangat tepat.

If you liked this article, then please subscribe our YouTube Channel for support us in presenting tourist video forward. You can also find us on Instagram or direct to Whats-app me for consult your travel plans.

Gotraveladmin | Pura Luwur Uluwatu